Menjaga Kesehatan Ginjal

ginjalGinjal adalah satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Memelihara kesehatan sebelum munculnya gangguan ginjal patut dilakukan.

Layaknya pasukan kuning yang bertugas membersihkan kota, di dalam tubuh kita pun terdapat sepasang organ yang bertugas untuk membersihkan sampah yang ada di dalam darah kita dan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urine. Sepasang ginjal ini memiliki fungsi yang sangat vital, seperti menyaring darah dan menjaga keseimbangan kimiawi dalam tubuh. Selain itu ginjal juga membantu pengendalian tekanan darah dan pembentukan sel darah merah. Apa jadinya jika sepasang ‘petugas pembersih’ ini mengalami gangguan? Infeksi Saluran Kemih hingga Penyakit Ginjal Kronik (PGK) dapat menyerang.

Ada beberapa hal yang dapat mengganggu kinerja ginjal, diantaranya : konsumsi alkohol, merokok, minuman bersoda, menahan kencing, kurang minum air putih, kurang gerak, kurang tidur, kekurangan vitamin, kekurangan mineral, kelebihan garam, konsumsi makanan tidak sehat dan mengonsumsi obat tertentu.

Resiko terbesar mengalami penyakit ginjal terdapat pada orang yang memiliki:

  • Diabetes,
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi),
  • Penyakit jantung,
  • Riwayat kesehatan keluarga yang pernah mengalami gagal ginjal.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan ginjal:

1. Mengatur pola makan

Pilih asupan makanan yang dapat memperkuat fungsi ginjal seperti sayur sawi, bayam, kubis dan buah-buahan segar, seperti apel, semangka, jeruk, dan lemon, juga bawang putih, daging putih tanpa lemak, dan ikan.

2. Rajin berolahraga

Olahraga merupakan cara yang paling mudah dan penting untuk menjaga kebersihan ginjal. Jalan kaki atau berlari setiap pagi, sangat baik untuk kesehatan ginjal.

3. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang berlebih apalagi obesitas sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut, termasuk ginjal yang lama-kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.

4. Hindari konsumsi alkohol dan berhenti merokok

Minuman beralkohol memberikan dampak buruk bagi kesehatan karena akan meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya akan berujung pada gangguan kesehatan ginjal. Kandungan nikotin pada rokok bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan pada paru-paru saja, melainkan juga pada ginjal.

5. Kontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi yang terus meningkat selama lima tahun terakhir. Berdasarkan data dari Indonesian Renal Registry (IRR) tahun 2010, tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35 persen.

6. Menjaga kadar gula

Diabetes dan masalah ginjal memiliki keterkaitan. Banyak penderita diabetes yang kemudian memiliki masalah dengan ginjal mereka. Maka dari itu, menjaga kadar gula yang masuk ke tubuh juga sangat penting untuk kesehatan ginjal.

7. Minum air putih

Minumlah air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas setiap harinya. Hal ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal.

8. Mengurangi asupan garam

Garam meningkatkan jumlah natrium dalam tubuh. Ini tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

9. Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil
Filtrasi darah adalah fungsi utama yang dilakukan ginjal. Ketika proses filtrasi dilakukan, sejumlah limbah dan air dialirkan ke kandung kemih untuk kemudian dikeluarkan jika sudah penuh. Buang air kecil dirasakan saat kandung kemih diisi 120-150 mililiter urin.
Jadi, mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil berarti membuat kandung kemih menampung lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal.

10. Tidak mengonsumsi obat secara sembarangan
Obat-obatan yang Anda konsumsi mampu memperberat kerja ginjal. Sehingga jangan pernah mengonsumsi obat secara sembarangan. Pastikan bahwa Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter saat akan mengonsumsi suatu obat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: