Makanan Sehat Untuk Tubuh Sehat

Menu SehatMemiliki tubuh yang sehat adalah keinginan setiap orang. Karena dengan tubuh yang sehat, kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas tanpa harus terhalang oleh penyakit. Salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Mengonsumsi makanan sehat adalah suatu kebutuhan bagi tubuh agar sel-sel dan organ tubuh dapat terpenuhi nutrisinya. Saat beraktivitas, tubuh kita memerlukan banyak energi. Kebutuhan energi tersebut dapat dipenuhi oleh nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan berbagai mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis makanan sehat berdasarkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh :

1. Karbohidrat
Tubuh memerlukan banyak energi untuk beraktivitas. Karbohidrat berfungsi sebagai pengasup energi utama dalam tubuh. Jika tubuh kita kekurangan karbohidrat, tubuh kita akan menjadi sangat lemas. Kekurangan karbohidrat membuat kepala kita cepat pusing dan tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik.
Contoh makanan sehat yang mengandung karbohidrat adalah nasi, singkong, jagung, ubi, kentang, roti, gandum, oatmeal dan sagu.

2. Protein
Zat protein berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit mati pada tubuh. Ada dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Contoh sumber protein hewani adalah telur, ikan dan daging. Protein nabati berasal dari kedelai yang biasanya diolah menjadi tahu, tempe, dan susu kedelai. Itulah jenis makanan sehat yang mengandung protein dan mudah dijumpai.

3. Lemak
Lemak yang baik untuk tubuh adalah lemak tak jenuh yang banyak terdapat pada kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian (wijen, biji bunga matahari), buah alpukat, ataupun ikan.
Lemak jenuh atau yang sering disebut lemak jahat/ berbahaya, sering kita temukan pada produk olahan hewani, seperti daging dan jerohan (hati, paru, usus, dll). Lemak jenis ini tidak baik untuk tubuh karena akan meningkatkan kolesterol dalam darah.

4. Vitamin
Jenis makanan sehat adalah makanan yang banyak mengandung vitamin, baik vitamin A, B, C, D, E, dan vitamin K. Berbagai vitamin ini sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh, meningkatkan daya tahan dan perawatan organ tubuh kita. Kebutuhan vitamin ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan (apel, jambu, jeruk, melon, dll) dan sayuran (kangkung, bayam, wortel, brokoli, dll.)

5. Mineral
Banyak sekali jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, kalium, dan zat besi. Mineral-mineral ini bisa didapatkan pada susu dan produk olahannya (keju, yogurt), buah-buahan, maupun sayuran.

6. Serat
Serat sangatlah penting untuk membantu melancarkan pencernaan tubuh. Serat banyak kita dapatkan pada buah, sayuran, maupun oatmeal (gandum berserat tinggi).

Kombinasi makanan dengan kandungan zat diatas menjadi cara untuk meramu makanan menjadi sehat.

Berikut contoh daftar sederhana menu harian makanan sehat yang dapat Anda ikuti :
Makan Pagi        : Nasi goreng, telur dadar iris, lalap ketimun, tomat
Makan Siang      : Nasi, sayur bayam, ikan bakar, bakwan jagung+udang, semangka
Makan Malam    : Sup kacang merah

Dengan mengetahui jenis makanan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari, maka Anda bisa mulai memilih makanan apa saja yang masuk ke dalam kategori menu Anda sehari-hari, agar hidup senantiasa sehat, bugar, bersemangat, berenergi dan lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: