MANFAAT AIR MATA BAGI KESEHATAN

menangis

Tahukah Anda, bahwa menangis ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan? 

Menangis adalah hal yang alami, yaitu pengeluaran air mata sebagai respon terhadap keadaan emosi yang kuat seperti rasa terharu, rasa bahagia, atau kesedihan. Menangis memang tidak bisa menyelesaikan masalah, namun setidaknya perasaan akan menjadi sedikit lega dan menjadi lebih baik. Bagi Anda yang kerap menangis, jangan khawatir karena di balik semua itu, ternyata ada banyak manfaat dari air mata yang Anda keluarkan.

Berikut adalah manfaat air mata bagi kesehatan:

1.    Membantu Memperjelas Penglihatan
Keluarnya air mata pada saat proses menangis berlangsung, akan membuat membran mata menjadi basah. Dengan basahnya membran mata akan membuat penglihatan kita semakin jelas, karena jika membran mata dehidrasi maka akan mengakibatkan penglihatan mata menjadi kabur.

2.    Mengeluarkan Racun
Seorang ahli biokimia William Frey, menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena kesedihan lebih beracun dibanding air mata karena iritasi atau debu. Air mata karena kesedihan ternyata mengandung zat-zat beracun yang dikeluarkan oleh tubuh akibat stress tinggi yang menjadi penyebab kesedihan. Dengan menangis maka racun yang ada di dalam tubuh akan keluar.

3.    Membunuh Bakteri
Tak perlu membeli obat tetes mata, karena air mata beguna sebagai obat antibakteri alami. Air mata mengandung cairan yang disebut lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 % bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan dari tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam waktu 5 menit.

4.    Menyehatkan Hidung
Menangis juga memiliki manfaat bagi pernapasan. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan salah satunya adalah sinusitis, yaitu radang sinus. Peradangan pada sinus akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung terganggu karena proses pengaturan kelembaban hidung tidak berjalan normal. Penderita sinusitis akan mengalami rasa sakit pada bagian kepala, perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan hingga mengakibatkan rasa nyeri di seluruh wajah yang tak jarang menimbulkan bengkak. Menangis dapat berguna sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis.

5.    Menurunkan Stres
Seperti olahraga, air mata juga dapat meredakan stres. Air mata ternyata dapat mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga dapat membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti hipertensi, penyakit jantung dan maag.

6.    Meningkatkan Kepercayaan Diri
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi. Dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

7.    Melegakan Perasaan
Meskipun berbagai masalah datang, menangis adalah obat sementara yang membuat lega. Karena setelah menangis sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar dan hal itu akan membuat perasaan menjadi lebih baik dan lega.

8.    Membangun Komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang untuk membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya didepan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, hal ini dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.

Menangis terkadang meninggalkan efek berupa mata yang sedikit merah atau bengkak sehingga mengganggu penampilan. Tak jarang pula mata menjadi mudah mengalami iritasi. Untuk membuat wajah Anda kembali segar seperti sebelum menangis, Anda dapat melakukan hal-hal berikut :

1.Minum Air Putih
Pastikan Anda minum cukup air agar tidak mengalami dehidrasi usai menangis. Air dengan jumlah yang cukup akan menormalkan proses metabolisme tubuh dan proses pembuangan racun di dalam tubuh.  

2.Kompres air dingin
Misalnya dengan menggunakan handuk yang sudah direndam air dingin atau dengan es batu yang diletakkan dalam plastik. Kompres dingin tidak hanya untuk mengurangi bengkak tapi juga membantu mengurangi rasa nyeri dan sakit. Bisa juga dengan memasukkan sendok pada kulkas dan ketika dirasa sudah dingin usapkan atau tempelkan pada bagian mata yang bengkak.

3.Mentimun
Untuk menghilangkan sisa-sisa air mata, Anda dapat membasuhnya dengan air dingin, kemudian letakkan potongan mentimun pada mata selama kurang lebih 10 menit.

4.Teh celup
Seduh 2 teh celup dengan air panas, lalu angkat dan diamkan sebentar hingga hangat. Setelah itu kompreskan pada mata yang bengkak, tutup dengan kain selama 5-10 menit.

Gunakan teh hijau atau teh hitam. Teh mengandung  kafein yang membantu mengurangi bengkak dan bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

5.Jangan makan makanan yang asin
Hindari makanan asin setelah menangis, karena makanan asin biasanya mengandung natrium dan kelebihan natrium dapat meningkatkan retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak.

Bagi kaum wanita, agar tampil lebih cantik dan segar, Anda dapat memberikan sentuhan make up tipis di sekitar mata. Semoga setelah emosi dikeluarkan, Anda tetap terlihat segar setelah menangis.

Menangislah jika memang ingin menangis dan jangan malu untuk menangis, karena air mata ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: