Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

sodaMengonsumsi minuman bersoda saat cuaca panas atau sekedar menghilangkan rasa haus memang dapat menyegarkan tubuh dalam seketika. Namun tahukah Anda, bahwa di balik sensasi rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda menyimpan bahaya yang serius bagi tubuh?

Sudah banyak penelitian dilakukan untuk membongkar fakta mengenai kandungan minuman berkarbonasi. Riset yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa tingkat protein dalam otak bisa berubah apabila mengonsumsi terlalu banyak gula pada minuman bersoda atau soft drink. Minuman ini juga berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh manusia.

Beberapa efek yang ditimbulkan karena sering mengonsumsi minuman bersoda:
1. Terjadi pengeroposan pada tulang dan gigi, asam fosfat pada minuman bersoda jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kerapuhan tulang, selain itu kandungan asam dan gula dalam soda semakin lama dapat mengikis kepadatan tulang dan gigi.
2. Tingginya kandungan gula pada minuman bersoda dapat menyebabkan terganggunya kesehatan ginjal, jantung dan hati. Pemanis dalam minuman bersoda akan menyebabkan terjadinya resiko terkena penyakit diabetes.
3. Kandungan gula yang sangat tinggi dalam minuman bersoda dapat menyebabkan seseorang berpotensi mengalami obesitas.
4. Beresiko terkena penyakit kanker, zat kimia dan gula dalam minuman bersoda dapat meningkatkan seseorang mengalami kanker pankreas.
5. Minuman bersoda mengandung kafein yang menyebabkan masalah kesehatan seperti jantung berdebar, susah tidur, dan juga darah rendah.
6. Untuk para pria yang sering mengonsumsi minuman bersoda untuk lebih berhati-hati karena dapat mempengaruhi kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan.
7. Minuman bersoda mengandung gas dan asam yang dapat menstimulasi asam lambung.
8. Jika Anda sudah terbiasa maka minuman bersoda akan membuat Anda kecanduan dan sulit untuk meninggalkan minuman ini.

Tips untuk mengatasi efek negatif dari minuman bersoda:
1. Sadarilah efek negatif yang ditimbulkan karena terlalu sering minum minuman bersoda, seperti gangguan pengeroposan tulang, ginjal, jantung, hati, diabetes dan juga kanker.
2. Minuman bersoda tidak harus pantang 100 %, Anda boleh meminumnya sekali waktu asal jangan terlalu sering.
3. Gantilah keinginan untuk minum minuman bersoda dengan banyak minum air putih setiap hari, jus buah segar, susu, atau yoghurt.
4. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan agar tubuh lebih sehat.
5. Rutin berolahraga agar lemak dalam tubuh diubah menjadi energi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: