Katakan “Tidak” untuk Perut Buncit

Featured imagePerut buncit terlihat buruk dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik. Membakar lemak di perut diperlukan khususnya jika lingkar pinggang sudah di atas 80 cm. Waktu yang diperlukan untuk membakar lemak oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung seberapa banyak kelebihan lemak dalam perutnya.

Penyebab seseorang memiliki perut buncit juga berbeda-beda. Beberapa hal yang tanpa sadari ternyata adalah penyebab dasar mengapa lemak di perut berlebih dan terlihat buncit.

  • Konsumsi gula berlebih

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang hampir selalu ditemui disetiap makanan dan minuman. Mengkonsumsi gula berlebih tidaklah bermanfaat bagi kesehatan tubuh tetapi sebaliknya akan berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya menimbulkan timbunan lemak di dalam perut.

  • Minuman bersoda dan beralkohol

Mengkonsumsi minuman bersoda dan minuman beralkohol sangat mempengaruhi perubahan fisik seseorang. Kalori serta gula dalam jumlah besar membuat perut semakin buncit disertai dengan berat badan yang akan terus bertambah.

  • Snack malam

Snack ataupun cemilan tentu dinikmati oleh banyak orang, apalagi ketika dilakukan pada malam hari saat setelah seharian melakukan banyak aktivitas. Tetapi, kebiasaan ini akan membuat perut menyimpan timbunan lemak. Apabila kegiatan snack malam ini memang sudah dilakukan secara rutin dan sulit untuk ditinggalkan maka, gantilah menu snack malam dengan mengkonsumsi buah-buahan segar yang tentu lebih bermanfaat bagi pencernaan dan tubuh.

  • Kurang berolahraga

Rutin dalam berolahraga membuat lemak berlebih pada perut maupun tubuh akan terbakar, sebaliknya apabila jarang olahraga akan membuat tubuh tidak sehat, perut buncit dan rentan terhadap penyakit.

  • Tanda penuaan

Semakin bertambahnya usia, produksi hormon DHEA akan menurun dan penurunan produksi hormon ini berpengaruh pada meningkatnya jumlah lemak yang ada di dalam perut. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan rajin berolahraga dan makan sayur serta buah segar.

Beberapa hal di atas mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang anda lakukan sehingga anda kurang nyaman pada bentuk perut yang membuncit. Baik wanita maupun pria, perut buncit akan membuat kepercayaan diri berkurang dan kerap mengalami ketidaknyamanan dalam hal berpakaian.

Lakukanlah beberapa olahraga ringan di bawah ini untuk membantu mendapatkan perut buncit menjadi kembali rata.

  • Bermain hula hoop

Yang dibutuhkan hanya sebuah hula hoop (plastik ataupun rotan), dan gerakannya dilakukan dengan menggoyang-goyangkan pinggul dan tetap menjaga hula hoop tetap berputar pada lingkaran perut. 10 menit melakukan gerakan ini mampu membakar 100 kalori dalam perut

  • Sit Up

Posisi Sit Up ini dapat dilakukan dengan posisi tidur telentang, tangan berada di belakang kepala dan angkat badan kedepan secara berulang-ulang. Apabila mengalami kesulitan di awal, mintalah bantuan orang disekitar untuk membantu memegang kaki.

  • Permainan loncat tali

Permainan ini tentu tidak asing lagi ditelinga, meski gerakannya hanya dengan meloncat gerakan tersebut sangat bermanfaat untuk membakar kalori yang berada dalam perut. Gerakan ini juga sama seperti skipping dan mudah untuk dilakukan sehari-hari.

  • Back Up

Dilakukan dengan posisi tidur telungkup lalu gerakan badan ke atas dan ke bawah secara berulang-ulang. Minta bantuan orang di sekitar untuk membantu menahan kaki agar olahraga dilakukan dengan maksimal.Featured image

  • Byccicle exercice

Featured image  Posisi tidur telentang, letakkan kedua tangan dibelakang kepala, kemudian angkat perlahan lutut ke arah dada sambil mengangkat kepala menyamping. Usahakan untuk mempertemukan lutut kanan dengan yang kiri. Saat melakukan gerakan ini, pundak harus tetap berada dilantai.

  • Pavan-muktasan

Gerakan dimulai dengan berbaring, lalu lipat kedua kaki dari lutut dan peluk hingga kedua kaki menyentuh perut, angkat kepala hingga hidung mendekat ke lutut. Tahan gearkan ini selama 30 detik dan lakukan kembali setelah beristirahat sejenak.Featured image

  • Bandha sarvangasana

Featured image

Lakukan dengan posisi telentang kemudian tekuk lutut ke dalam menahan tubuh bagian bawah lalu angkat tubuh ke atas. Kedua tangan tetap berada di bawah tubuh dan kepala tetap berada di lantai. Tahan selama 30 detik dan lakukan berulang.
Beberapa gerakan olahraga di atas akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila dilakukan secara konsisten dan dikombinasikan dengan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi protein agar perut kencang dan indah anda bisa dapatkan kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: