MANFAAT TOMAT UNTUK KESEHATAN

TomatMakanan sehat tidak selalu identik dengan makanan mahal. Mengonsumsi sayur dan buah justru lebih baik dan lebih sehat, serta lebih murah. Salah satu buah yang harganya relatif terjangkau, namun memiliki manfaat luar biasa adalah tomat.

Satu sajian tomat mentah (sekitar 150 gram) mengandung vitamin A, C, K, folat, dan kalium. Tomat secara alami rendah akan sodium, lemak jenuh, kolesterol, dan kalori. Tomat juga mengandung tiamin, niasin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan tembaga, di mana semua kandungan tersebut sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain itu, seporsi tomat menyediakan 2 gram serat, yang merupakan 7 persen dari jumlah asupan serat harian yang disarankan. Tomat juga memiliki kandungan air yang relatif tinggi.

Berikut ini adalah manfaat tomat untuk kesehatan :

1.  Sumber Antioksidan 
Tomat mengandung vitamin A dan C, beta carotene, dan lycopene yang tinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari zat radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya, karena secara perlahan dapat merusak sel jaringan tubuh sehingga menyebabkan berbagai jenis penyakit.

2.  Menjaga Level Gula Darah
Tomat mengandung mineral penting yakni kromium, yang berguna untuk menjaga tingkat gula darah tetap stabil, sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula di dalam darahnya.

3.  Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan Kalium dan Vitamin B pada tomat, dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kedua senyawa ini dapat membantu Anda mencegah stroke, serangan jantung dan gangguan jantung lainnya yang mematikan.

4.  Mencegah Kanker
Berbagai penelitian berhasil mengungkap jika tomat dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat dan usus besar. Hal ini disebabkan karena adanya lycopene yang menjadi antioksidan alami untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

5.  Menjaga Kesehatan Tulang
Tomat mengandung Vitamin K dan kalsium yang berguna untuk memperbaiki jaringan tulang yang rusak serta mencegah osteoporosis.

6.  Menjaga Kesehatan Kulit
Mengonsumsi tomat secara teratur dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit. Beta carotene yang terkandung dalam buah tomat, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Buah tomat juga mengandung lycopene, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

7.  Mengurangi Efek Merokok
Jika Anda adalah mantan perokok, jangan malas makan tomat. Sebab tomat mengandung asam chlorogenic dan coumaric yang merupakan agen pelawan karsinogen, yakni zat berbahaya dalam rokok yang dapat mengakibatkan kanker.

8.  Mengatasi Anemia
Lemah, letih dan lesu adalah beberapa tanda-tanda ketika seseorang mengidap anemia atau penyakit kurang darah merah. Tidak perlu buru-buru membeli obat atau suplemen penambah darah yang mahal, tapi cukup dengan memakan dua buah tomat sehari. Tomat mengandung banyak zat besi yang memiliki tugas penting dalam meningkatkan sel darah merah.

9. Menyehatkan Mata
Tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Vitamin A dalam tomat memiliki peran dalam memperbaiki penglihatan dan membantu mencegah rabun senja.

10. Rambut Sehat
Selain baik untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A pada tomat juga baik bagi rambut. Makan tomat secara rutin akan membuat rambut tetap kuat dan sehat.

Konsumsi tomat adalah pilihan bijak untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Mulailah mengonsumsi tomat dari sekarang, dan dapatkan segala manfaat hebat dari tomat bagi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: