Makanan Ciong Fen

Ciong Fen atau biasa disebut juga dengan rolled rice noodle. Ciong Fen merupakan salah satu jenis masakan dari China Selatan yakni Hongkong yang terbuat dari bahan dasar tepung, serta memiliki bentuk menyerupai kuetiau tetapi warna yang lebih putih. Umumnya Ciong Fen disajikan sebagai makanan ringan seperti halnya Dim Sum.

Komposisi yang digunakan dalam membuat Ciong Fen adalah tepung beras, tepung kanji, air dan garam. Cara mengolah Ciong Fen adalah dengan dikukus kemudian digulung serta didalam gulungannya biasanya diisi daging, udang dan disiram dengan saus manis. Penyajian Ciong Fen biasanya dengan ditaburi wijen diatasnya.

Pada dasarnya Ciong Fen memiliki rasa yang hambar seperti nasi putih yang dikukus. Tetapi dengan isian yang berbeda seperti daging, udang, sayur serta saus membuat rasa dari Ciong Fen lebih kuat.

Pengolahan dengan cara dikukus tentu lebih sehat untuk dikonsumsi serta rendah lemak. Karbohidrat yang diperoleh dari tepung beras, protein yang diperoleh dari daging atau udang di dalamnya juga bermanfaat bagi tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cara penyajian Ciong Fen tidak sama disetiap restoran yang menyediakan masakan ini. Ada yang menyajikan dengan gulungan besar dan tebal, serta ada pula yang menyajikan dengan potongan-potongan tipis. Makanan Ciong Fen ini dapat diperoleh di restoran-restoran China di berbagai wilayah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: