Cara Sehat Menambah Berat Badan

Cara Sehat Menambah Berat BadanMemiliki bentuk tubuh ideal adalah dambaan bagi setiap orang, selain bagus untuk dilihat, memiliki tubuh ideal juga baik untuk kesehatan. Tubuh yang ideal adalah tubuh yang mempunyai berat badan seimbang dengan tinggi badannya. Bagaimana dengan Anda? Apakah telah memiliki berat badan yang ideal?

Jika saat ini Anda masih memiliki masalah dengan berat badan yang sangat kurang dari normal, tentu Anda harus mencari solusi supaya berat badan menjadi ideal.

Secara garis besar bertambahnya berat badan dipengaruhi oleh :
1.    Faktor gen/keturunan
Jika orang tua, kakek nenek dan saudara sepupu memiliki masalah dengan berat badan seperti terlalu kurus maka besar kemungkinan Anda kurus karena faktor gen.

2.    Faktor metabolisme tubuh
Kadang tubuh tetap kurus meski sudah mengonsumsi makanan dengan porsi yang banyak, maka besar kemungkinan ada yang salah dalam sistem metabolisme tubuh Anda.

3.    Faktor lain
Mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan nafsu makan turun, sehingga asupan energinya pun menjadi rendah. Hal ini terjadi bagi mereka yang mengidap penyakit infeksi kronis seperti TBC, gangguan hipertiroid, gangguan pencernaan dan penyerapan, kanker, dll.

Berikut ini adalah beberapa cara sehat untuk menambah berat badan :
1.    Atur pola makan
Perhatikan pola makan Anda selama ini, jika Anda sering terlambat makan sebaiknya segera diperbaiki. Selain bisa menimbulkan maag, terlambat makan juga menjadikan metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak teratur. Makanlah 3-5 kali sehari. Jika perlu, tambahkan makan malam sekitar 2-3 jam menjelang tidur. Makan menjelang tidur adalah cara menggemukan badan dengan cepat.

2.    Makanan untuk menambah berat badan
Untuk menambah berat badan, Anda harus mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi seimbang, yaitu makanan berprotein tinggi, karbohidrat tinggi, dan lemak sehat. Sumber protein dapat diperoleh dari susu, telur, dada ayam, daging segar, kacang hijau, kacang tanah, polong, kedelai dan olahannya. Sumber karbohidrat terbaik bisa Anda dapatkan dalam roti gandum, beras merah, dan ubi. Lemak sehat bisa didapat dari alpukat, minyak zaitun, kacang mete, hazelnut, almond, biji bunga matahari, dan beberapa jenis ikan seperti, salmon, sarden, makarel dan tuna.

3.    Minum susu
Minum susu 2 kali sehari. Susu kaya akan vitamin, mineral, protein dan lemak yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Minum susu sebelum tidur sangat membantu tubuh agar menjadi gemuk. Susu yang berprotein tinggi akan mudah terbentuk menjadi otot sewaktu kita tertidur.

4.    Ngemil diwaktu luang
Ngemil merupakan salah satu cara jitu untuk menaikkan berat badan. Konsumsilah cemilan yang mengandung lemak nabati dan protein tinggi seperti kacang tanah, kacang hijau, dan kedelai juga jus alpukat dan buah-buahan segar.

5.    Hindari merokok
Merokok merupakan salah satu penyebab susah gemuk, karena nutrisi dan vitamin yang ada pada kandungan makanan Anda tercampur nikotin yang kotor. Jika susah untuk berhenti secara total, lakukan secara bertahap untuk mengurangi efeknya.

6.    Olahraga
Berolahraga dapat membentuk badan menjadi sehat sehingga dapat menangkal berbagai penyakit yang merusak. Tubuh yang senantiasa bergerak akan membutuhkan asupan energi yang lebih daripada yang senantiasa terdiam, sehingga setelah olahraga biasanya nafsu makan akan bertambah.

7.    Istirahat cukup
Saat malam hari, sel-sel tubuh akan beregenerasi, selain berpengaruh pada metabolisme tubuh, istirahat cukup juga berpengaruh pada penggemukan badan. Waktu terbaik untuk tidur bagi seseorang yang ingin gemuk adalah sekitar jam 9 malam setiap harinya. Sebab pada waktu tersebut, badan kita sedang dalam metabolisme basal, kondisi yang terbaik untuk tidur.

8.    Periksa Kesehatan Anda
Jika sebelumnya badan Anda gemuk kemudian tiba-tiba menjadi kurus, maka cobalah periksa kesehatan Anda ke dokter. Karena bisa jadi Anda mengidap suatu penyakit yang menyebabkan badan Anda kurus.

Menambah berat badan bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Sebagian orang begitu mudah menaikkan berat badan namun sebagian yang lain berat badan tidak kunjung naik meskipun telah berusaha sekuat tenaga. Cara menggemukkan badan dapat berhasil dengan baik apabila ada niat yang keras di dalam seseorang yang mempraktikkannya. Jangan mudah menyerah dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: