CARA MENGATASI BAU MULUT

Mengatasi Bau MulutSaat berjumpa dengan teman atau kenalan yang memiliki masalah bau mulut, pasti Anda akan merasa terganggu atau kurang nyaman berlama – lama ngobrol dengannya. Bau mulut memang kerap dirasakan oleh siapa saja terutama yang tidak secara rutin menjaga kesehatan mulut dan gigi.                   Bau mulut memang bukanlah suatu penyakit, namun cukup serius dalam segi penampilan dan sangat mengganggu, karena akibat bau mulut membuat orang disekeliling akan merasa terganggu dan merasa tidak nyaman terutama dalam berkomunikasi. Bau mulut atau halitosis dalam istilah medis, adalah kondisi dimana mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap selama mengeluarkan nafas termasuk ketika berbicara.

Apa yang menyebabkan bau mulut?
1.    Bentuk yang paling umum dari bau mulut adalah bau mulut pagi hari, yang merupakan kondisi   sementara karena faktor-faktor seperti merokok, stress, mulut kering, atau kelaparan.
2.    Konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman dengan bau yang kuat dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang putih, tembakau dan alkohol.
3.    Kurang menjaga kebersihan gigi, yang dapat meninggalkan partikel makanan membusuk di dalam mulut.
4.    Beberapa kondisi medis, seperti infeksi sinus, radang amandel, penyakit paru, penyakit ginjal, kanker, dll.

Berikut adalah cara mengatasi bau mulut : 
1. Menyikat gigi dan lidah
Selalu menjaga kesehatan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin pada pagi hari dan saat malam sebelum tidur adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut. Pada saat menggosok gigi usahakan untuk menggosok bagian langit-langit mulut dan lidah, karena biasanya sisa-sisa makanan menempel dibagian-bagian tersebut.

2. Ganti sikat gigi
Kualitas sikat gigi turut menentukan tingkat kebersihan gigi Anda. Gantilah sikat gigi dengan yang baru minimal setiap 3 bulan sekali. Karena sikat gigi yang sudah lama rentan mengandung bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan bau mulut.

3. Pakai obat kumur
Obat kumur yang tersedia di pasaran memang bisa menekan perkembangan bakteri di dalam mulut. Namun, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol karena dapat mengurangi produksi air liur dan menyebabkan iritasi. Gunakan obat kumur seperlunya saja, sebab menurut sejumlah penelitian, pemakaian obat kumur antiseptik yang terlalu sering bisa mengganggu keseimbangan flora di dalam rongga mulut.

4. Hindari makanan berbau menyengat
Solusi terbaik mengatasi bau mulut adalah dengan menghindari atau kurangi mengonsumsi makanan pemicu bau mulut, seperti bawang merah, bawang putih, durian, jengkol, petai dan lain – lain yang memang terkenal mempunyai bau yang sangat menyengat. 

5. Hindari rokok dan alkohol
Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan masalah bau mulut. Kedua hal tersebut selain meninggalkan noda pada gigi ternyata juga dapat berkontribusi terhadap penyakit gusi. Penyakit gusi ini disebabkan oleh penumpukan plak di mulut, seperti bakteri dalam mulut. Bakteri ini melepaskan toxic yang merupakan salah satu sumber bau mulut yang tidak sedap.

6. Jangan biarkan mulut menjadi kering
Mulut yang kering akan memicu perkembangan bakteri di mulut. Jadi, jagalah agar mulut tetap lembab, baik dengan cara minum air putih yang cukup atau dengan mengunyah permen karet xylitol atau menghisap permen yang rendah gula.

7. Konsumsi buah-buahan
Mengonsumsi buah yang kaya akan air dan berserat tinggi seperti apel dan pir sangat ampuh untuk mengusir bau mulut. Hal tersebut dikarenakan kedua buah tersebut dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga mulut tidak menjadi kering.

8. Minum air putih
Tak hanya membuat tubuh terhidrasi, minum 8 gelas air putih setiap hari juga akan menjaga kesehatan ginjal. Minum air putih juga merupakan cara terbaik untuk merangsang produksi air liur. Berkumur-kumur pun akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan disela gigi yang bisa menyebabkan bau mulut.

9. Periksa gigi secara teratur
Pergi ke dokter gigi bukan hanya perlu dilakukan ketika gigi sedang sakit. Setiap 6 bulan sekali, luangkanlah waktu untuk memeriksakan gigi dan mulut serta membersihkan plak agar terhindar dari bau mulut. Jika bau mulut Anda terus berlanjut meskipun upaya terbaik Anda sudah dilakukan, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter. Bau mulut dapat menjadi gejala kondisi medis seperti infeksi sinus, infeksi paru-paru, diabetes, penyakit hati atau ginjal.

10. Teh Hijau dan Daun Sirih
Teh hijau dan daun sirih mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau dapat Anda minum setiap hari karena selain dapat mengatasi bau mulut, teh hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk daun sirih, Anda dapat merebus 4 – 7 helai daunnya dengan 4 gelas air hingga mendidih. Diamkan sampai dingin dan kemudian berkumurlah dengan menggunakan air rebusan daun sirih tersebut.

Masalah bau mulut mudah dicegah dan relatif mudah diobati, namun juga mudah terjadi jika kesehatan dan kebersihan mulut tidak dijaga. Mengonsumsi makanan yang sehat dan memperbaiki gaya hidup sehat adalah faktor penting yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Jadi, cobalah untuk memperhatikan dan lebih peduli pada asupan gizi dan kondisi kesehatan tubuh Anda. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: