TETAP SEHAT SELAMA LIBURAN

LiburanMenikmati liburan dengan kondisi tubuh yang tetap sehat dan prima tentu sangat menyenangkan. Pergi berlibur bersama keluarga maupun sahabat ke tempat wisata untuk sekedar menghibur diri, tentu akan lebih menyenangkan.

Namun, bepergian selama liburan juga bisa memberikan dampak negatif pada kondisi tubuh. Makanan yang buruk, aktivitas tubuh yang berlebih, serta kualitas tidur yang tidak baik sangat mempengaruhi kesehatan Anda selama liburan.

Berikut adalah tips agar Anda dan seluruh anggota keluarga tetap sehat saat liburan:
1.  Perhatikan pola makan
Dimanapun Anda menikmati liburan usahakan selalu makan secara teratur dan perhatikan pula menu makanan yang akan dikonsumsi. Pilih makanan yang bergizi dan bersih. Sayur dan buah tidak boleh lupa untuk dikonsumsi.
Jadikan fast food sebagai pilihan terakhir karena makanan tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi bagi kesehatan.

2.  Hindari makan yang berlebihan
Saat liburan ke luar kota Anda harus tetap sadar bahwa makanan sehat itu penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Hindari memesan makanan dengan kalori tinggi atau makanan olahan dengan lemak jahat yang dapat meningkatkan kolesterol tubuh.

3.  Minum air putih
Dimanapun Anda berada, minumlah air putih setidaknya delapan gelas sehari untuk menjaga kesehatan. Selalu sediakan air minum kemanapun Anda pergi agar tubuh tidak kekurangan cairan.

4.  Tidur Cukup
Dalam suasana liburan, kita cenderung tergoda untuk menghabiskan waktu dengan aktivitas padat yang menyenangkan. Tetapi istirahat yang cukup tetap perlu. Usahakan selalu atur waktu tidur agar mendapatkan istirahat yang berkualitas.

5.  Tetap berolahraga
Libur bekerja bukan berarti olahraga pun libur. Tetap luangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari atau jogging di tempat liburan.

6.  Rajin cuci tangan
Bisa saja diare muncul karena tangan tidak bersih meskipun makanan yang dikonsumsi sudah bersih. Bila sulit mencari air bersih, sediakan tissue basah atau hand sanitizer.

7.  Sediakan camilan sehat
Camilan merupakan salah satu unsur penting dalam perjalanan, namun pilihlah camilan yang sehat, seperti buah-buahan, roti, biskuit sayuran, dan minuman penambah stamina yang berbahan dasar alami.

8.  Bawa Obat-obatan
Sakit bisa datang kapan saja dan dimana saja tanpa kita ketahui sebelumnya, biarpun kita telah berupaya semaksimal mungkin menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, obat-obatan jangan sampai tertinggal. Bawalah obat-obatan yang sering dipakai untuk mengobati sakit yang sering melanda saat diperjalanan, seperti obat alergi, maag, sakit kepala, serta obat luar seperti balsam, minyak kayu putih, koyo, dan plester luka.

9.  Perlindungan tubuh
Jika Anda berlibur ke lokasi wisata yang mataharinya bersinar penuh, pakailah baju berlengan panjang dan topi untuk mencegah kulit terbakar, kaca mata pelindung matahari, dan oleskan pelembab atau body lotion pada kulit. Pakai jaket dan syal bagi Anda yang ingin berkunjung ke daerah yang bercuaca dingin.

10. Hindari Stres
Berlibur biasanya dilakukan untuk menghilangkan stres dan kepenatan setelah melakukan rutinitas harian. Atasi stres dengan pergi ke tempat wisata yang tenang dan tidak terlalu ramai, ambil napas panjang beberapa kali dan pikirkan hal positif. Lakukan hal yang Anda sukai, mendengarkan musik, membaca atau hal lain.

Pastikan Anda tetap fit selama liburan, agar bisa menikmati waktu berlibur bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Semoga liburan Anda dapat membantu mengembalikan semangat dan konsentrasi Anda. Selamat menikmati liburan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: