MENGENCANGKAN OTOT PERUT

mengencangkan otot perut Memiliki tubuh sehat dengan otot perut kencang tentu menjadi impian banyak orang. Perut kencang dan badan sehat membuat seseorang terlihat lebih menarik dan percaya diri. Otot perut yang terbentuk baik akan mencerminkan kesehatan dalam tubuh Anda. Perut menjadi salah satu organ tubuh penting dalam sistem pencernaan. Bila sistem pencernaan terganggu, entah karena sembelit atau terdapat timbunan lemak, akan berimbas pada bentuk perut yang agak membesar dan buncit. Pola makan dan kurangnya olah raga menjadi penyebab utama.

Berikut adalah latihan dan kebiasaan baik yang mudah dan murah, yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan perut yang rata dan kencang :

1. Jalan kaki
Cara sederhana seperti jalan kaki dapat menjadi langkah awal untuk membentuk tubuh ideal. Ajak teman atau pasangan Anda berjalan kaki sambil ngobrol santai seminggu sekali. Anda akan lebih termotivasi untuk berlatih fisik jika memiliki partner berolahraga.

2. Sit Up
Sit-up adalah cara tercepat dan terbaik untuk melatih otot perut Anda. Lakukan pemanasan sebentar lalu lakukan sit up 10 hingga 20 kali setiap pagi secara rutin agar otot perut menjadi kencang. Pada saat sit up, tarik napas saat bergerak naik. Lalu, hembuskan napas saat perlahan bergerak turun.

3. Side Plank
Posisikan tubuh untuk berbaring miring dengan tangan kiri menahan beban tubuh dan tangan kanan memegang pinggul. Angkat pinggul ke atas dan tahan selama 30 – 45 detik lalu ulangi sebanyak 10 -15 kali pada masing-masing sisi. Latihan ini akan membuat otot perut menahan beban saat pinggul diangkat keatas sehingga perut pun akan menjadi lebih kencang.

4. Plank Punch
Ambil posisi seperti hendak melakukan push up dengan beban tubuh bertumpu pada kedua tangan. Lalu angkat tangan kanan lurus kedepan dengan posisi tangan mengepal dan turunkan tangan kanan ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut pada tangan kiri sebanyak 10 – 15 kali. Latihan seperti ini akan membuat otot perut meregang dan menahan posisi tubuh agar tetap lurus dan terangkat sehingga otot pun akan menjadi lebih kencang.

5. Hip Thurst
Posisikan tidur terlentang dengan  kedua tangan disamping badan. Lalu angkat kaki lurus ke atas membentuk sudut siku-siku. Kemudian angkat pinggul hingga mendorong ujung kaki naik lebih tinggi lagi. Tarik napas saat kaki turun dan hembuskan napas saat kaki naik. Turunkan pinggul ke posisi semula dan ulangi gerakan ini 10 – 15 kali.

6. Push Up
Push up bermanfaat untuk menguatkan lengan dan otot perut. Push up sebaiknya dilakukan saat perut sedang kosong, yaitu pagi dan sore hari.

7. Berenang
Berenang adalah salah satu latihan kardio yang paling baik untuk memusnahkan lemak menggumpal karena pada saat berenang seluruh bagian tubuh kita secara sinergis bergerak terus menerus. Pada saat berenang, bagian perut juga ikut berkonteraksi dan mendapat tekanan pada saat tangan dan kaki meregang. Saat jantung bekerja dengan baik, aliran darah pun menjadi lancar dan lemak dapat terkikis secara perlahan.

8. Joging dan Bersepeda
Jogging bermanfaat untuk membakar lemak dan melancarkan sistem metabolisme. Jika sistem metabolisme lancar, lemak-lemak dalam perut juga akan ikut menghilang. Bersepeda merupakan salah satu olah raga paling efektif untuk membakar kalori. Selama 30 menit Anda bersepeda, Anda akan mampu membakar 300 kalori. Selain itu, dengan bersepeda, peredaran darah akan lebih lancar dan menyehatkan jantung.

9. Menyapu
Kegiatan bersih-bersih di rumah seperti menyapu dapat menjadi latihan efektif untuk mengencangkan perut. Gerakan maju-mundur saat menyapu mempengaruhi kekuatan otot perut Anda.

10. Diet Tinggi Protein Rendah Karbohidrat
Makanlah 5 – 6 kali sehari dengan makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat. Kebiasaan ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga Anda kenyang lebih lama.

11. Minum air putih
Tubuh akan melakukan metabolisme lebih cepat dan membakar lemak dengan maksimal jika berada dalam kondisi yang terhidrasi (cukup air). Minumlah setidaknya 8 gelas air perhari untuk membantu tubuh membakar lemak lebih cepat.

12. Jangan tinggalkan sarapan
Sarapan sehat merupakan bagian terpenting untuk mendapatkan otot perut ideal. Biasakan sarapan tinggi protein dan rendah karbohidrat untuk mencegah porsi makan yang terlalu besar di siang hari.

Untuk membentuk otot perut dibutuhkan kerja keras, latihan secara rutin dan nutrisi yang mendukung serta milikilah gaya hidup sehat mulai saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: