Penyakit Tendinitis

Apakah Anda kerap merasa nyeri pada area tertentu terutama sekitar siku, bahu, pergelangan tangan, dan tumit saat digerakkan? Jika ya, bisa jadi Anda terkena tendinitis.

Tendinitis yang juga dikenal sebagai tendonitis merupakan salah satu jenis penyakit tendon berupa peradangan atau iritasi yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri di sekitar persendian.

Peradangan terjadi akibat tendon, jaringan berserat yang melekatkan otot ke tulang,  tidak kuat lagi menahan ketegangan.

Ada 4 jenis Tendinitis :

  1. Achilles Tendinitis, umumnya disebabkan olahraga dan mengenai tendon Achilles yang terdapat di antara tumit dan otot betis.
  2. Suprastinatus Tendinitis, adalah peradangan pada tendon bagian atas sendi bahu yang menimbulkan rasa nyeri ketika lengan digerakkan ke arah atas. Bahkan, beberapa penderita merasa sakit ketika berbaring.
  3. Tennis/Golfer’s Elbow (Lateral Epicondylitis), adalah rasa nyeri di tengah siku. Terasa semakin nyeri ketika tangan mencoba mengangkat beban.
  4. Patellar Tendinitis, adalah cedera yang mempengaruhi otot yang menghubungkan tempurung (patella) dengan tulang kering. Biasa dialami atlet seperti perenang dan pelari, cedera ini disebabkan stres berulang pada tendon lutut yang dapat menyebabkan sobekan atau peradangan otot.

Penyebab
Tendinitis disebabkan oleh cedera tiba-tiba, tetapi juga dapat disebabkan karena tendon sering mengalami pengulangan gerakan tertentu. Pada saat melakukan gerakan berulang seperti pada saat berolahraga atau melakukan kegiatan lain dalam bekerja, diperlukan teknik yang tepat. Teknik yang salah dapat membebani tendon dan menyebabkan tendinitis.

Gejala
Jika digerakkan atau diraba, maka tendon yang meradang biasanya akan terasa nyeri. Pergerakan sendi di dekat tendon, meskipun ringan, bisa menyebabkan nyeri yang hebat. Selubung sendi bisa terlihat membengkak karena adanya penimbunan cairan dan peradangan; atau akan tetap kering dan bergesekan dengan tendon sehingga menimbulkan perasaan atau suara gemeretak yang terdengar melalui stetoskop pada saat sendi digerakkan.

Diagnosa
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan pemeriksaan fisik, dimana ditemukan pembengkakan dan rasa nyeri jika daerah yang terkena disentuh, diregang atau ototnya digerakkan.

Pengobatan

  1. Mengistirahatkan daerah yang terkena
  2. Jika diperlukan, obat pereda nyeri yang dijual bebas bisa digunakan untuk sementara, sampai mendapat penanganan oleh dokter.
  3. Dokter mungkin akan memasang gips atau bidai pada bagian yang terkena agar tidak bergerak (imobilisasi). Setelah peradangan teratasi, bisa dilakukan latihan fisik untuk meningkatkan rentang gerakan sendi seperti semula.
  4. Fisioterapi, terutama jika gangguan belum membaik dengan penanganan lainnya. Fisioterapi bisa dilakukan untuk memperkuat otot, mengurangi nyeri, dan mengurangi iritasi pada tendon.
  5. Tendinitis menetap atau kronis, seperti yang terjadi pada reumatoid artritis, mungkin perlu diatasi melalui pembedahan untuk mengangkat jaringan yang meradang.

Pencegahan

  1. Hindari aktivitas yang memberikan tekanan pada otot tendon.
  2. Sebelum berolahraga lakukan pemanasan.
  3. Lakukan kombinasi olahraga yang anda lakukan, seperti berlari dengan latihan ringan seperti bersepeda atau renang.
  4. Jangan terlalu sering menjinjing dan memikul tas yang terlalu berat.
  5. Hindari high-heels, atau stiletto, karena beban tubuh kita tidak dibagi dengan rata. Ada baiknya memakai sepatu dengan tinggi hak yang tidak lebih dari 3 cm.
  6. Tidak menyepelekan posisi duduk atau tidur. Pasalnya, posisi yang salah bisa menyebabkan nyeri bahu. Contohnya, duduk berlama-lama di kursi saat menyelesaikan tugas, mengetik di depan komputer, atau salah tidur.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: