MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH

Menjaga daya tahan tubuhKesehatan adalah anugerah yang indah. Menjaga kesehatan adalah penting sebagai ucapan syukur bagi Tuhan yang telah memberikan hidup pada manusia. Gangguan kesehatan bisa muncul kapan saja, apalagi jika kita lengah terhadap gejala dan penyebabnya. Banyak hal yang dapat mengganggu kondisi kesehatan kita, seperti pola makan tak sehat, jarang berolahraga, ataupun polusi di sekitar kita.                    Menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, wajib kita lakukan. Dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas yang akan atau tengah kita lakukan bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Untuk menjaganya, Anda memerlukan sebuah tingkat fokus dan konsistensi yang benar-benar serius. Apalagi saat ini cuaca di sekitar kita sedang tidak berjalan sempurna, oleh karena itu sistem kekebalan tubuh harus lebih ditingkatkan lagi.

Untuk tetap menjaga kondisi tubuh selalu fit dan bugar, ada baiknya bagi kita untuk melakukan beberapa hal penting berikut agar kita tidak mudah terserang penyakit :
1. Biasakan sarapan di pagi hari
Sarapan sangat penting bagi kesehatan. Sarapan berguna untuk memberikan asupan gizi dan penambah stamina yang cukup, sehingga Anda akan lebih fokus terhadap segala aktivitas.

2. Mengonsumsi makanan sehat
Konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Kandungan berbagai macam vitamin yang terdapat pada buah dan sayur tentunya mencukupi segala kebutuhan nutrisi bagi tubuh dalam menjaga tetap sehat, dan terhindar dari berbagai serangan penyakit serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Makanlah dengan porsi yang tepat
Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Makanlah dengan porsi yang tidak terlalu banyak dan jangan terlalu kenyang, karena dengan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak, maka Anda akan mengalami kenaikan berat badan, mengantuk dan malas untuk melakukan kegiatan sehingga badan Anda akan dalam kondisi yang gampang untuk diserang penyakit.

4. Minum air putih
Penuhi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh agar bisa melancarkan pencernaan dan semua aktivitas dalam tubuh. Minum 8 gelas air putih perhari merupakan jumlah yang harus kita penuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

5. Hindari rokok dan alkohol
Rokok dan alkohol telah terbukti secara ilmiah dan medis merugikan kesehatan manusia.
Asap tembakau memicu peradangan, meningkatkan lendir pernafasan dan tentunya menurunkan sistem kekebalan tubuh. Mengurangi atau bahkan menghindari minuman beralkohol tentunya baik dalam menjaga kesehatan Anda sehari-hari agar tetap fit dan bugar.

6. Rajin berolahraga
Berolahraga secara teratur dapat memacu jantung, pernafasan dan peredaran darah menjadi lebih baik. Biasakanlah berolahraga secara rutin dan teratur, dengan melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, senam, fitnes, renang, bersepeda, badminton, sepak bola, bola basket, dan lain sebagainya sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap prima.

7. Berjemur pada pagi hari
Sinar matahari dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena ketika terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus. Berjemurlah sekitar 15 menit dan lakukan secara rutin.

8. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup setiap harinya merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh. Istirahat paling baik adalah tidur, Anda harus pastikan bahwa jam tidur Anda sudah cukup, yaitu sekitar 7 – 8 jam setiap hari. Suasana yang nyaman dan tenang akan membantu tidur yang nyenyak dan berkualitas, sehingga ketika bangun badan dan pikiran akan terasa segar.

9. Menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan
Kesehatan tubuh secara keseluruhan akan dapat diciptakan apabila kita menjaga kebersihan badan seperti kebersihan kaki, tangan, gigi, mulut, kulit, telinga, mata, wajah, kuku dan rambut. Memperhatikan kebersihan lingkungan adalah penting karena lingkungan yang kotor akan menyebabkan banyak bibit penyakit yang bersarang pada rumah Anda.

10. Jangan terlalu stress
Kontrol stress Anda dengan optimal, situasi stress yang tinggi pastinya mengakibatkan metabolisme jadi tidak seimbang. Dengan terganggunya metabolisme tubuh yang dikarenakan stress pastinya mengakibatkan situasi kesehatan Anda dengan mudahnya bisa diserang penyakit.  Jika Anda stress, sebaiknya lakukan refreshing ke tempat-tempat yang natural dan mempunyai udara yang bersih sehingga pikiran Anda akan kembali tenang, bisa juga dengan mendengarkan musik atau melakukan hal – hal yang menyenangkan dan positif.

Ukuran kita sehat adalah ketika kita mampu menjaga daya tahan tubuh dari segala penyakit yang menyerang kita. Tindakan menjaga dan menghindari tentunya merupakan tindakan terbaik yang dapat kita lakukan sebelum mengobati penyakit. Pentingnya kesehatan melebihi apapun sehingga Anda harus benar – benar menjaganya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: