MENJAGA KESEHATAN KULIT

kesehatan kulitMenjaga kesehatan kulit merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Kulit berperan sangat penting bagi tubuh karena melindungi tubuh dari panas, dingin, dan kuman. Ketika suhu udara rendah, kulit menghangatkan tubuh. Ketika suhu udara tinggi dan saat berolahraga, kulit mendinginkan tubuh dengan mengeluarkan air melalui pori-pori. Air yang disebut keringat itu berfungsi menjaga suhu tubuh kita tetap konstan. Semakin meningkatnya polusi udara, debu dan zat-zat berbahaya lainnya yang ada disekitar kita serta pola hidup yang tak sehat, mempengaruhi kesehatan kulit. Bila kita benar-benar ingin tampil sehat maka kita harus merawat kesehatan kulit dan melindunginya dari berbagai macam ancaman yang akan membuat kulit menjadi tidak sehat.

Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan kulit tubuh. Cara-cara sederhana berikut mampu membuat kulit terjaga kesehatannya sehingga Anda menjadi lebih segar dan awet muda :
1. Mandi minimal dua kali sehari
Dengan mandi, Anda akan mendapatkan kesegaran baru sebelum atau setelah melakukan aktivitas di dalam ataupun di luar rumah. Mandi dapat mencegah kita dari berbagai kuman penyebab penyakit yang menempel dikulit. Jangan biasakan mandi dengan terburu-buru karena pada saat mandi itulah kita bisa membersihkan seluruh tubuh secara total.

2. Membersihkan kulit wajah
Membersihkan kulit wajah adalah membasuh dan mencuci wajah dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka setiap hari minimal 2 kali sehari. Dengan mencuci muka, kulit akan terhindar dari jerawat dan kulit akan lebih segar dan kenyal.

3. Rawat kulit dengan lembut
Batasi waktu mandi jika menggunakan air panas, karena terlalu lama mandi dengan air panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain air panas, menggunakan sabun yang terlalu kuat juga bisa menyebabkan kulit kering.
Dalam bercukur, pastikan mengolesi bagian yang mau dicukur dengan lotion atau gel terlebih dahulu, lalu gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam, dan ketika mencukur sebaiknya mengikuti arah rambut bukan sebaliknya.
Dalam mengeringkan tubuh dengan handuk, yang perlu diperhatikan adalah jangan mengusap kulit dengan handuk terlalu kuat, sebaiknya dengan cara menepuk-nepuk secara perlahan.

4. Jaga kelembaban kulit
Jangan biarkan kulit Anda menjadi kering. Kekeringan menyebabkan lapisan luar kulit mengarah ke bentuk kasar dan tidak menarik penampilannya. Gunakan pelembab atau lotion untuk menghindari kulit cepat keriput karena kering.

5. Lindungi kulit dari matahari
Untuk menjaga kulit tubuh Anda tetap sehat, jangan biarkan kulit terpapar sinar matahari secara langsung tanpa adanya perlindungan. Paparan sinar matahari mengakibatkan keriput, bintik-bintik hitam, kulit kasar, kering dan berbagai masalah kulit lainnya bahkan rentan terhadap peningkatan risiko kanker kulit. Hindari terkena sinar matahari pada waktu dimana sinarnya sedang kuat yakni dari jam 10.00 –  jam 16.00, gunakan pakaian yang menutupi kulit seperti topi, baju lengan panjang dan celana panjang, oleskan tabir surya (sunblock) setengah jam sebelum terkena sinar matahari dan oleskan kembali setiap 2 jam.

6. Istirahat
Istirahat yang terbaik adalah tidur yang cukup. Tidur sangat diperlukan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk sel kulit. Tidur yang cukup dan teratur membantu menjaga kulit tetap sehat dan tubuh kembali bugar. Tidurlah sekurang-kurangnya 7 – 8 jam untuk melindungi kesehatan kulit.

7. Atasi stress
Atasi stress dengan segera. Selain mempengaruhi kesehatan, juga akan banyak berpengaruh pada kesehatan kulit wajah dan bentuk tubuh Anda.

8. Olahraga
Olahraga yang teratur akan membuat kulit sehat dan berat badan yang ideal. Olahraga yang teratur mampu meningkatkan sistem metabolisme peredaran darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi makanan. Suplai oksigen yang lancar pada jaringan kulit, akan membantu proses regenerasi sel yang lebih cepat, sehingga warna kulit tidak menjadi kusam.

9. Tidak merokok
Merokok merupakan aktivitas yang mampu membuat kulit kelihatan kusam, tidak cerah, terlihat lebih tua dan keriput, terutama kulit di sekitar mulut. Merokok akan merusak sirkulasi kecil darah dan oksigen dalam kulit. Berhenti merokok akan membuat kulit lebih terawat dan terjaga kesehatannya.

10. Menghindari alkohol
Alkohol tidak hanya berefek buruk bagi kesehatan tubuh tapi juga bagi kesehatan kulit. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi hati yang akan terus menurun, dan mengakibatkan kemampuan hati dalam menetralisir racun akan berkurang sehingga akan berakibat buruk bagi kulit.

11. Minum air putih
Air putih dapat membuat kulit menjadi sehat. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk perawatan kulit yang maksimal. Hal tersebut dianjurkan karena mengingat tubuh manusia yang terdiri dari banyak kandungan air. Jika seseorang kekurangan air maka akan mengalami dehidrasi dan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

12. Makan makanan yang sehat
Makanan sehat dapat membantu kulit Anda terlihat lebih cantik dan merasa lebih baik. Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein mampu membuat kulit terlihat lebih muda serta kesehatan kulit terjaga.

Menjaga kesehatan kulit memberi banyak keuntungan bagi kita. Jika kita memiliki kulit yang sehat, tentu kita akan terhindar dari penyakit kulit dan akan membuat kita terlihat lebih segar dan muda. Mulai sekarang mari perhatikan kesehatan kulit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: