Posisi Duduk yang Benar Saat Menggunakan Komputer

Posisi DudukSaat menggunakan komputer dengan posisi tubuh yang benar akan memberikan kenyamanan saat bekerja. Duduk di depan komputer terlalu lama bisa menyebabkan sakit pinggang maupun punggung dan cepat lelah. Belum lagi jika duduk dengan posisi yang salah, tak hanya punggung Anda yang sakit tapi postur tubuh juga jadi kurang sempurna, bahkan mengakibatkan bungkuk di usia muda. Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk lama di depan komputer, maka sangat penting untuk menjaga posisi duduk sebaik mungkin.

Berikut ini posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer :
1. Bagian Kepala dan Leher
Aturlah agar posisi kepala dan leher Anda tegak dengan pandangan lurus ke depan. Dengan posisi ini, Anda akan sanggup bertahan lebih lama di depan komputer dan tidak cepat merasa lelah. Posisi leher yang terlalu lentur dan kepala menengadah atau menunduk saat menghadap monitor tidak dibenarkan karena dapat membuat Anda cepat lelah.

2. Bagian Punggung
Duduk dengan punggung yang tegak dan rileks merupakan posisi yang benar saat menggunakan komputer. Badan yang terlalu membungkuk, terlalu miring ke kiri atau ke kanan, dapat menimbulkan rasa sakit. Usahakan agar seluruh punggung terasa dengan baik oleh sandaran kursi.

3. Bagian Pundak
Aturlah posisi duduk sedemikian rupa agar otot-otot pundak tidak tegang. Usahakan agar pundak tidak terlalu ke bawah atau tidak terlalu tegak.

4. Posisi Lengan dan Siku
Posisi lengan yang baik adalah berada di samping badan dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90°. Saat mengetik, letakkan mouse sejajar dengan keyboard agar pergelangan tangan Anda bisa tetap lurus dan rileks, dan memudahkan Anda untuk menjangkaunya.

5. Bagian Kaki
Pastikan kaki Anda memijak lantai atau pijakan kaki pada kursi. Jangan biarkan kaki menggantung atau menjinjit saat duduk karena bisa mengganggu struktur tulang dan persendian pada kaki. Akibatnya, Anda cenderung mudah merasakan sakit pada otot maupun sendi kaki.

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut agar kesehatan Anda tetap terjaga :

  1. Atur ketinggian kursi tempat duduk, jangan terlalu tinggi atau kerendahan. Posisi ketinggian duduk harus disesuaikan dengan posisi mata terhadap monitor komputer.
  2. Atur jarak antara monitor ke mata sekitar 50-60 cm.
  3. Atur pencahayaan monitor.
  4. Pastikan Anda tidak duduk terlalu lama saat bekerja. Berjalan atau berdirilah selama satu atau setengah jam sekali untuk meregangkan badan.
  5. Makan makanan yang dapat menunjang kesehatan mata, seperti wortel, pisang, tomat, dan alpukat. Selain itu, tubuh juga perlu makanan yang mengandung protein untuk perbaikan sel, seperti daging, ikan, tahu, tempe.
  6. Perbanyaklah minum air putih untuk mempercepat metabolisme tubuh dan susu untuk menyehatkan kekuatan tulang.
  7. Istirahat yang cukup dan berolahraga teratur juga perlu dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: