Berat Badan yang Ideal itu Penting!!!

Featured image

Berat badan yang ideal tentu menjadi idaman setiap orang. Orang yang kurus berusaha melakukan banyak hal untuk bisa terlihat ideal, begitu pula sebaliknya. Orang-orang gemuk akan melakukan banyak cara untuk berat badannya menurun dan menjadi ideal. Berat badan  ideal akan membuat seseorang lebih percaya diri menjalani aktifitas sehari-hari. Selain untuk penampilan, memiliki berat badan ideal juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa keuntungan yang di dapat dengan memiliki berat badan yang ideal antara lain: menjadi lebih fokus, tingkat stress lebih rendah, kehidupan sosial menjadi lebih baik dikarenakan orang yang memiliki berat badan ideal memiliki kepercayaan diri yang tinggi, memiliki kualitas tidur yang baik, serta banyak manfaat penting yang lainnya.

Sebelum melakukan tindakan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tentu harus mengetahui terlebih dahulu berat badan ideal secara pribadi. Untuk mengetahui berat badan ideal, dapat dilakukan perhitungan secara manual menggunakan rumus bronca yakni dengan cara mengurangi tinggi badan dalam cm – 100 (Angka berat badan normal), jika angka ini di kurangi dengan 10% nya maka akan didapatkan hasil berat badan ideal.

Contoh rumus bronca:

Tinggi : 155

Berat bada normal : 155 – 100 = 55 Kg

maka

Berat badan ideal : 55 – (55*10%) = 49.5 Kg

Setelah mengetahui hasil dari berat badan ideal masing-masing maka dapat disimpulkan apakah berat badan anda saat ini termasuk dalam kategori kurus ataupun gemuk.

Berikut ini akan dijabarkan beberapa tips untuk menjaga berat badan yang ideal.

  • Olahraga teratur

Setiap orang memerlukan olahraga dalam menjaga kesehatan terlebih menjaga berat badan yang ideal. Gemuk, kurus, bahkan ketika berat badan sudah masuk kategori idealpun seseorang harus tetap melakukan olahraga untuk kesehatan. Olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan yang ideal antara lain berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang dan lain-lain. seseorang dengan berat badan lebih (gemuk) dapat melakukan olahraga yang sama dengan orang kurus dengan meningkatkan intensitas olahraga dan membakar kalori yang lebih banyak, seperti berlari lebih jauh ataupun dengan waktu yang lebih lama .

  • Sarapan pagi itu wajib

Tanpa disadari orang yang terbiasa tidak sarapan di pagi hari akan merasa sangat lapar di siang hari dan mengakibatkan makan dalam porsi yang besar sehingga mereka susah mengkontrol berat badan mereka. Sarapan di pagi hari membantu setiap orang mendapatkan energi untuk melakukan aktifitas sampai pada siang hari dan membantu dalam mengkontrol kapasitas makan pada siang harinya.

  • Makan buah dan sayuran setiap hari

Di dalam buah dan sayur terdapat nutrisi yang lebih dari sekedar vitamin. Buah dan sayur dikemas dengan tambahan mineral dan serat yang tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsilah buah dan sayur dengan tepat dan benar agar vitamin, mineral dan serat yang terkandung di dalamnya tidak hilang dan terbuang percuma. Mengkonsumsi buah disarankan dilakukan setengah jam sebelum makan, sedangkan sayur disarankan untuk dimasak tidak terlalu lama agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga.

  • Makan sesuai kebutuhan tubuh bukan keinginan perut

Dengan cara menghitung berat badan ideal seperti menggunakan rumus bronca, setiap orang dapat memprediksi asupan apa yang dibutuhkan untuk memperoleh berat badan yang ideal. Penting untuk diketahui, kebutuhan asupan gizi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, kapasitas aktifitas keseharian, dan lainnya. Untuk menurunkan berat badan perlu makan seimbang tinggi serat dan mengurangi makanan yang tinggi kalori seperti lemak, gula, tepung-tepungan dan sebaiknya konsumsi makanan dengan cara dikukus, rebus atau di oven akan membantu menurunkan berat badan.

Sebaliknya untuk menaikkan berat badan konsumsilah banyak makanan yang mengandung lemak sehat, protein sehat dari ikan laut, maupun karbohidrat seperti nasi ataupun roti. Cermatlah dalam memilih makanan yang seimbang untuk berat badan ideal dan jangan mudah terpengaruh oleh tampilan makanan yang menggoda selera tapi rendah nutrisi.

  • Kurangi waktu untuk menatap layar elektronik

Pada era sekarang ini, teknologi semakin berkembang. Siaran televisi yang menarik, gadget yang memiliki aplikasi dan fitur lengkap membuat banyak orang memiliki alasan untuk tetap duduk ataupun berbaring tidur (fisik pasif) sambil memperhatikan layar. Bijaklah dalam menghadapi kemajuan teknologi. Featured imageSebagian orang sudah menggunakan waktu dalam bekerja dan menatap layar monitor komputer rata-rata 8 jam sehari, dan setelah itu memilih beristirahat dengan duduk sambil menggunakan gadget dalam berkomunikasi dengan rekan, teman, sahabat ataupun keluarga. Mulailah mengurangi menatap layar minimal 1 jam dalam sehari dan memilih berkumpul dengan rekan, teman, keluarga untuk sekedar berjalan kaki bersama, jogging sore ataupun hal positif lain yang dapat membuat tubuh anda bergerak dan aktif agar berat badan tetap ideal.

Selain beberapa tips di atas, pastikan bahwa tubuh mendapatkan cairan yang cukup serta istirahat minimal 8 jam sehari. Untuk dapat memastikan berat badan tetap ideal, jangan ragu untuk menimbang berat badan secara rutin dan berkala. Mendapatkan berat badan ideal tentu ada komitmen dan usaha yang keras untuk memperolehnya. Mulailah dari sekarang!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: