Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Ponsel

bahaya ponselDi   era   globalisasi   yang   semakin   maju   ini, keberadaan smartphone telah menjadi teman hidup yang wajib ada di samping kita. Ke mana pun kita pergi, smartphone selalu menemani untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, informasi, dan hiburan. Namun tahukah Anda jika smartphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh?

Berikut dampak buruk smartphone yang perlu diwaspadai :

1. Membahayakan kesehatan mata

Apakah anda pernah merasakan mata kering setelah memakai smartphone? Hal itu disebabkan karena anda terlalu lama fokus menatap layar smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika terus dibiarkan bisa berdampak pada peradangan dan infeksi mata. Solusinya, sesuaikan ukuran huruf pada smartphone senyaman mungkin, sering mengedipkan mata, dan gunakan ketika berada dalam ruangan dengan penerangan yang cukup dan tidak lebih dari 15 menit.

2. Meningkatkan resiko kram jari dan peradangan

Jari, pergelangan dan siku pada tangan merupakan daerah yang paling dikorbankan dari penggunaan smartphone secara berlebihan. Efeknya tentu akan mulai anda rasakan seperti sering terjadi kram pada jari tangan serta beresiko meningkatkan peradangan pada sendi (tendinitis). Solusinya, batasi penggunaan smartphone dan lakukan peregangan setelah menggunakan smartphone pada ketiga area diatas.

3. Mengakibatkan pegal pada daerah leher dan punggung

Sebagian besar pengguna smartphone selalu berposisi menunduk saat menatap layar smartphone miliknya. Inilah yang mengakibatkan rasa sakit atau nyeri pada daerah leher dan punggung. Solusinya, sejajarkan smartphone dengan kepala anda, maka rasa sakit pada kedua daerah tersebut dapat anda hindari.

4. Mengganggu ingatan manusia

Pernahkah anda menelepon dalam waktu yang lama dan smartphone anda menjadi panas? Nah, di situlah radiasi yang paling banyak dari smartphone yang dapat mengganggu daya ingat anda. Ketika anda menggunakan ponsel langsung tanpa bantuan headseat maka telinga anda akan terpapar langsung dengan radiasi. Jika anda memang harus menggunakan ponsel dalam waktu lama, disarankan menggunakan headseat atau loadspeaker.  

5. Menyebabkan kanker otak

Penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus dapat pula menyebabkan timbulnya kanker otak, khususnya yang sering menelpon dan ditempelkan di telinga. Radiasi ponsel dikategorikan zat karsinogenik yang dapat memicu kanker otak. Para pakar melakukan penelitian menemukan adanya peningkatan glioma dan resiko terhadap kanker otak akustik neuroma bagi anda yang menggunakan menggunakan ponsel dalam waktu yang lama. Untuk itu pakailah ponsel seperlunya saja untuk menghindari hal-hal buruk tersebut.

Tips mengurangi efek negatif radiasi ponsel :

  1. Hindari menggunakan ponsel saat sinyal lemah (rendah). Saat sinyal lemah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk memperoleh koneksi, sehingga menciptakan kemungkinan radiasi lebih besar.
  2. Kurangi penggunaan ponsel di ruang yang tertutup, seperti lift, kereta api atau mobil. Selain itu, menggunakan ponsel saat mengemudi juga dapat membahayakan keselamatan.
  3. Gunakan speakerphone. Jika Anda sendiri dan tidak ingin mengganggu orang lain, maka penggunaan speakerphone merupakan cara terbaik karena memiliki jarak aman dari kepala Anda.
  4. Jika Anda benar-benar ingin menempatkan ponsel di dekat kepala Anda, beralih telinga dengan teratur, telinga kanan dan kiri. Hal ini dapat membatasi kontak yang terlalu lama di satu sisi, yang telah dikaitkan dengan peningkatan resiko kanker otak pada sisi kepala dimana ponsel biasanya digunakan.
  5. Jangan meletakkan ponsel Anda dalam saku. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa pria yang membawa ponsel mereka di saku mereka memiliki jumlah sperma 25 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak membawa ponsel. Bagian tubuh yang berbeda menyerap intensitas radiasi yang berbeda, dan jaringan testis mungkin lebih rentan.
  6. Jangan meletakkan ponsel di dekat tempat tidur. Anda mungkin perlu alarm ponsel untuk membantu bangun pagi-pagi. Tapi sebaiknya jangan meletakkan ponsel di dekat tempat tidur, khususnya di dekat posisi kepala Anda. Medan elektromagnetik dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh yang dapat menyebabkan resiko peningkatan kanker dan penyakit lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: