Cara Mencegah Penyakit Typus

TypusPenyakit Typus atau demam typoid merupakan salah satu masalah serius bagi kesehatan masyarakat di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Penyakit typus adalah penyakit infeksi akut usus halus yang disebabkan bakteri Salmonella Typhi yang masuk melalui makanan atau minuman yang tercemar. Sebagian kuman dihancurkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus dan mencapai limpa, jaringan limfoid, hati dan bagian-bagian lain. Pada organ tersebut bakteri berkembang biak dan mengeluarkan toksin sehingga terjadi peradangan yang mengakibatkan demam dan gejala-gejala lainnya.

Gejala Penyakit Typus
     Demam dengan suhu tubuh yang terus meningkat sampai >38 derajat Celcius khususnya pada  sore dan malam hari, akan turun pada pagi hari, dan ini terjadi terus-menerus.
     Berkurangnya nafsu makan bahkan akan hilang nafsu makan, sehingga tubuh menjadi lemas
     Sakit kepala, menggigil, keringat dingin
     Sakit tenggorokan, nyeri di perut
     Otot terasa pegal dan nyeri
     Perubahan pola BAB (bisa mengalami diare saja atau justru sulit BAB)
     Mual, muntah, lidah bagian tengah berwarna putih dan bagian tepinya berwarna merah, denyut nadi melambat
     Timbulnya bercak merah di daerah perut dan dada
     Pada keadaan yang berat penderita bertambah sakit dan kesadaran mulai menurun
     Penyakit tifus yang tidak tertangani dengan baik, atau diketahui dalam keadaan sudah parah dapat menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya, baik di usus maupun di organ selain usus. Misalnya terjadi perdarahan usus, atau bahkan usus bisa berlubang.

Pengobatan Penyakit Typus Serta Penanganannya
Dalam pengobatan typus, hal yang terpenting adalah mendeteksi gejalanya kemudian mengobatinya sedini mungkin agar dapat mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. Jika penderita mengalami demam yang tinggi secara terus – menerus dan berlangsung lebih dari 5 sampai 7 hari, atau muncul gejala-gejala yang berhubungan dengan komplikasi penyakit typus, sebaiknya segera ke rumah sakit.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan penderita typus antara lain:
     Memberikan makanan yang mudah dicerna, misalnya bubur atau nasi tim, kentang rebus, roti tawar, telur rebus, sup ayam, tahu, tempe, sayuran yang rendah serat seperti wortel, labu siam, kacang panjang. Minum susu sangat disarankan untuk penderita typus.
     Jangan memberi makanan yang mengandung serat tinggi, dan hindari memberi makanan yang asam atau pedas karena hanya akan menimbulkan iritasi pada usus yang bisa jadi mengarah pada perdarahan usus.
     Supaya cepat sembuh, penderita harus lebih banyak beristirahat di tempat tidur.
     Perbanyak asupan cairan, khususnya minum air putih. Saat demam, tubuh memerlukan banyak sekali air untuk mengganti cairan yang hilang.

Cara Mencegah Penyakit Typus
     Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup (tidur 7-8 jam sehari), dan olahraga teratur
     Mencuci tangan sebelum makan
     Hindari konsumsi makanan yang tidak higienis
     Jika Anda pernah mengalami penyakit typus, sebaiknya jangan melakukan pekerjaan yang terlalu melelahkan sebab akan mudah kambuh jika dibandingkan dengan orang yang belum pernah terkena penyakit typus
     Untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan bakteri Salmonela, sebaiknya  melakukan vaksinasi typus
     Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dengan cara tidak sembarangan membuang sampah, membersihkan selokan air, meningkatkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta mengurangi populasi lalat
     Sterilisasi pakaian, bahan, dan alat-alat yang digunakan penderita typus dengan menggunakan antiseptik

Kuman mempunyai banyak cara untuk berpindah, bisa melalui tangan, percikan ludah, sekresi hidung, benda-benda mati, alat-alat makan, feses, kontak langsung, makanan, keracunan makanan dan darah. Agar tidak mudah sakit, mari terapkan pola hidup sehat dan menjaga lingkungan bersih dan sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: