Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau dalam istilah medis disebut Faringitis adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit radang tenggorok ditandai dengan adanya penebalan/ pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.

Menderita radang tenggorokan tentunya sangat mengganggu dan membuat Anda menjadi kurang produktif dalam menjalani hari–hari Anda. Sebab Anda akan merasa kesakitan saat berbicara atau menelan makanan.

Banyak hal yang dapat menyebabkan radang tenggorokan, diantaranya karena virus, bakteri, dan kebiasaan buruk, seperti makan–makanan yang kurang higienis, kurang minum, merokok, dan terlalu letih menjalani pekerjaan Anda sehingga virus dan bakteri mudah menginfeksi Anda.

Berikut adalah beberapa cara pengobatan sederhana untuk mengatasi radang tenggorokan yang mungkin bisa Anda coba lakukan di rumah :
1. Minum madu
Madu dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Minum air hangat yang dicampur madu asli sangat baik untuk mengobati radang tenggorokan secara cepat.

2. Berkumur dengan air garam
Tambahkan setengah sampai satu sendok teh garam untuk secangkir air hangat, dan berkumur dengan air campuran ini setidaknya sekali setiap jam. Garam bertindak sebagai antiseptik ringan, dan juga menarik air keluar dari selaput lendir di tenggorokan, sehingga cukup efektif mengurangi bengkak dan peradangan akibat sakit tenggorokan.

3. Makan bawang putih
Bawang putih sangat baik untuk menyembuhkan radang tenggorokan karena didalamnya mengandung senyawa allicin yang mampu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

4. Makan sup ayam
Sup ayam hangat juga baik untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Sebab para ahli kesehatan berpendapat bahwa sodium dalam kaldu ayam merupakan anti inflamasi yang membuat Anda cepat sembuh dari radang tenggorokan.

5. Menghirup uap
Biasanya, radang tenggorokan juga memicu penyakit demam dan gejala pilek atau hidung tersumbat. Jika Anda juga mengalaminya, Anda bisa menghirup uap untuk memperlancar pernapasan. Cara itu adalah solusi terbaik untuk mengatasi kedua kondisi, demam sekaligus radang tenggorokan.

6. Cuka sari apel
Mengkonsumsi cuka sari apel juga dipercaya mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya, campurkan satu sendok makan cuka sari apel kedalam air hangat lalu gunakan untuk berkumur sebentar lalu telan.

7. Istirahat
Perbanyak istirahat dan minumlah banyak cairan yang bisa menjaga kelembaban serta menenangkan tenggorokan Anda. Selain itu, cairan juga bisa menghilangkan bakteri yang tersisa di tenggorokan. Hal lain yang tak kalah penting, jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya.

Selama sakit tenggorokan belum sembuh, maka lebih baik Anda menghindari beberapa hal ini:
   Merokok
   Minum-minuman bersoda dan beralkohol
   Makan-makanan pedas
   Minum-minuman dingin
   Makan-makanan yang berminyak dan berlemak
   Dehidrasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: