Pola Hidup Sehat

Pola Hidup SehatMemiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang. Pola hidup sehat adalah upaya setiap orang yang ingin selalu sehat, yaitu dengan memperhatikan gaya hidup sehat agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Manfaat Pola Hidup Sehat

  1. Badan sehat dan segar bugar
  2. Kualitas hidup lebih meningkat
  3. Terhindar dari berbagai macam penyakit
  4. Menjaga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi fit
  5. Jasmani, hati dan pikiran akan dapat berfungsi secara baik dan berkualitas
  6. Dapat beraktivitas secara maksimal dan mampu menggunakan potensi dengan optimal
  7. Tubuh tidak mudah capek dan pegal karena metabolisme lancar
  8. Jantung kuat, peredaran darah lancar dan suasana hati jadi baik sehingga terhindar dari rasa cemas atau depresi.

Langkah-Langkah Hidup Sehat

1. Hirup Udara Bersih

Biasakanlah untuk bangun di pagi hari, lalu keluar kamar dan tarik nafas dalam-dalam. Udara pagi sangat baik untuk tubuh anda, sebab belum tercemar oleh polusi, sehingga akan membantu paru-paru anda tetap sehat dan oksigen yang diserap akan dialirkan menuju otak, sehingga anda dapat berfikir lebih baik. Selain itu anda juga perlu menghindari asap rokok, asap knalpot, dan debu. Bersihkan ruangan sekitar anda agar dapat berfungsi dengan baik dan menjaga kesehatan tubuh anda.

2. Minum Air Putih

Air putih jauh lebih baik dibandingkan dengan minuman apapun. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih per hari, sebab air putih bermanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh serta melancarkan metabolisme dalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih sehat, fit dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

3. Sarapan Sehat

Sangat baik jika anda tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Sebab sarapan pagi sangat bagus untuk mensuplai energi pada tubuh agar anda tetap sehat dan semangat menjalani hari-hari anda. Selain itu usahakan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat bergizi, mengandung banyak vitamin, nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Konsumsi Makanan yang Berimbang dan Sehat

Sama halnya dengan air, serat (fiber) sangat baik untuk melancarkan metabolisme dan pembuangan dalam tubuh, sehingga makanan yang telah dikonsumsi setiap hari tidak bertimbun menjadi lemak melainkan diubah menjadi energi. Cukupi asupan serat, protein dan karbohidrat yang seimbang.

5. Beraktivitas Dengan Seimbang

Bekerja keras itu baik, namun ada baiknya jika anda meluangkan waktu untuk beristirahat. Telah dianjurkan untuk tidur cukup 7-8 jam perhari dan olahraga yang teratur. Jangan memporsir diri dengan satu kegiatan. Tidur terlalu lama dan olahraga tanpa kenal waktu juga bukanlah hal yang baik. Semuanya perlu dilakukan dengan seimbang.

6. Hindari Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan tidak sehat meliputi konsumsi makanan cepat saji, makanan berlemak, minuman beralkohol dan bersoda, serta merokok. Hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan anda, maka dari itu ada baiknya jika anda menghindari pola makan tidak sehat, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

7. Mencuci Tangan

Biasakan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh makanan yang akan dikonsumsi. Sebab tangan yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang bila masuk ke dalam mulut akan berdampak buruk untuk kesehatan anda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: