Manfaat Madu Bagi Kesehatan

manfaat madu

Madu adalah zat manis alami yang dihasilkan lebah dengan bahan baku nektar bunga. Madu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Khasiat madu sudah diketahui sejak zaman dahulu. Di Mesir kuno, Ratu Cleopatra, menggunakan madu untuk perawatan kecantikan dan kesehatan.

Pada awalnya, madu hanya digunakan sebagai pemanis alami makanan saja, namun seiring penemuan-penemuan manfaat madu lainnya, madu telah digunakan untuk kesehatan juga. Dari penelitian telah disebutkan bahwa madu memiliki kandungan alami seperti antioksidan, antibakteri, vitamin B, C, dan masih banyak lagi kandungan madu lainnya. Karena banyak sekali kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh sayang sekali jika kita hanya menggunakannya sebagai pemanis makanan saja.

Berikut adalah berbagai manfaat madu bagi tubuh manusia :
1.  Sebagai Antioksidan Alami
Kandungan flavonoid dalam madu, sangat bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk membantu mengurangi resiko berbagai jenis penyakit, seperti kanker dan jantung. Infeksi di kulit, bintik-bintik merah, dan luka kecil juga cepat sembuh jika kita mengonsumsi madu secara rutin. 

2.  Sebagai Sumber Energi
Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani kuno selalu minum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk stamina dan pemulih energi. Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan, karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan.

3.  Obat Luka
Madu bisa dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama bila kulit terluka akibat luka gores, luka bakar, dan luka lainnya. Madu memiliki sifat antiseptik yang dapat mencegah infeksi dan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri. Antibakteri pada madu juga memiliki sifat anti jamur sehingga efektif mengobati ganguan kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, seperti panu, kadas, kurap.

4.  Mengobati batuk dan radang tenggorokan
Madu sudah digunakan berabad-abad untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Kandungan antibakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

5.  Melancarkan Sistem Pencernaan
Madu bisa membantu melancarkan sistem pencernaan karena dapat meningkatkan mikroflora di dalam usus. Mikroflora adalah mikroorganisme yang menjadi pemegang peranan penting dalam memperlancar sistem percernaan tubuh.

6.  Baik untuk diet
Segelas air hangat yang ditambah 1 sendok teh  madu dan lemon adalah minuman sehat di pagi hari. Karena sifat madu yang dapat mengikis lemak tanpa mengurangi energi, sementara gula alami pada buah lemon mencegah Anda dari rasa kelelahan ketika beraktivitas.

7.  Perlindungan Bibir
Madu juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan bibir yang pecah-pecah serta mengalami keriput, sehingga akan terasa lebih lembut dan halus.

8.  Mengobati sariawan
Jika Anda terkena sariawan, oleskan madu pada tempat yang terkena sariawan setiap hari, agar lekas sembuh.

9.  Memelihara Kecantikan Kulit
Anda bisa melakukan dua cara sekaligus dalam mengonsumsi madu. Meminumnya secara
berkala dan mengoleskan madu pada kulit atau campurkan dengan bahan-bahan alami lainnya. Nutrisi yang ada di dalam madu seperti magnesium, potassium dan kalsium berkontribusi dalam regenerasi kulit yang mendorong sel untuk menciptakan kulit sehat dan indah.

10.   Mengatasi Jerawat
Untuk menghilangkan jerawat Anda dapat mengoleskan madu pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit lalu bilas. Kandungan anti bakterinya berkhasiat membunuh jerawat dan membersihkan noda.

Ada banyak manfaat madu yang bisa kita peroleh. Mengonsumsi madu secara rutin sangat dianjurkan agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: