SEHAT TANPA MIGRAIN

Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan kondisi yang sangat menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Migrain adalah sakit kepala intens yang dapat berlangsung selama beberapa jam bahkan berhari-hari.

Sakit kepala migrain disebabkan oleh terjadinya suatu kombinasi antara vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan dilepaskannya suatu zat kimia dari serat – serat saraf yang menyelimuti pembuluh darah tersebut. Saat migrain menyerang, arteri temporal (arteri yang berjalan disekitar pelipis) akan melebar. Pelebaran ini akan menyebabkan terjadinya peregangan pada serat saraf disekitar arteri sehingga merangsang serat saraf ini melepaskan zat kimia. Zat ini akan menyebabkan terjadinya peradangan, dan rasa sakit yang luar biasa.

Gejala Migrain :
1.    Rasa sakit sedang sampai parah, yang terbatas pada satu sisi kepala atau mungkin berefek pada dua sisi
2.    Sakit kepala yang berdenyut
3.    Sakit kepala menjadi parah ketika melakukan aktivitas fisik
4.    Rasa sakit mempengaruhi aktivitas rutin Anda
5.    Mual dengan atau tanpa disertai muntah
6.    Sensitif terhadap cahaya dan suara

Ada dua macam migrain, yaitu: migrain tanpa aura atau migrain biasa yang sering dialami oleh banyak orang, dan migrain dengan aura atau migrain klasik yang dialami oleh beberapa orang. Aura terdiri dari perubahan penglihatan, seperti saat melihat pancaran sinar, dan perasaan menusuk pada lengan atau kaki.

Anda mungkin merasakan beberapa sensasi firasat (prodrome) berikut ini beberapa jam atau beberapa hari sebelum Anda mengalami serangan migrain ini:
1.    Merasa gembira atau energi yang lebih
2.    Mengidamkan rasa manis
3.    Haus
4.    Mengantuk
5.    Sifat lekas marah

Penyebab Migrain :
1.    Konsumsi makanan tertentu seperti coklat, keju yang terlalu lama disimpan, donat, pizza, Aspartam atau pemanis buatan, makanan yang banyak mengandung MSG, minuman beralkohol seperti bir dan red wine atau kandungan kafein yang terdapat pada kopi.
2.    Pada wanita, penurunan kadar hormon estrogen dalam darah saat menstruasi.
3.    Cahaya yang terlalu terang, suara yang terlalu keras, atau bau tertentu yang sangat menyengat seperti bau parfum, tiner cat, dan asap rokok.
4.    Perubahan pola tidur (tidur dengan jangka waktu tidur terlalu lama hingga kurang tidur).
5.    Kurang atau terlalu banyak melakukan aktivitas fisik.
6.    Stres di tempat kerja atau di rumah.
7.    Rasa lapar.
8.    Faktor genetik.

Pengobatan Migrain :
1.    Pengobatan alami :
       Bila memungkinkan, redakan migrain dengan  istirahat di tempat gelap dan tenang. Jauhi  keramaian dan cahaya terang.  
       Kompres kepala dengan es atau air dingin. Berbaringlah dengan posisi nyaman dan gosok kompres es di bagian yang sakit.
       Olahraga teratur, seperti jalan santai.
       Tidur yang teratur, makan teratur, menghindari stress dan makanan pemicu migrain.
       Teknik pijatan tertentu juga dapat membantu mengatasi migrain.
       Makan makanan kaya magnesium seperti beras merah, tomat, kacang-kacangan, biji-bijian, kentang dan sayuran hijau.
       Minum teh jahe hangat.
       Hindari dehidrasi dengan minum 8 gelas air putih, karena kurang cairan memicu migrain.

2.    Obat-obatan sesuai petunjuk dokter :
       Pengobatan alamiah harus dilakukan lebih dulu sebelum menggunakan obat-obatan.
       Sebaiknya gunakan obat jangka pendek dengan dosis serendah mungkin.
       Untuk penderita migrain ringan yang jarang kambuh, obat-obat anti nyeri (analgesik) seperti parasetamol, aspirin, ibuprofen, naproxen, maupun asam mefenamat bisa digunakan.
       Jika pengobatan tidak berhasil untuk Anda pada masa yang lalu, lebih baik berkonsultasi pada dokter untuk mencoba pengobatan medis yang lain. Obat yang tepat dipadu dengan kepedulian terhadap diri sendiri dan perubahan gaya hidup dapat membuat perubahan yang luar biasa untuk mengatasi migrain.

Pencegahan Migrain :
1.    Hindari pemicu. Jika makanan tertentu sepertinya memicu sakit kepala Anda di masa lalu, hindari makanan tersebut. Terapkan rutinitas harian Anda dengan pola tidur teratur dan pola makan yang teratur.
2.    Konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin B kompleks, omega 3, ekstrak jahe, dan magnesium.
3.    Tidak dipungkiri, salah satu penyebab migrain adalah karena pikiran yang berat. Untuk itu, cobalah untuk menenangkan pikiran Anda. Lakukan relaksasi pikiran, misalnya dengan melakukan hobi Anda, berkebun, mendengarkan musik atau kegiatan lain yang menyenangkan untuk Anda.
4.    Olahraga secara teratur. Olahraga yang dipilih sebaiknya adalah olahraga dengan aktivitas fisik yang ringan, misalnya berjalan kaki, aerobik, berenang, atau bersepeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: