Penyebab Cepat Lelah dan Mengantuk

Cepat lelah dan mengantukMemiliki kondisi fisik yang sehat dan bugar adalah keinginan setiap orang. Jika Anda merasa sering sekali mengalami cepat lelah dan sering mengantuk, maka perlu waspada terhadap timbulnya penyakit serius seperti anemia, diabetes, penyakit jantung, gangguan hormon atau penyakit lainnya.

Ada banyak sebab yang membuat orang cepat lelah dan mudah mengantuk, dan yang utama adalah akibat pasokan oksigen dalam darah tidak lancar sehingga supply oksigen ke otak berkurang. Berikut adalah penyebab cepat lelah dan sering mengantuk, serta cara mengatasinya:

1.Anemia
Anemia merupakan penyebab utama kelelahan pada wanita. Mengeluarkan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Sel darah merah sangat diperlukan tubuh untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh.
Cara mengatasinya: Kurangnya zat besi menjadi penyebab anemia. Kekurangan zat besi dapat diatasi dengan minum suplemen zat besi dan makan makanan yang mengandung zat besi seperti, daging tanpa lemak, hati, kerang, kacang-kacangan dan sereal.

2.Diabetes
Penderita diabetes umumnya sering merasa cepat lelah. Penyebabnya, ketika kadar gula dalam darah tinggi, glukosa secara otomatis akan terbuang dari tubuh lewat urin. Akibatnya, sel-sel tubuh kekurangan energi yang membuatnya tidak bekerja dengan semestinya. Jika Anda sering mengalami kelelahan tanpa sebab, periksakan diri ke dokter untuk melakukan tes diabetes.
Cara mengatasinya: Bagi penderita diabetes, sangat penting memeriksa kadar gula dalam darah secara berkala. Jaga asupan makan, olahraga teratur, jalani pola diet yang tepat, dan obat-obatan untuk membantu tubuh dalam memproses gula dalam darah.

3.Penyakit Jantung
Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan sehat, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.
Cara mengatasinya: Mengubah gaya hidup dan diet sesuai rekomendasi dokter merupakan cara mengatasi masalah ini menjadi lebih serius.

4.Hypothyroidism
Tiroid adalah kelenjar kecil di pangkal leher yang mengendalikan metabolisme tubuh mengubah makanan menjadi energi. Apabila aktivitas kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, akibatnya Anda akan merasa lelah dan selalu mengantuk.

Cara mengatasinya: Jika tes darah menunjukkan hormon tiroid Anda rendah, dokter akan menyarankan menambah hormon sintetis untuk meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh.

5.Depresi
Depresi tidak hanya mempengaruhi emosi saja, tetapi juga mempengaruhi fisik juga. Lemah, sakit kepala, hilang selera makan adalah gejala yang sering terjadi akibat tekanan emosi.
Cara mengatasinya: Lakukan hal-hal yang mengurangi depresi seperti berbagi masalah dengan orang yang dipercaya, berolahraga, berdoa kepada Tuhan atau melakukan pengobatan secara medis.

6.Alergi Makanan
Beberapa dokter percaya ketidaksadaran akan alergi pada jenis makanan tertentu dapat membuat Anda mengantuk. Jika intensitas kelelahan semakin meningkat setelah makan, sebaiknya Anda harus memperhatikan jenis makanan yang mungkin tak menyebabkan gatal-gatal, tetapi menyebabkan kelelahan pada tubuh Anda.
Cara mengatasinya: Cobalah untuk berhenti menyantap salah satu jenis makanan untuk melihat apakah itu berkorelasi meningkatkan kelelahan pada diri Anda. Anda juga dapat meminta dokter untuk melakukan tes alergi makanan.

7.Dehidrasi
Jika tubuh mengalami kekurangan cairan, bisa berakibat terhambatnya seluruh kerja organ dalam tubuh manusia. Akibatnya, cadangan tenaga dalam tubuh berkurang dan menyebabkan proses kinerja organ terganggu. Kondisi ini menyebabkan tubuh lemas dan kelelahan.
Cara mengatasinya: Cukupi asupan cairan tubuh dengan minum 8 gelas air sehari, mengonsumsi sayur dan buah yang tinggi kandungan air dan serat.

8.Kurang Asupan Makanan
Makan terlalu sedikit atau pola makan salah merupakan penyebab lelah. Jika Anda memulai hari Anda dengan donat atau makanan manis lainnya, gula darah Anda akan meningkat tajam, menjadikan gerakan Anda lamban yang akhirnya memicu kelelahan.

Cara mengatasinya: selalu sarapan setiap pagi dan coba sertakan protein dan karbohidrat kompleks disetiap makanan. Misalnya, makan telur dan roti gandum.

9.Kelebihan Kafein
Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi dalam dosis yang tepat. Tetapi dosis yang berlebihan dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah, perasaan cemas dan kelelahan.
Cara mengatasinya: Kurangi minum kopi, gula, coklat, minuman ringan, dan juga obat obatan yang mengandung kafein.

10.  Kurang Vitamin B12
Vitamin B12 berfungsi menjaga aktivitas sel darah merah yang mengalirkan oksigen di dalam darah. Rendahnya kadar vitamin B12 membuat tubuh lemas dan tak bertenaga.

Cara mengatasinya: konsumsi makanan yang mengandung Vitamin B12 yang terdapat pada susu sapi, telur, daging, ikan dan susu kedelai.

11.  Kurang Olahraga
Seseorang yang tidak memiliki penyakit apapun, tetapi mudah merasa lelah, bisa jadi rasa lelah ini disebabkan karena kurang berolahraga. Dalam rutinitas sehari-hari cobalah untuk menetapkan waktu tetap untuk olahraga minimal satu minggu sekali untuk mengembalikan kebugaran tubuh Anda.

12.  Tidak Cukup Tidur
Umumnya orang dewasa membutuhkan 7-8 jam sehari untuk tidur. Apabila Anda mengantuk berat saat beraktivitas, bisa jadi karena kualitas dan kuantitas tidur Anda menurun. Hati-hati, karena kurang tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan dan konsentrasi Anda.
Cara mengatasinya: Buatlah tidur Anda menjadi sebuah prioritas dan tetapkan jadwal yang teratur.

Kantuk dan lelah yang datang tidak pada waktunya perlu diwaspadai dan segera ditanggulangi karena tidak hanya akan mempengaruhi kualitas hidup, keselamatan, dan produktivitas Anda sehari-hari, tapi juga bisa mengungkapkan kondisi kesehatan tertentu maupun penyakit yang mungkin Anda derita.

 

 

4 responses

  1. Selamat Malam dok🙂
    Aku mau nanya nih,knpa ya klo aku it capek kepala langsung pusing bgt gak karuan.
    Udah gtu mau ngrjain apa2 aja cepat lelah,trus aku juga sering bgt ngantuk2 dok.
    Aku sih prnah priksa tekanan darah dan tensi aku,tpi it normal2 aja kok dok.
    Bisa kasih saran ga dok?
    Thx

    1. haloo theresia, terimakasih reponnya..
      Apabila sudah diperiksa ke dokter dan hasilnya tidak ada yang salah dengan tekanan darah mungkin bisa dikarenakan theresia tidak terbiasa dalam aktivitas berat.
      Coba dilatih setiap hari berolahraga ringan kemudian seiring bertambah hari intensitas olahraga bisa ditingkatkan.
      Dan perlu diingat, sarapan pagi itu sangat penting. Apakah sebelum menjalankan aktivitas Theresia selalu sarapan pagi dengan menu yang sehat?

      Trims,

  2. mkasie bnget infonya.. mgkn aq trmasuk ke dlm kategori yg kurang olahraga.. tapi kegiatan kerja sehari2 apakah tdk bs dikatakan olahraga ? soalnya kerja saja sudah capek 🙂

    1. haloo mai, terimakasih untuk responnya.
      kegiatan sehari-hari mungkin buat kita capek, tapi apakah kategori capek itu dikarenakan kita terlalu banyak berfikir?
      kalau memang begitu, itu tidak bisa dikategorikan dengan olahraga.
      olahraga tujuannya untuk menyegarkan, membuat tubuh fresh, melatih stamina menjadi lebih baik, walaupun kerap kali saat berolahraga kita seringkali merasakan kelelahan.
      dan tidak bisa disimpulkan jika kita sudah “capek/lelah” maka kita sudah berolahraga.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: