MANFAAT JALAN KAKI BAGI KESEHATAN

Jalan KakiTahukah Anda pola hidup sehat dapat dimulai dari hal-hal kecil?? Salah satunya adalah jalan kaki. Berjalan kaki adalah aktivitas ringan namun penuh manfaat bagi tubuh Anda.

Jalan kaki tidak memerlukan keahlian khusus tidak banyak memerlukan alat khusus, dan tidak perlu waktu pelaksanaan yang sangat lama. Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari secara rutin, maka tubuh akan bertambah sehat dan Anda dapat mengerjakan aktivitas secara optimal.

Berikut adalah manfaat yang diperoleh dari aktivitas jalan kaki :

1. Merangsang aktivitas otak
Saat berjalan kaki, sirkulasi darah dalam tubuh akan lancar. Sirkulasi darah yang lancar di dalam otak akan meningkatkan kemampuan otak dalam menelaah informasi serta memprosesnya.

2. Membantu membakar kalori
Jalan kaki adalah cara yang sangat tepat dan mudah bagi Anda yang sedang melaksanakan program penurunan berat badan. Semakin cepat dan semakin jauh Anda berjalan, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.

3. Redakan stress
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berjalan tanpa alas kaki di atas rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62%. Selain itu, jalan tanpa alas kaki juga meningkatkan kadar endorfin sehingga memicu timbulnya rasa senang.

4. Mencegah risiko kanker
Kanker juga dapat dicegah bila rajin berjalan kaki, setidaknya jenis kanker usus besar. Gerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih teratur. Kanker usus dicetuskan pula oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga menyebutkan berjalan kaki dapat mengurangi penurunan risiko terkena kanker payudara.

5. Mencegah osteoporosis
Tubuh membutuhkan gerak badan dan  memerlukan waktu sedikitnya 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis. Cara terbaik dan paling sederhana adalah dengan berjalan kaki di pagi hari. Mereka yang melakukan gerak badan sejak usia muda dan cukup mengonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahun diperkirakan dapat terbebas dari risiko osteoporosis.

6. Mengurangi risiko diabetes
Diabetes Prevention Program menyatakan bahwa berjalan kaki 30 menit, lima kali seminggu, disertai dengan mengatur porsi makan, ternyata dapat mengurangi risiko diabetes sampai 50% pada orang-orang yang memiliki kadar gula yang tinggi.

7. Menyembuhkan nyeri punggung
Nyeri punggung adalah keluhan nyeri yang paling umum diderita. Sekitar 8% orang dewasa mengatakan aktivitas mereka menjadi terbatas akibat gangguan nyeri punggung. Bagi Anda yang berada dalam masa penyembuhan nyeri punggung, jalan kaki adalah solusi yang tepat.

8. Memperlambat penuaan
Berjalan pada pagi hari akan membuat tulang dan kulit Anda sehat, karena vitamin D dari sinar matahari pagi adalah vitamin yang penting bagi kulit dan tulang. Berjalan kaki juga dapat memperbaiki postur tubuh, membentuk pinggul dan paha menjadi lebih indah.

9. Meningkatkan kesehatan jantung
Berjalan merupakan cara yang mudah dalam memerangi kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung, serta memperkuat otot paru-paru dan jantung. Berjalan juga dapat membantu kinerja hati dan memompa darah lebih banyak ke seluruh sistem dalam tubuh.

10. Mencegah stroke
Beberapa studi menunjukkan hasil yang menggembirakan tentang manfaat berjalan kaki. Ini berdasarkan bukti alami nenek moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang.

Berjalan kaki secara rutin, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain kaya manfaat, tak ada biaya apapun yang harus dikeluarkan untuk berjalan kaki. Mari biasakan diri berjalan kaki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: