Makanan Sehat Untuk Mencegah Rambut Rontok

Rambut KuatTidak hanya tubuh yang membutuhkan makanan. Rambut juga memerlukan makanan agar tumbuh menjadi rambut yang indah, sehat, berkilau, dan lebat. Masalah rambut yang sering dialami oleh banyak orang adalah kerontokan rambut.

Pada dasarnya, rambut rontok adalah hal yang normal. Namun menjadi tidak normal apabila kerontokan rambut diatas batas kewajaran. Rambut yang terus-menerus rontok setiap harinya tidak jarang membuat orang merasa khawatir karena takut mengalami kebotakan dini. Selain mengatasi rambut rontok dengan berbagai perawatan dari luar, ternyata makanan juga bisa membuat akar rambut semakin kuat.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai nutrisi penting untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dan tidak mudah rontok :
1.  Sayuran Hijau
Bayam, sawi dan brokoli adalah sayuran hijau yang mengandung zat besi, vitamin A dan vitamin C yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan sebum yang berfungsi sebagai pelembab alami untuk melembabkan dan memperkuat akar rambut.

2.  Ikan
Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang sehat untuk menyuburkan rambut. Omega 3 juga berkhasiat untuk membuat rambut bersinar dan halus.

3.  Seafood
Kandungan zinc yang sangat tinggi pada seafood seperti kerang, udang, kepiting dan tiram bisa membantu mencegah rambut rontok dan memperkuat akar rambut. Seafood juga dapat membangun sel-sel tubuh untuk menjaga hormon dalam penyerapan vitamin, yang baik untuk pertumbuhan rambut.

4.  Telur dan susu
Telur dan produk susu lainnya seperti yogurt merupakan cara yang baik untuk menambah jumlah protein bagi tubuh. Telur kaya akan nutrisi penting seperti selenium dan magnesium yang dapat membantu rambut mendapatkan kembali kekuatan dan elastisitasnya.

5.  Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang seperti kacang tanah, kenari, almond dan mete mengandung protein, besi, zinc, dan biotin yang merupakan nutrisi terbaik untuk membantu pertumbuhan rambut. Mengonsumsi kacang hijau dapat menyuburkan rambut dan menjaga kesehatan rambut.

6.  Kedelai
Kedelai memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Kedelai yang sering ditemui dalam bentuk tempe, tahu dan susu mengandung zat besi yang sangat berperan memperbaiki proses regenerasi hemoglobin. Jika memiliki hemoglobin yang cukup, maka tubuh akan terasa sehat dan bugar. Kulit kepala juga akan menerima stimulasi pertumbuhan rambut yang baik pula karena peredaran darah mengalir dengan lancar.

7.  Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan merawat rambut rontok.

8.  Pisang
Pisang membantu menambah asupan vitamin B bagi tubuh. Kandungan Vitamin B pada pisang membuat folikel rambut lebih sehat sehingga memastikan kelancaran aliran oksigen yang dibutuhkan kulit kepala.

9.  Tauge
Tauge memiliki kandungan zat silica yang sangat baik untuk rambut. Silika digunakan tubuh membantu menyerap vitamin dan mineral, serta membentuk sel-sel baru yang membuat rambut kuat dan sehat.

10. Wortel
Wortel bukan sekedar baik untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan beta-caroten yang dapat mencegah kerontokan rambut, mengatasi masalah ketombe dan memberikan keseimbangan alami untuk kulit kepala.

Penting diketahui untuk kesehatan rambut :

a.   Tak hanya faktor nutrisi, faktor perlakuan pada rambut juga kerap mengakibatkan kerontokan, contohnya: rambut yang sering terkena paparan hair dryer, curly iron, catok, dan pemakaian hair spray, gel rambut, pewarna rambut, serta cream styling yang memiliki kandungan bahan kimia keras.

b.   Terus-terusan berganti shampo atau conditioner. Gunakan shampo atau conditioner sekurang-kurangnya sepanjang enam bulan sebelum Anda mengambil keputusan untuk mencoba merk lain.

c.   Cahaya matahari yang berlebihan dapat membuat rambut jadi kering, kusam, rapuh dan bercabang. Gunakan pelindung serta pelembab rambut untuk menghindari kerusakan rambut yang lebih parah. 

d.   Beberapa jenis obat memiliki efek samping merontokkan rambut. Jenis obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut antara lain pengencer darah, obat asam urat, obat kemoterapi, kontrasepsi, dan obat antidepresan.

e.   Stres yang berlebihan bisa mengakibatkan rambut rontok. Cobalah untuk mengelola stres dengan berpikir positif dan semakin banyak bersyukur.

Rambut indah alami dan sehat adalah produk dari gaya hidup. Perawatan rambut yang tepat serta memilih nutrisi yang tepat bagi rambut, dapat menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut secara alami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: