Tetap Fit Saat Cuaca Panas

hot-sunCuaca panas yang belakangan ini terjadi tentu dapat mempengaruhi aktivitas Anda, sebab biasanya suhu panas akan membuat kondisi tubuh cepat lemah. Perubahan cuaca yang sangat ekstrim saat ini dapat mengakibatkan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit. Pada kasus-kasus yang serius, hawa panas juga dapat membuat Anda sakit parah.

Berikut adalah risiko penyakit yang terjadi saat cuaca panas melanda :
1. Hyperthermia
Hyperthermia adalah ketika kondisi suhu tubuh seseorang meningkat jika berada dalam lingkungan yang bercuaca sangat panas. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang terserang demam tinggi.
2. Infeksi Saluran Napas
Infeksi saluran napas sering terjadi karena perubahan cuaca ekstrim. Penyakit ini juga biasanya disertai demam. Gejala lain yang terjadi, antara lain batuk, pilek, dan seluruh otot terasa sakit (myalgia).
3. Gangguan Saluran Pencernaan
Gangguan saluran pencernaan seperti diare sering menyerang, terutama saat musim pancaroba maupun saat awal musim hujan.
Hal ini didukung pula oleh kurangnya kebiasaan dalam menjaga kebersihan seperti mencuci tangan sebelum makan, tidak memasak makanan dengan benar dan matang, serta mengonsumsi makanan yang tercemar bakteri maupun virus penyebab diare.
4. Heat Cramps
Heat cramps atau kram otot yang terjadi setelah olah raga juga dapat terjadi, terutama bila Anda berolah raga di lingkungan yang bersuhu panas dan lembab. Heat cramps ditandai dengan nyeri berat yang dirasakan saat otot berkontraksi, dehidrasi, gangguan elektrolit, dan kekurangan sodium yang berasal dari keringat berlebih.
5. Heat Stroke
Heat stroke merupakan keadaan gawat darurat yang memerlukan pemeriksaan dan penanganan dengan segera. Kondisi ini merupakan keadaan patologis yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh lebih dari 104 F (40° C) dan dihubungkan dengan gangguan pada sistem saraf pusat.
Heat stroke akan memberikan gejala tubuh yang terasa sangat panas, namun berhenti menghasilkan keringat sebagai mekanisme untuk mendinginkan tubuh, pusing, merasa mual, penglihatan kabur, lelah, hingga gangguan disorientasi.

Berikut ini adalah cara untuk melindungi diri dari cuaca panas agar tubuh tetap fit:
1. Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan lebih rajin minum air putih. Hindarilah minuman manis, bersoda, dan berakohol.
2. Usahakan berada dalam ruangan yang sejuk agar tidak terlalu banyak keringat yang keluar dari tubuh sehingga mencegah dehidrasi.
3. Buatlah rencana kegiatan yang akan dilakukan di luar ruangan. Bila memang memungkinkan pindahkan jadwal kegiatan ke sore atau malam hari. Hindari aktivitas atau olah raga yang berlebihan.
4. Istirahat cukup sangat diperlukan untuk kembali memulihkan energi dan beradaptasi dengan perubahan suhu lingkungan.
5. Konsumsilah sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan air. Vitamin akan membantu Anda menangkal serangan dari berbagai macam penyakit. Pastikan buah dan sayur tersebut telah dicuci dengan air bersih.
6. Selalu menjaga kebersihan, terutama mencuci tangan sebelum makan dan selalu teliti dalam memilih makanan untuk menghindari gangguan saluran cerna dan saluran napas akibat terinfeksi bakteri atau patogen penyebab penyakit yang biasanya banyak berkembang saat cuaca panas atau saat terjadinya perubahan cuaca yang ekstrim.
7. Jangan menggunakan pakaian yang bersifat sebagai konduktor atau penghantar panas, seperti mengenakan pakaian berwarna hitam atau berbahan dasar yang tidak mudah menyerap keringat. Bahan pakaian yang nyaman digunakan saat cuaca panas adalah katun, linen, dan rayon.
8. Gunakan tabir surya untuk mencegah kulit terbakar akibat sengatan matahari. Pakailah topi atau payung guna menghindari sentuhan langsung cahaya matahari dengan kulit kepala. Pengendara motor juga harus memakai sarung tangan dan masker.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: