Penuhi Kebutuhan Asam Folat

Asam FolatKebutuhan nutrisi janin agar tumbuh sehat diawali dari masa sebelum kehamilan. Salah satu nutrisi yang penting bagi kesehatan janin adalah Asam Folat atau Vitamin B9. Bagi Anda yang sedang hamil atau berencana ingin hamil, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat merupakan keharusan, karena pada masa kehamilan terjadi pembentukan dan pertumbuhan sel. Itulah sebabnya kita sering mendengar saran bahwa ibu hamil harus mengonsumsi asam folat yang cukup, untuk mencegah bayi yang dilahirkan mengalami kecacatan pada sistem sarafnya.

Fungsi Asam Folat :
1.  Untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang baik dan sesuai bagi janin
2. Proses pembentukan sel darah merah atau eritrosit
3. Mencegah penyakit jantung
4. Membantu mengurangi depresi
5. Membantu menjaga kesehatan fungsi otak

Siapa yang Membutuhkan Asam Folat?
Setiap orang membutuhkan asam folat, terutama bagi wanita hamil atau yang berencana untuk hamil. Ketika seorang wanita memiliki cukup asam folat dalam tubuhnya sebelum dan selama kehamilan, dapat mencegah terjadinya gangguan atau cacat otak dan tulang belakang pada bayi. Selain wanita, anak-anak dan orang dewasa lainnya pun membutuhkan asam folat untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat dan mencegah anemia.

Apa Dampak Kekurangan Asam Folat?
Kekurangan asam folat selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan
perkembangan sumsum tulang belakang, hal ini dapat mengakibatkan kelumpuhan, kerusakan otak, atau keguguran. Oleh karena itu, khusus ibu hamil harus dapat memenuhi kebutuhanan folat tubuhnya.

Berapa Kebutuhan Asam Folat Setiap Hari?
Asupan asam folat yang dianjurkan adalah sebesar 400 mikrogram per hari. Ini berlaku bagi anak-anak di atas usia 10 tahun serta orang dewasa baik pria maupun wanita. Sedangkan ibu hamil memerlukan tambahan asupan asam folat sebanyak 200 mikrogram per harinya. Jumlah asupan ini bisa mencegah gangguan atau cacat otak dan tulang belakang sampai 50 hingga 70 persen.

Apa Saja Sumber Asam Folat?
1. Sayur-sayuran, seperti bayam, kangkung, brokoli, kubis, sawi, kacang panjang, jagung, dan kentang.
2. Buah-buahan, seperti pisang, jeruk, melon, tomat, alpukat, pepaya, strowbery, dll.
3. Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, almond, kacang hijau, kacang merah, kacang polong, kacang tanah, dan kacang lainnya memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak.

4. Biji-bijian, seperti gandum, biji bunga matahari, biji wijen.
5. Sumber asam folat lainnya seperti telur, hati sapi, hati ayam, dan produk-produk yang sudah diperkaya asam folat, seperti susu, sereal dan roti.

Sangat penting bagi setiap orang terutama wanita untuk menjaga kesehatan sebelum menikah. Modal sehat ini demi memperoleh kehamilan dan keturunan yang sehat. Konsumsi makanan bergizi termasuk makanan yang mengandung Asam Folat harus dilakukan. Dengan Asam Folat yang cukup ibu akan terhindar dari Anemia dan anak pun bisa terhindar dari cacat bawaan. Anak sehat berawal dari ibu yang sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: