Mengetahui Jam Kerja Organ Tubuh

Jam Kerja Organ TubuhLayaknya mesin yang ada masa kerja dan masa istirahatnya, organ tubuh pun memiliki jam khusus untuk mempekerjakan atau mengistirahatkan ‘diri’nya. Namun, ada banyak orang yang masih kurang memiliki pemahaman terhadap jam kerja organ tubuh. Sering begadang dan melewatkan istirahat di malam hari, selain dapat menyebabkan timbul penyakit juga proses detoksifikasi dalam tubuh tidak akan berjalan sempurna.

Mulai sekarang, kenali dan cintailah tubuh Anda sendiri secara lebih mendalam dengan mengetahui jam bekerja organ-organ tubuh Anda. Sebab hal itu sangat penting untuk dapat menjaga stabilitas tubuh serta mengantisipasi terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Jam bekerja organ tubuh manusia :
Pukul 07.00-09.00
Lambung sedang bekerja secara optimal. Jangan lewatkan makan pagi untuk proses pembentukan energi sepanjang hari. Bagi yang tidak ada masalah lambung, sebaiknya minum jus sebelum sarapan saat perut kosong sehingga zat yang berguna mudah terserap tubuh.

Pukul 09.00-11.00
Limpa sedang bekerja secara maksimal menyalurkan cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini Anda mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Solusinya adalah kurangi konsumsi gula, lemak, minyak, dan protein hewani.

Pukul 11.00- 13.00
Jantung bekerja secara maksimal. Sebaiknya beristirahat, hindari panas, olah fisik, dan timbulnya emosi, terutama bagi penderita gangguan pembuluh darah.

Pukul 13.00-15.00
Hati sedang bekerja secara minimal. Saat ini darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Bila fungsi hati kuat, maka tubuh kuat untuk menangkal penyakit.

Pukul 15.00-17.00
Paru-paru sedang bekerja minimal. Tubuh perlu istirahat untuk proses pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru.

Pukul 17.00-19.00
Ginjal sedang bekerja secara maksimal. Sebaiknya jam-jam ini digunakan untuk belajar karena sedang terjadi proses pertumbuhan otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang.

Pukul 19.00-21.00
Lambung sedang bekerja secara minimal. Hindari konsumsi makanan yang sulit dicerna atau sebaiknya hentikan aktivitas makan.

Pukul 21.00-23.00
Limpa sedang bekerja secara minimal karena terjadi proses pembuangan racun dan regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat atau mendengarkan musik yang menenangkan jiwa untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Pukul 23.00-01.00
Jantung sedang bekerja secara minimal. Pada saat ini sebaiknya sudah beristirahat tidur. Jika terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

Pukul 01.00-03.00
Hati sedang bekerja secara maksimal jika dalam kondisi tertidur pulas, karena terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Jika bagian hati terasa nyeri atau sakit, kemungkinan ada luka dan kerusakan.

Pukul 03.00-05.00
Paru-paru sedang bekerja secara maksimal karena terjadi proses pembuangan racun. Bila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya lakukan olah napas agar energi paru-paru lebih sehat dan kuat.

Pukul 05.00-07.00
Usus besar sedang bekerja secara maksimal. Biasakan buang air besar secara teratur. Pada jam ini organ ginjal sedang bekerja secara minimal, untuk bekerja kita tentu butuh energi dari makanan.

Menyeimbangkan rutinitas kerja kita dengan jadwal kerja organ tubuh adalah tindakan yang bijaksana. Mari memulai hidup sehat dengan memperhatikan jadwal organ tubuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: