Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

musim hujanMusim hujan dan cuaca yang tidak menentu biasanya akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Demam, flu, batuk, masuk angin dan sakit kepala adalah penyakit yang biasanya menyerang saat musim hujan.

Meskipun kita tidak bisa mencegah perubahan musim, kita masih bisa mencegah agar kita tidak terserang penyakit yang biasa muncul di musim hujan.

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan :

1.    Siapkan perlengkapan hujan
Lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik Anda menyiapkan payung dan jas hujan untuk dibawa–bawa daripada basah kuyup terkena hujan. Itu akan memperbesar resiko Anda terkena air hujan yang bisa menyebabkan Anda diserang penyakit.

2.    Segera mandi dan keramas bila kehujanan
Ketika Anda kehujanan, jangan menunda-nunda untuk mandi dan keramas jika tidak mau sakit nantinya. Jika Anda terkena air hujan, segera mandi untuk melindungi diri dari infeksi kuman. Selain itu, hindari berada dalam ruangan ber-AC jika rambut masih dalam keadaan basah untuk mencegah demam dan influenza.

3.    Jaga asupan makanan sehat
Tetap jaga asupan makanan bergizi selama musim hujan. Ada baiknya Anda sering mengonsumsi makanan berkuah hangat, misalnya sup kuah, soto ayam atau sayuran dengan kuah hangat. Selain bergizi, makanan tersebut akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

4.    Cuci tangan
Menurut sebagian besar penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui penyebab utama terkena flu, lupa mencuci tangan adalah salah satunya. Kenapa? Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan ketika beraktivitas, karena itu banyak kuman dan virus penyebab flu yang menempel. Bila Anda mendekatkan tangan dengan mulut, disitulah proses masuknya virus penyebab flu ke dalam tubuh. Maka dari itu, disarankan agar sering mencuci tangan apalagi ketika musim hujan, karena pada musim hujan akan lebih banyak virus yang bisa menyebabkan flu.

5.    Banyak minum air hangat
Musim hujan otomatis udara pun menjadi lebih dingin, meski Anda memiliki kebiasaan minum air dingin, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan Anda. Hal itu dapat membuat Anda sakit. Beralihlah dengan rajin minum air hangat. Anda bisa mencampur jahe, atau lemon dan madu untuk menghindari penyakit dan membuat tubuh lebih hangat.

6.    Olahraga
Saat musim hujan, tetap jaga kesehatan tubuh dengan olahraga ringan di rumah. Lakukan gerakan ringan seperti sit up, push up, skipping atau berdayakan alat fitness yang ada di rumah Anda agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

7.    Kurangi merokok
Merokok biasanya akan menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Padahal saluran pernapasan merupakan jalur utama yang pertama kali diserang oleh virus flu. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, maka kurangilah menghisap rokok.

8.    Bersihkan kaki setiap habis bepergian
Kaki berfungsi untuk berjalan yang menyebabkan banyak kuman menempel. Apalagi ketika musim hujan, genangan air yang kotor bisa membuat kaki terkena penyakit air, seperti kutu air. Untuk itu, Anda harus rajin mencuci kaki setelah berpergian. Agar lebih efektif menghilangkan kuman, Anda bisa rendam kaki dalam air hangat, diamkan selama 5 menit, kemudian cuci dengan sabun antiseptik. Cara ini bagus untuk memerangi penyakit.

9.    Jaga kebersihan rumah
Musim hujan identik dengan penyakit, khususnya demam berdarah. Karena banyaknya genangan air tempat nyamuk berkembang biak. Untuk itu, Anda tidak boleh lupa untuk membersihkan rumah lebih rajin dari biasanya. Tidak menumpuk sampah, dan tutup tempat genangan air.

10.  Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar dapat terhindar dari sakit. Meminum langsung vitamin C ataupun mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi merupakan pilihan yang tepat.

Datangnya musim hujan merupakan faktor risiko untuk terjadinya penyakit. Jangan sampai aktivitas dan pekerjaan Anda terganggu. Hendaknya kita bisa menjaga kesehatan agar tetap sehat selama musim hujan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: