Makanan Dan Minuman yang Sehat untuk Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Makanan Setelah OlahragaMelakukan olahraga merupakan salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun biasanya, setelah berolahraga kita akan merasakan lapar yang berlebih. Hal itu wajar karena dengan berolahraga banyak energi yang keluar, sehingga kita pun harus memberikan asupan gizi yang baik untuk mengganti energi yang keluar.

Mengonsumsi makanan yang tepat setelah berolahraga tentu akan melengkapi kebugaran tubuh Anda. Tetapi perhatikan apa menu cemilan atau makanan Anda, jangan sampai makanan tersebut malah kembali menimbun kalori yang sudah Anda buang saat berolahraga. Pilih makanan yang bisa memulihkan energi tanpa banyak menyimpan kalori. Makanan yang mengandung protein, kalsium dan serat sangat cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Berikut adalah makanan dan minuman yang sehat untuk dikonsumsi setelah berolahraga :

1.  Air Kelapa
Saat berolahraga tubuh mengeluarkan cairan berupa keringat, tubuh kita membutuhkan ion yang banyak guna mencegah dehidrasi. Air kelapa merupakan sumber ion natural yang paling bagus bagi tubuh kita. Namun, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air kelapa tanpa menambahkan gula lagi. Cukup sedikit es batu, bila ingin terasa lebih segar.

2.  Buah dan Yoghurt
Kombinasi buah dan yoghurt mampu memenuhi kebutuhan gizi Anda setelah olahraga. Yoghurt akan memberikan Anda protein, sementara gula alami dan antioksidan akan Anda dapat dari buah-buah segar. Kadar kalsium yang tinggi dari yoghurt sangat baik untuk pemulihan tulang dan otot. Yoghurt juga memiliki serat tinggi yang dapat membantu pencernaan Anda.

3.  Jus
Menikmati jus segar setelah berolahraga akan mengisi perut Anda dan membuat Anda lebih rileks. Jus jeruk misalnya, memberikan karbohidrat dan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Anda juga bisa memilih beragam jenis buah lainnya yang tidak kalah segar dan mengandung nutrisi tinggi seperti blueberry, buah delima atau jus apel.

4.  Susu coklat rendah lemak
Penelitian yang dipublikasikan dalam journal Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa susu bermanfaat dalam mengembalikan cairan pada tubuh (rehidrasi), membangun dan memelihara jaringan otot, mengisi otot dengan glikogen, mengganti kehilangan elektrolit dalam tubuh karena berkeringat. Susu coklat juga kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu dalam pemulihan otot.

5.  Sereal gandum
Makanlah semangkuk sereal yang terbuat dari gandum asli dengan susu non-fat setelah Anda selesai berolahraga karena dapat melengkapi penyimpanan glikogen otot Anda. Menurut penelitian yang dipresentasikan pada konferensi American College and Sport Medicine, sereal gandum utuh dan susu mengandung karbohidrat dan protein yang Anda butuhkan untuk otot setelah lelah berolahraga.

6.  Kacang-kacangan
Kacang mengandung banyak protein, lemak dan karbohidrat yang sangat berguna untuk pemulihan. Konsumsilah segenggam kacang tanah setelah sesi latihan Anda. Meski sedikit, Anda akan langsung merasakan manfaatnya. Anda bisa juga menggantinya dengan selai kacang.  Sajikan satu sendok makan selai kacang sebagai olesan roti gandum utuh. Kandungan gula pada selai kacang bisa membantu memulihkan tubuh dari kelelahan setelah olahraga.

7.  Pisang
Pisang adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi konstan bagi tubuh Anda. Kandungan potassiumnya baik untuk mencegah dan meredakan kram otot, serta kandungan antioksidannya untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru.

8.  Sayur-sayuran Hijau
Mengonsumsi sayuran berwarna hijau sarat dengan nutrisi yang dapat mengisi dan membangun kembali zat pada tubuh Anda yang hilang, seperti sayur bayam yang merupakan sumber bahan bakar otot.

9.  Telur rebus
Telur merupakan sumber ideal untuk menambah protein dan lemak baik. Protein ini akan membantu Anda mengisi perut sementara dan meningkatkan kualitas dan kuantitas massa otot. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi telur terlalu banyak karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

10. Ubi Bakar
Gula memang bisa membantu mengembalikan tenaga yang berkurang akibat olahraga. Namun, hindari menyantap kue-kue manis jika tak ingin kalori dan insulin yang naik drastis secara tiba-tiba. Konsumsi ubi bakar dengan secangkir teh hangat, akan mengembalikan energi tubuh setelah berolahraga.

Berolahraga adalah aktivitas yang memberikan dampak menyehatkan bagi tubuh. Setelah berolahraga, tubuh terasa lebih segar dan bugar. Untuk memaksimalkan kegiatan olahraga Anda, mari perhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi agar kesehatan Anda tetap terjaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: