Mencegah Diare Dengan Kebiasaan Sehat

Diare

Banyaknya makanan yang dijual murah dengan tampilan hidangan menarik, menyebabkan banyak orang terkadang tanpa mawas diri langsung menyantap hidangan yang sudah di depan mata, padahal belum tentu makanan tersebut bersih dan sehat. Jika hal ini terus dilakukan, maka penyakit diare akan mudah hinggap di tubuh Anda.

Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar dengan konsistensi lembek atau cair, bahkan dapat berupa air saja dan frekuensinya lebih sering (biasanya tiga kali atau lebih) dalam satu hari.

Penyebab Diare :
1.    Mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh virus, bakteri, parasit
2.    Keracunan makanan akibat mengonsumsi daging mentah, buah-buahan, dan sayuran yang tidak dicuci dengan bersih
3.    Alergi terhadap makanan atau obat tertentu
4.    Menggunakan sumber air yang tercemar untuk diminum
5.    Tidak memasak air dengan benar
6.    Mencuci peralatan makan dan minum tidak bersih
7.    Makan makanan yang asam, pedas, atau bersantan sekaligus secara berlebihan
8.    Mengonsumsi produk yang mengandung pemanis buatan
9.    Tidak mencuci tangan dengan bersih sebelum makan
10.  Rasa stres, rasa cemas dan takut yang berkepanjangan

Upaya Penyembuhan Diare
Jika diare menyerang, sebaiknya melakukan hal-hal seperti berikut :
1.    Banyak minum air putih
2.    Minum oralit, pedialyte, atau jus apel untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang
3.    Untuk sementara jangan mengonsumsi produk yang mengandung susu seperti keju, dan es krim
4.    Hindari makanan tertentu seperti makanan pedas, makanan berlemak, makanan tinggi serat atau makanan lainnya yang membuat gejala lebih buruk
5.    Konsumsi makanan seperti roti tawar, bubur, sup, pisang, apel, wortel, kentang rebus, jambu biji merah
6.    Minum obat diare dengan dosis yang tepat
7.    Istirahat yang cukup

Berikut ini beberapa kebiasaan sehat yang dapat membantu Anda terbebas dari Diare:
1.    Jaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan dengan sabun hingga bersih setiap sebelum dan sesudah mengolah makanan, sebelum makan, setelah bepergian, dan setelah dari toilet.
2.    Hindari membeli makanan yang beredar di pinggir jalan. Usahakan makan makanan yang berada di tempat yang bersih dan memiliki jenis makanan yang mengandung nilai gizi dan pastikan makanan itu tidak basi.
3.    Jaga kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di sekitar rumah Anda, dengan membuang sampah pada tempatnya, dan membersihkan selokan yang tersumbat oleh sampah, dan sebagainya.
4.    Selalu cuci sayuran dan buah sebelum dikonsumsi.
5.    Masak makanan hingga matang, terutama bahan makanan seperti daging, ayam, ikan maupun telur.
6.    Sebaiknya simpan makanan matang yang tidak habis dimakan dalam lemari es dan panaskan kembali terlebih dahulu jika ingin dikonsumsi kembali.
7.    Selalu konsumsi air minum dan air untuk memasak dalam kondisi matang atau sudah dimasak hingga mendidih, agar bakteri yang terdapat dalam air tersebut mati.
8.    Konsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, terutama protein, vitamin, mineral, dan air untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat sehingga terlindungi dari infeksi kuman penyakit.
9.    Berolahraga teratur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
10.  Segera atasi stres dengan cara yang tepat. Stres merupakan salah satu faktor penyebab diare. Terlalu memikirkan sesuatu secara berlarut-larut dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Segera hubungi dokter, jika Anda mengalami hal-hal berikut:
1.  Diare disertai darah
2.  Diare berlanjut lebih dari tiga hari
3.  Mengalami dehidrasi, yang ditandai dengan rasa haus berlebihan, bibir atau mulut kering,
kulit kering, tidak ada air mata ketika menangis, tidak ada buang air kecil selama 6-8 jam, atau urin berwarna gelap
4.  Demam (>38,5ºC) dan muntah-muntah parah seperti berdarah

Sebenarnya diare adalah bagian dari mekanisme metabolisme tubuh dalam menyingkirkan toksin di dalam tubuh kita. Namun diare juga tidak boleh disepelekan begitu saja, karena diare yang berlebihan dan tidak diatasi dengan cara benar, bisa berbahaya bagi kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: