Waspada Demam Berdarah Dengue

Mencegah DBDPenyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan nasional di Indonesia. Lingkungan alam tropis, sanitasi dan kebersihan yang buruk serta rendahnya kesadaran masyarakat, menjadi alasan utama maraknya kejadian demam berdarah setiap tahunnya di tanah air.

Demam berdarah dengue disebabkan oleh infeksi virus dengue yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti betina lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia. Penyakit ini tergolong penyakit demam akut yang masuk ke peredaran darah manusia.

Gejala DBD :

  • menggigil, nyeri kepala, nyeri saat menggerakan bola mata dan nyeri punggung pada awal-awal gejala.
  • Demam tinggi secara tiba-tiba selama kurang lebih 2 hingga 7 hari (38-40 derajat celcius).
  • Badan terasa pegal dan adanya rasa nyeri pada sendi.
  • Wajah kemerahan
  • Nyeri perut, mual, muntah
  • Muncul bintik-bintik merah, tetapi hal ini tidak selalu terjadi pada setiap kasus.
  •  Trombosit dan leukosit darah turun, serta adanya peningkatan hematokrit.
  • Jika sudah tingkat lanjut, biasanya terjadi mimisan dan gusi berdarah.

Jika ada anggota keluarga Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapat pengobatan. Jangan biarkan demam terlalu lama karena dapat mengakibatkan terlambat untuk ditolong. Untuk lebih pastinya, Anda dapat melakukan cek darah.

Pemeriksaan Laboratorium
Diagnosa ditegakkan dari gejala klinis dan hasil pemeriksaan darah :
– Trombositopenia, jumlah trombosit kurang dari 100.000/mm3
Hemokonsentrasi, jumlah hematokrit meningkat paling sedikit 20% di atas rata-rata

Pengobatan yang dilakukan
– Pemberian cairan tubuh lewat minuman atau elektrolit untuk mencegah dehidrasi
– Konsumsi obat yang mengandung acetaminofen untuk mengurangi nyeri dan menurunkan demam serta banyak istirahat
– Bagi pasien dengan demam berdarah yang lebih parah, akan sangat disarankan untuk menjalani rawat inap di rumah sakit, pemberian infus dan elektrolit untuk mengganti cairan tubuh, serta transfusi darah akibat pendarahan yang terjadi

Makanan dan Minuman yang membantu mempercepat penyembuhan Demam Berdarah: 1. Jeruk
Buah jeruk diperkaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan zat antibodi tubuh. Hal ini pada akhirnya akan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, buah jeruk juga bisa membantu kesehatan pencernaan penderita demam berdarah.
2. Daun pepaya
Menurut para dokter, daun pepaya adalah makanan yang baik bagi pasien DBD karena dinilai efektif dalam melawan virus demam berdarah. Mengonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara alami dalam mengobati penyakit demam berdarah.
3. Teh herbal
Para penderita demam berdarah juga disarankan untuk mengonsumsi teh herbal. Teh herbal merupakan salah satu minuman terbaik untuk meredakan demam. Teh herbal yang dibuat dari jahe atau kapulaga dapat membantu sebagian besar penderita.
4. Air kelapa
Pasien demam berdarah biasanya rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, minum air kelapa merupakan cara yang baik untuk mengisi ulang mineral dan elektrolit yang hilang ketika tubuh mengalami dehidrasi.
5. Jus Sayuran
Salah satu makanan terbaik untuk demam berdarah adalah jus wortel segar, mentimun dan sayuran berdaun hijau lainnya. Para ahli menyatakan bahwa jus sayuran organik mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat mempercepat kesembuhan pada pasien demam berdarah.
6. Jus Buah
Memenuhi sejumlah Vitamin C dari makanan untuk penderita demam berdarah adalah suatu keharusan. Vitamin C penting untuk sistem kekebalan tubuh. Anda bisa membuat jus buah yang banyak mengandung Vitamin C seperti jeruk, stroberi, jambu merah biji, kiwi dan pepaya.
7. Jus Lemon
Untuk membantu menghilangkan racun akibat virus dengue, jus lemon adalah makanan terbaik untuk demam berdarah. Jus lemon akan membantu untuk mengeluarkan virus melalui urin dan dengan demikian dapat membantu mengurangi beban pada tubuh.
8. Bubur
Ketika Anda mencoba untuk melawan virus penyebab demam berdarah, salah satu makanan terbaik adalah bubur. Mengkonsumsi bubur akan membantu untuk memberikan kekuatan kepada pasien demam berdarah. Bubur termasuk makanan yang paling mudah dicerna dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Pencegahan Demam Berdarah Dengue
Virus dengue ditularkan pada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Cara mencegah demam berdarah dengue yang efektif adalah pengendalian vektor penyakit yaitu nyamuk Aedes agypti dengan cara :
1.  Fogging, atau pengasapan insektisida.
2.  Pencegahan gigitan nyamuk dengan menggunakan kelambu, lotion atau obat anti nyamuk yang dioleskan ke kulit. Beberapa tanaman seperti zodia, geranium dan lavender dapat mencegah gigitan nyamuk.
3.  Pemberian obat-obatan pembasmi larva, seperti abate, pada tempat penampungan air.
4.  Pemberantasan sarang nyamuk, seperti yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui program 3 M : menguras bak air, menutup tempat yang mungkin menjadi sarang berkembang biak nyamuk, mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air.

Demam Berdarah Dengue akan selalu ada sepanjang tahun. Tindakan pencegahan dan selalu waspada terhadap penyakit ini dapat melindungi orang-orang yang Anda kasihi dari bahaya penyakit DBD.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: