Mencegah Penyakit Usus Buntu

usus-buntuUsus buntu adalah organ berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung di usus besar (tempat tinja terbentuk). Penyakit usus buntu atau apendisitis bisa terjadi ketika usus buntu meradang, pecah, dan mengalami infeksi. Usus buntu bisa menyebabkan rasa sakit dan bahkan harus dirawat dengan cara operasi. Akan sangat baik jika Anda mengetahui gejala awal usus buntu sebelum terlambat.

Faktor yang Menyebabkan Usus Buntu :

1. Penyumbatan

Kotoran atau feses yang terperangkap dan tidak bisa keluar dari usus buntu.

2. Infeksi

Usus buntu dapat disebabkan infeksi. Seperti infeksi virus gastrointestinal atau bakteri dan kuman escheria coli yang biasanya terdapat dalam kotoran manusia yang mengakibatkan infeksi sebagai penyebab penyakit usus buntu, atau juga karena pembengkakan lainnya.

Gejala Penyakit Usus Buntu :

  1. Timbulnya rasa nyeri pada bagian pusar atau sekitar bawah perut bagian kanan
  2. Rasa sakit ini akan semakin menjadi setelah beberapa jam
  3. Jika kita menekan bagian bawah kanan perut maka akan terasa sangat sakit
  4. Ketika bergerak maka akan terasa sangat sakit tidak terkecuali ketika batuk
  5. Nafsu makan menjadi berkurang
  6. Terjadinya gejala mual dan muntah
  7. Demam dan bengkak pada daerah sekitar perut

Jika sudah terlanjur mengidap penyakit usus buntu maka cara yang biasanya dilakukan adalah dengan operasi. Tetapi jika tidak terlalu serius maka pengobatannya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat antibiotik.

Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi

1. Daun Sambiloto

Ambil daun smabiloto 20 helai, lalu tumbuk dan peras untuk diambil airnya. Minum air perasan langsung habis sekali minum. Ulangi setiap hari hingga sembuh.

2. Tanaman Krokot (Portulaca Oleracea L)

Ambil tanaman krokot, lalu ditumbuk dan diperas airnya sampai satu cangkir, minumlah sekali habis satu cangkir tersebut. lakukan setiap pagi dan sore hingga sembuh.

3. Kunir dan Jeruk Nipis

Parut kunir dan ambil airnya, peras jeruk nipis dan ambil airnya juga, camur air perasan jeruk nipis dan kunir dengan gula merah dan garam dapur lalu seduh dengan air panas. Minumlah ramuan ini 2 kali dalam sehari.

4. Mengkudu

Cuci buah mengkudu sampai bersih, parut dan peras hingga keluar airnya, campurkan air mengkudu dengan madu. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

5. Kunyit

Ambil 2 ruas kunyit, lalu bersihkan dan parut, lalu peras dan ambil airnya dan bisa juga ditambahkan dengan gula. Minum air perasan ini 3 kali dalam sehari.

6. Daun Balimoa

Ambil 15-20 gram daun balimoa, lalu campurkan daun balimoa dengan air panas, tambhkan dengan gula merah dan asam jawa. Minumlah ramuan ini 2 kali dalam sehari.

Mencegah pastinya jauh lebih baik daripada mengobati, berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit usus buntu :

1. Makan Makanan Berserat

Salah satu alasan mengapa seseorang terkena radang usus buntu adalah karena adanya penyumbatan yang disebabkan oleh feses yang menumpuk. Dengan makanan yang kaya serat, sistem pencernaan akan lancar dan feses pun tidak akan keras apalagi menyumbat usus. Makanan apa saja yang tergolong kaya serat? Beberapa diantaranya adalah gandum utuh, sayuran seperti wortel, dan buah-buahan.

2. Jangan Menahan Buang Air Besar

Bisa buang air besar secara rutin adalah tanda bahwa sistem pencernaan Anda sehat. Jika Anda sering menahan buang air besar, maka risiko penyumbatan dan penumpukan feses di usus buntu akan semakin besar. Selain itu, jangan menahan diri Anda untuk buang gas atau kentut.

3. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih cukup, misalnya delapan gelas sehari bisa membantu Anda untuk mencegah terjadinya peradangan di usus buntu. Untuk Anda yang sering bekerja di depan komputer selama berjam-jam, selalu sediakan air putih di dekat Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: