CARA MENJAGA KESEHATAN TULANG

Agar Tulang KuatSetiap orang ingin memiliki tulang yang kuat dan sehat. Menjaga kesehatan tulang adalah penting karena tulang merupakan penopang tubuh manusia. Tanpa tulang, pastinya tubuh tidak dapat berdiri tegak.

Semakin kuat tulang, maka Anda akan segar dan bugar sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas dengan mudah. Asupan makanan yang tepat disertai aktivitas fisik yang memadai sangat mempengaruhi struktur dan kekuatan tulang kita.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tulang sehat dan kuat:

1.   Konsumsi Makanan yang mengandung Kalsium dan Vitamin D

Kalsium adalah nutrisi yang paling penting dalam pembentukan tulang, dan vitamin D adalah nutrisi yang paling baik karena membantu tubuh menyerap kalsium. Konsumsi makanan yang mengandung Kalsium dan vitamin D seperti susu, keju, yoghurt, telur, almond, kedelai, ikan tuna, ikan salmon, ikan lele, bayam, sawi, brokoli, pisang, jus jeruk dan sereal dapat mencegah osteoporosis dan penyakit yang berhubungan dengan tulang.

2. Berjemur pada pagi hari

Sumber utama vitamin D yang mudah dan murah ditemukan berasal dari sinar matahari. Hanya dengan 10 menit berjemur diantara jam 7-9 pagi, maka Anda sudah mengurangi risiko patah tulang hingga 30%.

3. Tingkat aktivitas fisik

Cara lain untuk meningkatkan kekuatan tulang dapat dilakukan dengan jalan cepat, naik-turun tangga, berjalan, bersepeda, senam aerobik, latihan beban memakai barbel dan sebagainya. Risiko osteoporosis jauh lebih tinggi menyerang seseorang yang rendah dalam aktivitas fisiknya dibanding mereka yang selalu aktif dalam beraktivitas.

4. Jangan menggunakan sepatu high heel yang berlebihan

Menggunakan sepatu berhak tinggi yang berlebihan dapat menyebabkan cedera kaki dan menyebabkan terjadinya kerapuhan di bagian tulang kaki. Perempuan memiliki risiko yang lebih besar dalam masalah kerapuhan tulang, hal ini disebabkan adanya hormon estrogen pada tubuh wanita, yang menyebabkan kemampuan perempuan untuk mengalami menstruasi, kehamilan, menyusui dan menopause. Pada saat siklus tersebut terjadi, kalsium dalam tubuh perempuan akan hilang dalam jumlah banyak dan menyebabkan tulang mudah keropos lebih cepat.

5. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang terlalu gemuk akan mengganggu kesehatan tulang karena dapat menyebabkan tumpuan yang terlalu berat di bagian betis dan sekitarnya. Untuk itu, Anda perlu menjaga pola makan sehat dan berolahraga secara teratur untuk membuat berat badan tetap proporsional.

Garam, minuman soda, kafein, makanan manis, rokok dan alkohol adalah bahan makanan dan minuman yang tidak baik untuk tulang jika Anda terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Memiliki  tulang yang kuat dan sehat merupakan investasi yang penting di kemudian hari. Dengan menjaga kesehatan tulang sejak usia muda, kesehatan tulang lebih terjaga sampai lama. Untuk itu, jagalah kesehatan tulang Anda mulai saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: