Menghindari Kebiasaan Buruk Setelah Makan

Kebiasaan Makan Yang DihindariMakan adalah aktivitas yang menyenangkan. Melalui makanan kita memperoleh energi bagi tubuh untuk dapat melakukan berbagai aktivitas. Banyak hal yang sering kita lakukan setelah selesai makan. Tapi tahukah Anda, ada beberapa kebiasaan yang dilarang dilakukan setelah makan karena dapat berakibat buruk terhadap kesehatan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk setelah makan yang sebaiknya dihindari:
1. Minum air dingin
Hindari kebiasaan minum air dingin atau es setelah makan, karena air dingin dapat memperlambat proses pencernaan. Kondisi dingin bisa membekukan makanan berminyak yang baru dikonsumsi. Sebaiknya ganti kebiasaan minum es setelah makan dengan minum air hangat. Selain menyegarkan, minum air hangat dapat membantu penyerapan sari-sari makanan lebih maksimal.

2. Minum Teh
Minum teh setelah makan bisa menghambat terjadinya penyerapan protein dan zat besi dalam lambung. Hal ini dikarenakan teh mengandung zat tannin. Jika Anda melakukan kebiasaan buruk ini terus-menerus, kemungkinan tubuh akan mengalami anemia karena kurang zat besi.

3. Makan buah-buahan
Lambung membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 jam untuk melakukan penyerapan sari-sari makanan. Jika lambung yang belum sempurna menyerap kembali terisi oleh buah-buahan, maka proses penyerapan ini akan terganggu. Sebaiknya konsumsilah buah 1-2 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan. Ini akan membuat perut Anda kenyang dan tidak makan terlalu banyak.

4. Merokok
Para ahli membuktikan bahwa merokok satu batang setelah makan sebanding dengan sepuluh batang rokok. Hal ini dikarenakan peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungan dalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisa merusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung.

5. Langsung tidur
Langsung tidur setelah makan akan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan sehingga dapat menyebabkan infeksi usus dan lambung.

6. Mandi
Setelah makan suhu tubuh mengalami penurunan. Mandi sehabis makan, menyebabkan volume aliran darah pada permukaan tubuh akan meningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang, sehingga membuat fungsi pencernaan usus dan lambung melemah, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan.

7. Menggosok gigi
Seringkali setelah selesai makan, kita ingin segera mengosok gigi, apalagi jika baru saja menyantap makanan dengan bau menyengat. Namun menggosok gigi segera setelah selesai makan ternyata tidak dianjurkan. Penelitian menyebutkan bahwa menyikat gigi idealnya antara 1-2 jam setelah makan dan minum terutama yang mengandung asam. Email dan dentin gigi akan punya kesempatan terlebih dahulu untuk memberikan perlindungan secara otomatis terhadap asam melalui air liur dalam mulut.

8. Berjalan
Berjalan setelah makan dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Sebaiknya, tunggulah setidaknya 30 menit hingga 1 jam setelah makan, kemudian jalan-jalanlah.

Yang sebaiknya dilakukan saat selesai makan :
1. Istirahat sebentar
Setelah makan berat, Anda harus beristirahat sebentar sebelum melanjutkan aktivitas lainnya. Hal ini membantu fungsi sistem pencernaan agar bekerja dengan tepat. Anda harus menyadari perasaan lelah setelah makan berat. Saat makan berat, otak mengalihkan energi ke pencernaan. Sel darah merah dikirim dari otak untuk menghancurkan partikel makanan dan menyerap nutrisinya. Inilah sebabnya, disarankan untuk duduk beberapa menit, tapi jangan sampai tertidur. Istirahat maksimum 15-20 menit untuk menghindari timbunan lemak.

2. Minum air hangat
Air hangat dianggap sebagai minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika Anda sedang diet tetapi harus makan berat, minumlah air hangat
setelahnya tapi jangan langsung setelah makan. Istirahatkan perut sekitar 25-30 menit dan kemudian baru minum. Anda juga dapat menambahkan jus lemon untuk meningkatkan kerja pencernaan. Asam dalam jus lemon membantu membakar timbunan lemak, mencegah masalah lambung dan juga meningkatkan kecepatan pencernaan.

Bila ingin memiliki tubuh yang selalu sehat, ada baiknya Anda perlu menghindari kebiasaan buruk setelah makan  di atas. Mulailah memperhatikan beberapa hal kecil yang berakibat buruk bagi kesehatan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: