Cara Sehat Mencegah Sakit Punggung

Cegah Sakit PunggungSakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Sakit punggung umumnya berhubungan dengan sikap tubuh sehari-hari, juga gaya hidup. Misalnya, cara duduk yang salah, sering berdiri atau membungkuk dalam waktu relatif lama, tidur di tempat tidur yang kurang mendukung postur punggung, duduk di kursi yang tidak ergonomis, sering mengangkat atau mendorong benda berat, menggunakan sepatu hak tinggi, pernah jatuh, dan jarang berolahraga.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya sakit punggung :
1.   Olahraga
Berenang, berjalan kaki, berlari, dan bersepeda adalah cara yang luar biasa untuk memperkuat otot-otot punggung dan mencegah cedera.

2.   Mengatur posisi duduk
Jangan duduk melorot di kursi dan jangan membungkuk di atas meja kerja. Pilih kursi yang memiliki penopang punggung bagian bawah. Sesekali berjalanlah meninggalkan meja kerja dan berdiri saat mengangkat telepon atau mengambil air minum, juga merupakan cara lain untuk mengurangi nyeri punggung.

3.   Perhatikan posisi tidur dan kasur Anda
Posisi ideal saat tidur adalah tangan sejajar dengan tubuh. Tidur miring sesekali boleh-boleh saja, namun tekuk kaki sedikit. Perhatikan juga, kasur tak boleh terlalu keras atau terlalu empuk. Terlalu keras dapat menyakitkan punggung, kasur yang terlalu empuk pun tak bisa menopang postur tidur Anda dengan baik.

4.   Perhatikan berat badan
Kelebihan berat badan dan lemak di perut akan memberikan tekanan yang besar pada tubuh bagian belakang. Ini juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Untuk itu jaga berat badan yang sehat.

5.   Kurangi beban
Tas yang besar memang terlihat trendi namun sayangnya menyandang tas yang berat di satu bahu akan membuat punggung Anda tegang. Usahakan agar beban dalam tas tidak terlalu berat dan bawa tas bergantian, kiri dan kanan. Atau sebaiknya gunakanlah tas ransel dengan kedua talinya, agar beban terdistribusikan secara rata.

6.   Jangan selalu menggunakan sepatu hak tinggi
Mengenakan hak tinggi memang terlihat gaya karena membuat Anda nampak tinggi dan kaki akan terkesan panjang. Tetapi hak tinggi juga menekan berat tubuh ke depan, sehingga menyebabkan otot-otot di punggung bekerja lebih keras untuk menyeimbangkannya.

7.   Berlutut, jangan membungkuk
Saat akan mengambil atau mengangkat benda berat dari lantai, jangan langsung bungkukkan badan. Tekuk lutut, gunakan kedua tangan agar seimbang, baru angkat. Ketika mengangkat benda kecil, berjongkoklah dan angkat badan dengan kedua kaki. Jangan membungkukkan pinggang atau mengangkat dengan punggung.

8.   Mandi dengan air hangat
Tegangan pada otot bisa menyebabkan stres dan mencegah seseorang bersantai sebelum tidur. Hal ini juga bisa menyebabkan otot tegang dan sakit. Sebelum tidur, Anda bisa mandi air hangat dan memijat-mijat bagian leher, pundak, serta punggung untuk meredakan ketegangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: