SOLUSI MENGATASI INSOMNIA

insomniaPernahkah Anda mengalami susah tidur pada malam hari?
Jika frekuensi susah tidur yang Anda alami terlalu sering dan hampir setiap malam, ini merupakan masalah serius bagi kesehatan Anda karena tubuh tidak memperoleh masa istirahat yang cukup, hal ini tentu mempengaruhi kreatifitas dan produktifitas kerja Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Insomnia adalah gangguan atau kesulitan untuk tidur nyenyak. Seseorang yang mengalami insomnia tidak memiliki kualitas dan waktu tidur yang baik. Jumlah tidur normal pada orang dewasa adalah 7-8 jam pada malam hari. Efek samping akibat kurang tidur, besok paginya yang bisa langsung dilihat ialah terdapatnya lingkaran hitam pada mata (mata panda), merasa grogi, stress, suara serak, mudah marah, dan jika kurang tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan Anda dan berkemungkinan menderita beberapa penyakit.

Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi Insomnia :
1. Hindari Nikotin, Alkohol dan Kafein
Alkohol dan makanan yang mengandung kafein seperti teh, kopi, soda dan cokelat dapat mempengaruhi tidur Anda. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok bisa membuat sistem pernafasan dan kinerja otak Anda terganggu, aliran darah pun menjadi tidak lancar dan hal ini berpotensi menggangu tidur Anda.

2. Hindari makan dan minum berlebihan menjelang waktu tidur
Makan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan seringnya ke belakang untuk buang air kecil.

3. Minum Susu
Minum segelas susu  hangat 15 menit sebelum tidur dapat membantu menenangkan sistem saraf Anda. Menurut ahli kesehatan, susu mengandung asam amino tryptophan yaitu suatu prekursor untuk neurotransmitter serotinin. Neurotransmitter ini bersifat menenangkan sehingga dapat membantu proses tidur.

4. Olahraga teratur
Olahraga yang dilakukan secara teratur akan membuat kita merasa lebih bugar, percaya diri dan terhindar dari depresi. Hal ini akan membuat tidur kita menjadi lebih mudah dan lebih lelap.

5. Mandi air hangat
Fungsi dari mandi air hangat adalah untuk menurunkan ketegangan otot-otot tubuh dan dapat menenangkan tubuh, pikiran dan saraf serta memperlancar peredaran darah.

6. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman
Usahakan tempat tidur yang Anda gunakan dapat membuat Anda sangat nyaman. Gunakanlah bantal dan selimut yang bersih dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin). Jangan lupa jaga kebersihan kamar dan tempat tidur.

7. Kontrol cahaya diruangan tidur
Cahaya yang terlalu terang bisa membuat mata tetap terjaga. Sebaiknya, dengan menggunakan lampu tidur dengan tingkat cahaya yang lebih redup, akan memacu Anda untuk segera tidur.

8. Hindari membawa pekerjaan kantor ke kamar tidur
Membawa pekerjaan kantor ke rumah mungkin sesuatu yang wajar. Namun jika membawanya ke tempat tidur, maka bersiaplah untuk tidak mendapatkan tidur yang nyenyak. Jika Anda memang dikejar ‘deadline’ pekerjaan, selesaikanlah pekerjaan tersebut di ruangan lain. Jika Anda sudah merasakan lelah dan mengantuk, segeralah tidur.

9. Tidur dan bangun secara teratur setiap hari
Tidurlah dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan. Jaga rutinitas yang sama setiap malam menjelang tidur seperti sikat gigi sebelum tidur dan mengucapkan selamat malam kepada keluarga Anda.

10. Pergi ke dokter Anda
Untuk setiap masalah kesehatan yang mungkin terjadi, dokter dapat membantu Anda. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terpercaya untuk mendapatkan saran dan pengobatan, jika perlu.

Tidur adalah bagian normal dari kehidupan manusia sehari-hari. Tidur menciptakan relaksasi dan membuat orang merasa benar-benar beristirahat. Atasi insomnia dan milikilah pola tidur yang baik dan berkualitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: