Nikmati Manfaat Buah dan Sayur

Fresh vegetables and fruits at a farmer's marketMemiliki tubuh yang sehat adalah keinginan setiap orang. Dengan tetap sehat, maka aktivitas yang kita lakukan bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan kita. Dengan sehat pula, maka kita tidak harus mengeluarkan waktu dan biaya untuk membeli obat atau pergi ke rumah sakit. Oleh sebab itu, sangat baik jika kita menjaga atau meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.

Daya tahan tubuh merupakan salah satu hal yang berhubungan dengan kualitas kesehatan seseorang. Daya tahan tubuh adalah kemampuan fisik untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat. Jika daya tahan tubuh kita melemah, tubuh kita akan mudah terserang berbagai penyakit. Dari mulai flu, batuk, pilek, demam, diare, sampai penyakit yang membutuhkan istirahat total seperti typus, hepatitis, kanker dan lain-lain.

Ada beragam cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, terutama buah dan sayur. Konsumsi setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan gizi. Selain banyak mengandung serat, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral.

Berikut ini adalah vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayur :
1.    Vitamin A
Baik untuk kesehatan mata dan kulit.
Buah : Alpukat, sirsak, apel, belimbing, jambu biji, kiwi, mangga, melon, pepaya, pisang, dan semangka.
Sayur : Bayam, brokoli, wortel, kangkung, ubi jalar merah, labu kuning, kacang panjang, dan seledri.
2.    Vitamin B1
Baik untuk sirkulasi darah, metabolisme, dan fungsi otak.
Buah : Kiwi, naga, kismis, semangka, pisang, dan timun.
Sayur : Kacang panjang, dan kangkung.
3.    Vitamin B2
Baik untuk pembentukan sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
Buah : Kiwi, apel, manggis, pisang, semangka, dan timun.
Sayur : Bayam, kacang panjang, dan jamur.
4.    Vitamin B6
Baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, metabolisme, dan sistem syaraf.
Buah : Semangka, pisang dan alpukat.
Sayur : Kentang, seledri, dan ubi jalar.
5.    Vitamin C
Baik untuk kesehatan gigi dan gusi.
Buah : Apel, jeruk, naga, belimbing, mangga, jambu biji, pepaya, pisang, sirsak, dan stroberi.
Sayur : Jagung, ubi jalar, kembang kol, dan kol.
6.    Vitamin E
Baik untuk kesehatan kulit, rambut, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stress, serta mencegah penyakit jantung dan kanker.
Buah : Alpukat, mangga, kiwi, pisang, dan tomat.
Sayur : Brokoli, bayam, paprika, asparagus, labu, dan kacang tanah.
7.    Vitamin K
Baik untuk pembentukan tulang dan pembekuan darah.
Buah : Alpukat, dan kiwi.
Sayur : Kubis, brokoli, dan asparagus.
8.    Asam folat
Baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan energi.
Buah : Sirsak, kiwi, alpukat, pisang, jeruk, tomat, dan bit.
Sayur : Terong, bayam, kangkung, brokoli, kentang, jagung, dan kacang kacangan.
9.    Zat besi
Baik untuk pembentukan sel darah merah.
Buah : Alpukat, sirsak, apel, naga, dan mangga.
Sayur : Bayam, kangkung, caisin, kacang panjang, kembang kol, kubis, dan timun.
10.  Potasium
Baik untuk mengontrol detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol fungsi otak.
Buah : Jeruk, kismis, pisang, tomat dan semangka.
Sayur : Kentang, bayam, dan buncis.
11.  Kalsium
Baik untuk pembentukan tulang, dan mencegah ostereoporosis.
Buah : Sirsak, apel merah, stroberi, naga, pisang, jeruk, nanas, mangga, pepaya, alpukat, kiwi, jambu biji, anggur, pir, dan manggis.
Sayur : Pare hijau, kubis, dan kangkung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: