Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Maag

sakit maagLambung adalah salah satu organ tubuh bagian dalam yang penting. Organ ini seperti sebuah kantong yang memiliki beberapa fungsi penting. Salah satu fungsi penting lambung yang telah secara umum diketahui yaitu sebagai tempat untuk mencerna makanan. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatannya jika tidak, lambung akan mengalami masalah dan tidak dapat berfungsi secara optimal. Penyakit yang sering terjadi pada lambung adalah maag.

Penyakit maag atau biasa dikenal dengan gastritis merupakan penyakit yang timbul karena adanya gangguan pada lambung yang disebabkan meningkatnya kadar asam lambung. Peningkatan asam lambung dalam waktu yang lama akan beresiko pada terjadinya radang lambung atau tukak lambung sehingga bagi penderita akan mengalami rasa sakit pada lambung dan ulu hati yang biasanya disertai rasa mulas dan perih pada bagian perut.

Penyebab Sakit Maag :

1.  Pola makan yang tidak teratur

2.  Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam

3.  Terlalu banyak makan makanan berminyak dan berlemak

4.  Mengonsumsi obat-obatan tertentu

5.  Mengonsumsi minuman beralkohol, bersoda, kopi

6.  Terdapat mikroorganisme yang merugikan

7.  Pola tidur yang tidak teratur, merokok dan stress

Maag secara garis besar ada 2 jenis, yaitu :
1. Maag Akut
Maag akut sering terjadi pada mereka yang selalu disibukkan dengan pekerjaan setiap harinya, bahkan waktu istirahat pun dihabiskan untuk bekerja, waktu atau jam makan sering dilewatkan hingga banyak energi yang keluar dari tubuh tanpa asupan yang seimbang masuk ke dalam tubuh.
2. Maag Kronis
Maag Kronis merupakan sakit maag yang dapat mengakibatkan kondisi tubuh semakin menurun dari segi berat badan, dan dapat mengakibatkan muntah darah bagi penderitanya. Jika ini dibiarkan tanpa melakukan pengobatan maka kemungkinan proses penyembuhan sangat sulit. Karena penyembuhan maag kronis tidak bisa disembuhkan secara total.

Jenis penyakit maag berdasarkan tingkat keparahan :
1.    Maag Ringan
Sakit maag ringan hanya mengalami produksi asam lambung yang tinggi saja. Maag jenis ini bisa diatasi dengan memperbaik pola makan dan istirahat.
2.    Maag Sedang
Maag sedang, sudah menyebabkan nyeri, mual dan muntah yang berlebihan.
3.  Maag Kronis
Sakit maag kronis sudah dalam kondisi yang parah intensitasnya dibandingkan dengan maag sedang, pada tahapan ini memungkinkan terjadinya peradangan atau luka pada mukosa lambung.
4.    Kanker lambung
Kanker lambung merupakan penyakit pada lambung yang disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang merugikan, mikroorganisme tersebut biasa disebut Helycobacter pylori.

Cara Mengatasi Sakit Maag :

1.  Perbaiki Pola Makan

Penyebab utama sakit maag adalah pola makan yang tidak teratur. Oleh karena itu pola makan yang teratur sangat dianjurkan untuk mengatasi sakit maag.

2.  Hindari Minuman Pemicu Produksi Asam Lambung

Selain menjaga pola makan, Anda juga harus menghindari minuman yang dapat memicu asam lambung seperti, minuman beralkohol, minuman bersoda dan kopi.

3.  Makanan Berserat

Makanan berserat sangat baik untuk pencernaan terutama untuk orang yang menderita sakit maag. Pada saat maag, sebaiknya konsumsi makanan yang lunak agar mudah dicerna. Adapun beberapa jenis makanan yang disarankan untuk anda penderita maag yaitu pisang, pepaya, kentang, sayur-sayuran, bubur, dan masih banyak lagi.

4.  Istirahat

Istirahat yang cukup dapat membantu mengatasi sakit maag. Selain istirahat, pola tidur juga perlu diperhatikan. Usahakan tidur selama 8 jam.

5.  Hindari Stress

Sakit maag juga bisa disebabkan oleh stress. Oleh karena itu usahakan untuk menghindari hal yang dapat menyebabkan stress.

6.  Obat-obatan

Obat maag adalah obat yang mengandung bahan-bahan yang efektif menetralkan asam lambung dan tidak diserap ke dalam tubuh sehingga cukup aman digunakan (sesuai anjuran pakai tentunya), misalnya Antasida : Promag, Mylanta, dll. Antacid berfungsi menetralkan asam lambung sehingga cepat mengobati gejala.

Untuk memilih obat maag yang tepat adalah dengan mengetahui pencetus timbulnya sakit maag. Selanjutnya kita dapat melakukan pencegahan terhadap pencetus tersebut. Pada saat terjadinya sakit maag, minum obat yang dapat menetralisir asam lambungnya supaya gejalanya dapat berkurang. Namun, jika keluhan berlanjut, segera ke dokter untuk memastikan penyakit yang Anda alami.

Cara Mencegah Penyakit Maag :
Upaya mencegah maag dimulai dari menjaga pola makan yang seharusnya. Jumlahnya sesuai dengan kebutuhan, jenisnya juga beragam, dilengkapi dengan jadwal yang teratur. Sesuai dengan yang terangkum dalam gerakan 3T (Tepat waktu, Tepat nutrisi, dan Tepat solusi).
1.  Tepat waktu
Pada umumnya, masalah-masalah ataupun penyakit lambung timbul akibat seseorang telat makan.
Maka dari itu, menjaga pola makan tepat waktu setiap hari merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghindari terjadinya masalah pada lambung. Aturlah jadwal makan seperti membiasakan sarapan antara pukul 06.00 hingga 08.00 pagi. Jam makan siang dapat dimulai pada pukul 12.00 hingga 13.00, sementara makan malam diupayakan jangan di atas pukul 20.00.
2.  Tepat nutrisi
Tepat nutrisi adalah tidak makan secara berlebihan atau kekurangan. Makan secara berlebihan dapat menyebabkan kegemukan, sementara bila kekurangan energi tubuh akan lemah dan tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik.
3.  Tepat solusi
Tepat solusi adalah tidak mengunyah makanan dengan terburu-buru karena akan membebani saluran cerna. Saat makan sebaiknya mengunyah makanan hingga halus sebelum ditelan, makan dengan posisi duduk tenang, tidak langsung melakukan kegiatan berat setelah makan, dan lain-lain.

Hal utama yang perlu diperhatikan supaya terhindar dari penyakit maag adalah dengan menjaga pola hidup yang teratur, istirahat cukup dan terutama pola makan yang sehat. Apapun kesibukan yang sedang Anda lakukan, usahakanlah makan secara teratur dan tepat waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: