Waspadai Nyeri Yang Tidak Boleh Diabaikan

nyeri dadaKesehatan tubuh merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup kita. Ketika tubuh terasa nyeri dan tak bugar, itu tanda tubuh sedang tidak sehat. Nyeri di tubuh bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari stres, metabolisme tubuh yang rendah, kebiasaan buruk, makan makanan yang kurang sehat dan kurang olahraga.

Meskipun beberapa jenis nyeri disebabkan oleh hal-hal ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya, namun kadang nyeri juga menandakan ada yang salah dengan tubuh Anda. Jika nyeri terus berkepanjangan, Anda tidak boleh mengabaikannya dan harus segera memeriksakan ke dokter.

Berikut adalah beberapa nyeri yang tidak boleh diabaikan jika terus berkepanjangan :

1. Nyeri di kepala

Nyeri kepala dapat disebabkan karena suhu dingin, kurang tidur, stres, dan paparan sinar matahari langsung. Nyeri kepala berkepanjangan bisa menyebabkan masalah serius, seperti migrain, sinus, atau penyakit yang berkaitan dengan otak. Oleh karena itu, jika mengalami nyeri kepala berkepanjangan segera periksakan diri ke dokter.

2. Nyeri sendi

Nyeri sendi juga merupakan salah satu penyakit yang biasa terjadi namun tidak boleh diabaikan. Nyeri sendi yang biasa terjadi di sekitar siku, lutut, dan pada tangan akibat terlalu banyak berjalan, terlalu banyak berolahraga, atau mengangkat sesuatu yang berat ini bila selalu diabaikan akan mengakibatkan pembengkakan dan kerusakan pada otot atau ligamen.

3. Nyeri di dada

Nyeri di dada mungkin bisa terjadi apabila Anda mengalami stress atau karena ada beberapa kebiasaan yang tidak sehat. Tapi nyeri di dada yang sering dialami harus diwaspadai karena bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung. Nyeri di dada tidak boleh diabaikan terutama jika disertai dengan sesak nafas dan kelelahan.

4. Nyeri di perut

Sakit perut bukanlah rasa sakit yang aneh karena semua orang pernah mengalaminya. Tentu rasa sakit di perut yang umum disebabkan karena masalah seperti pola makan yang salah, siklus menstruasi pada wanita, atau karena diare. Tapi jika rasa sakit dirasakan berkepanjangan dan disertai dengan kembung, mungkin bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda tidak fit dan ada berbagai resiko penyakit yang bisa dialami seperti infeksi usus, infeksi di perut, penyakit ginjal, kanker, atau resiko penyakit lainnya. Untuk itu, sebaiknya cepat berkonsultasi pada dokter agar mengetahui masalah kesehatan yang Anda hadapi.

5. Nyeri di punggung

Nyeri punggung bisa disebabkan karena salah posisi tidur atau salah posisi duduk. Anda patut mencurigai tulang belakang Anda yang mungkin posisinya tidak pada tempatnya apabila nyerinya disertai rasa sakit dan bengkak.

Nyeri adalah cara tubuh memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak benar di dalam tubuh. Apabila obat pereda nyeri tidak cukup meredakan rasa nyeri, sebaiknya periksakan kesehatan Anda ke dokter.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: