Tanda-tanda Fisik Kolesterol Tinggi

KolesterolAda banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya kolesterol tinggi dalam darah. Meningkatnya kadar kolesterol paling banyak disebabkan oleh asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, pola hidup yang tidak sehat dan seimbang, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk yang menjadi rutinitas sehari-hari. Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh manusia.

Sebagai upaya pencegahan penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah, mengetahui kadar kolesterol dalam darah adalah hal yang sangat penting. Biasanya, pemeriksaan dilakukan dengan tes darah di laboratorium. Pemeriksaan sederhana dapat menunjukkan angka kolesterol total, sedangkan pemeriksaan yang lebih kompleks, dapat menunjukkan informasi tambahan berupa angka high density lipoprotein (HDL), low density lipoprotein (LDL), dan trigliserida.

Kadar kolesterol total yang diharapkan adalah tidak lebih dari 200 mg/dL, dengan komposisi LDL < 150 mg dan HDL > 50 mg/dL. Pemeriksaan kadar kolesterol sebaiknya dilakukan secara berkala untuk terus memantau kesehatan secara keseluruhan. Namun selain melalui pemeriksaan darah, ada tanda-tanda fisik yang dapat dicermati untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol total dalam darah.

Berikut adalah tanda-tanda atau gejala fisik seseorang yang mempunyai kolesterol tinggi :
1. Tengkuk dan pundak terasa pegal
Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. Aliran darah yang tidak lancar juga disebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah akibat tingginya kadar kolesterol.

2. Sering kesemutan di tangan dan kaki
Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.

3. Sering pusing di belakang kepala
Pusing di belakang kepala terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Penyumbatan ini terjadi lantaran kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah. Jika terus dibiarkan, maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke.

4. Dada sebelah kiri seperti tertusuk
Dada sebelah kiri berkaitan dengan jantung yang berperan sebagai pemompa darah. Penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung bisa menyebabkan rasa nyeri seperti tertusuk. Rasa nyeri ini bahkan dapat menjalar hingga ke bagian leher. Nyeri dada juga dapat menjadi tanda-tanda terjadinya serangan jantung. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi.

5. Sering pegal di tangan dan kaki
Pembuluh darah di tangan dan kaki juga bisa tersumbat akibat penumpukan kolesterol. Pegal di tangan dan kaki akibat penumpukan kolesterol biasanya terjadi terus menerus meskipun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.

6. Gampang mengantuk
Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke otak akibat pembuluh darah yang menyempit karena adanya timbunan lemak akibat kolesterol. Walau tidur Anda dalam waktu yang semestinya dan memenuhi kebutuhan tidur 8 jam, Anda tetap merasa kantuk yang berlebih, hampir setiap saat diserang oleh rasa kantuk.

Jika Anda sering merasakan gejala seperti itu, periksakanlah diri Anda ke dokter untuk mengetahui kadar kolestrol dalam darah.

Kunci penting dalam mengatur kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengatur pola makan dan akitvitas fisik. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh diantaranya :
1. Pengaturan pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak
2. Memperbanyak makanan berserat
3. Memperbanyak makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti sayur dan buah
4. Menghindari rokok dan minuman alkohol
5. Lakukan olahraga secara teratur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: