CARA ALAMI AGAR AWET MUDA

awet mudaTerlihat awet muda adalah keinginan banyak orang. Namun seiring bertambahnya usia, tentu fisik sesorang pun akan bertambah tua. Banyak orang yang ingin mempertahankan fisiknya agar tetap terlihat awet muda, sebagian orang menggunakan cara-cara instan seperti melakukan operasi plastik atau suntik botox. Padahal solusi agar selalu terlihat awet muda tidaklah harus melakukan cara tersebut, lebih baik awet muda dengan cara alami.

Supaya kulit kita senantiasa awet muda, ada langkah-langkah mudah yang bisa diterapkan ke dalam gaya hidup kita sehari-hari :

1.  Minum air putih
Minumlah 8 gelas air putih setiap hari untuk mencegah kekeringan pada kulit. Air akan menjaga kelembaban kulit serta mencegah terbentuknya kulit pecah-pecah atau kering. Selain itu, air juga akan membantu mengeluarkan toksin yang ada di dalam tubuh, baik melalui keringat, feses, maupun urin.

2.  Makan makanan yang berserat
Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, karena banyak makan sayur dan buah bisa menghindari kulit kering sehingga membuat kulit sehat dan badan terlihat awet muda dan segar. Tomat, wortel, apel, strawberry, pisang dan jeruk mengandung antioksidan alami yang dapat membantu mengeluarkan atau melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh melalui lingkungan atau makanan yang dikonsumsi.

3.  Minum susu
Susu merupakan sumber kalsium terbaik yang bermanfaat memperkuat tulang sehingga tidak cepat keropos. Asam lemak susu berkhasiat menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Anda juga bisa mencoba minum susu kedelai satu gelas setiap hari. Susu kedelai mengandung lesitin yang berfungsi mendorong regenerasi sel agar kesehatan kulit selalu terjaga. Jika tidak suka susu, gantilah dengan mengonsumsi bayam dan brokoli.

4.  Menjauhi racun
Terlalu banyak merokok, gula, alkohol dan kafein adalah penyebab utama penuaan dini. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas hidup Anda dan memperlambat penuaan, jauhi gaya hidup tidak sehat ini.

5.  Istirahat yang berkualitas
Tidur adalah istirahat yang paling baik. Untuk memberikan kesempatan pada tubuh memperbaiki sel, lakukan istirahat dengan tidur malam sekitar 7-8 jam. Pada saat tidur tubuh melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak atau mati, termasuk kulit wajah. Tidur yang cukup akan membuat fungsi tubuh menjadi optimal.

6.  Olahraga yang teratur
Olahraga secara teratur berfungsi untuk membakar lemak dan memperlancar sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga, fungsi organ tubuh akan optimal dan daya tahan tubuh semakin meningkat. Manfaat olahraga sangat membantu untuk mengeluarkan zat-zat racun dan sel kulit mati melalui keringat. Walaupun Anda sangat sibuk jangan lupa olahraga meski hanya seminggu sekali asalkan rutin, karena olahraga dapat membuat badan menjadi sehat dan terlihat segar.

7.  Rajin mandi
Jangan lupa mandi dua kali sehari, karena kita harus merawat kebersihan badan agar tetap wangi dan sehat. Apalagi mandi di pagi hari bisa membuat badan segar dan awet muda. Karena mandi pagi baik untuk kesehatan wajah agar terlihat segar. Mandi dan membersihkan wajah sebelum tidur dapat membantu menyingkirkan kotoran yang terakumulasi setiap harinya.

8.  Cuci muka dengan rutin dan benar
Cuci bersih wajah Anda dengan menggunakan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cucilah wajah di pagi hari dan malam hari. Bilas dan keringkan wajah dengan handuk bersih.

9.  Jangan terlalu sering berada di bawah sinar matahari
Terlalu sering terpapar sinar UV dari matahari dapat membuat kulit Anda mengalami penuaan dini, karena lebih cepat berkerut dan bernoda. Hal ini karena sinar UV yang menembus permukaan kulit merusak serat-serat elastin di dalam kulit yang berfungsi menjaga elastisitas kulit. Perlindungan kulit terhadap sinar UV merupakan salah satu kunci utama dari kulit agar tampak awet muda. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock atau pelembab yang mengandung SPF sebelum kulit terpapar sinar matahari.

10.  Jangan stress
Stress merupakan salah satu penyebab utama dari proses penuaan dini, cepat lelah, dan memicu berbagai penyakit dalam yang serius. Terlalu banyak pikiran dan membuat Anda stress sehingga bersikap marah-marah, bisa mempengaruhi raut wajah Anda sehingga mempercepat penuaan pada wajah. Selingi pembicaraan yang lucu yang bisa membuat Anda tertawa dengan teman, atau cari hiburan bersama keluarga tercinta.

Waktu tak mungkin diputar kembali. Sama halnya dengan umur seseorang, tak mungkin kembali muda. Namun dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda bisa tetap terlihat muda meski usia terus bertambah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: