MANFAAT BROKOLI BAGI KESEHATAN TUBUH

brokoliBrokoli adalah salah satu sayuran yang paling sehat dan diminati banyak orang. Namun selama kita mengonsumsi brokoli, apakah kita mengenal manfaat brokoli itu sendiri???

Jarang sekali ada sayuran yang memiliki banyak manfaat seperti brokoli. Brokoli adalah sayuran sehat yang memiliki banyak manfaat seperti anti kanker, menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, osteoporosis bahkan membantu menurunkan berat badan. Manfaat dari brokoli dapat diperoleh secara maksimal dengan cara mengonsumsinya secara mentah sebagai salad maupun ditumis, direbus, dikukus hingga dipanggang. Selain dimasak, kadang brokoli juga dikonsumsi dengan cara di jus. Untuk mendapatkan brokoli ini juga tidak sulit karena tersedia di pasar tradisional, supermarket dan beberapa tempat belanja kebutuhan setiap hari Anda.

Brokoli adalah sayuran berdaun hijau tua dalam keluarga Brassica, sebuah keluarga tanaman yang mencakup kangkung, kubis, kembang kol dan kecambah brussels. Sayuran ini berasal dari Italia, dimana nama ‘brokoli’ berasal dari kata Italia, broccolo, yang berarti ‘cabang (branch)’ dan pertama kali dibudidayakan di abad ke-17 sampai 18.

Brokoli adalah sayuran yang rendah kalori, namun memiliki kandungan dan konsentrasi vitamin yang tinggi (terutama vitamin C dan E), mikronutrien (zat besi, zinc, dan manganese) serta makronutrien (kalsium dan magnesium), serat diet, glutamin (asam amino yang kaya akan zat anti peradangan), fitokimiawi tumbuhan (misalnya: flavonoid, polifenol, karoten, karotenoid, glukosinolat, lutein, dan zeaxanthin).

Manfaat Brokoli untuk kesehatan tubuh :

1.        Mencegah kanker

Brokoli mengandung dua senyawa fitokemikal yang disebut indoles dan isothiocyanate. Fitokemikal berfungsi meningkatkan aktivitas enzim yang berperan untuk menghancurkan agen karsinogenik. Brokoli mempunyai agen anti-kanker seperti glucoraphanin, beta-karoten, diindolylmethane, selenium dan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, seng dan asam amino tertentu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker di payudara, rahim, kelenjar prostat, usus, ginjal, hati dan paru-paru.

2.        Detoksifikasi

Kandungan vitamin C, sulfur dan asam amino dalam brokoli merupakan agen detoksifikasi ampuh yang menghilangkan radikal bebas dan racun dari dalam tubuh, sehingga  brokoli dapat membersihkan darah dari penyakit karena racun seperti bisul , gatal, ruam, gout, arthritis , rematik, batu ginjal, penyakit kulit seperti eksim dan pengerasan kulit dll.

3.        Meningkatkan imunitas
Brokoli dapat meningkatkan sitem kekebalan tubuh, ini karena brokoli mengandung  selenium, tembaga, seng, fosfor, mineral serta vitamin C dan vitamin A sehingga brokoli mendukung sistem imun tubuh melawan berbagai infeksi.

4.        Mencegah alzheimer
Brokoli mengandung banyak mineral dan vitamin, dan merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa mengatasi penyakit Alzheimer. Brokoli berkhasiat untuk menguatkan ingatan, sehingga brokoli digunakan untuk mencegah dan merawat penderita alzheimer (pikun). Mengkonsumsi brokoli dalam jangka panjang bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine di sistem saraf pusat.

5.        Mengurangi risiko penyakit jantung
Brokoli dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena brokoli mengandung lutein karotenoid yang dapat mencegah penebalan arteri jantung, sehingga menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan serat dalam brokoli ditambah adanya asam lemak Omega-3, beta-karoten serta vitamin lainnya mempunyai andil dalam menurunkan kadar kolesterol jahat disamping juga mengatur tekanan darah.

6.        Mengatur tekanan darah
Kandungan mineral dan kromium dalam brokoli membantu mengatur gula darah dan tekanan darah.

7.        Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis
Brokoli kaya akan kalsium, magnesium, seng dan fosfor sehingga membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Mengonsumsi brokoli sangat bermanfaat terutama bagi wanita lanjut usia dan hamil, karena mereka lebih rentan terhadap osteoporosis.

8.        Menjaga kesehatan mata

Brokoli mengandung zeaxanthin dan Beta-karoten, vitamin A, fosfor dan vitamin lain seperti vitamin B complex, C dan E yang bermanfaat untuk melindungi mata terhadap degenerasi makula, katarak dan kerusakan perbaikan dari radiasi UV.

9.        Menjaga kesehatan kulit
Brokoli dapat meningkatkan kesehatan kulit, karena brokoli mengandung vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks. Ini semua sangat dibutuhkan untuk membuat kulit lebih bercahaya, bahkan vitamin E yang terdapat dalam brokoli sangat membantu perkembangan regenarasi jaringan kulit yang telah mati.

10.    Mencegah anemia
Anemia disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Brokoli mengandung zat besi dan asam folat sehingga dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.

11.    Membantu mengontrol diabetes
Brokoli kaya akan kromium  sehingga dapat membantu mengatur insulin serta mengontrol diabetes.

12.    Nutrisi bagi ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pertumbuhan janin. Brokoli mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh seorang wanita hamil seperti antioksidan, kalsium, protein, vitamin, pendetoks, fosfor dan zat besi.

13.    Membantu pencernaan
Brokoli kaya akan serat sehingga dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan kestabilan gula darah, dan membantu anda dalam mencegah makan yang berlebihan. Selain serat, secangkir brokoli juga mengandung protein yang tinggi, hampir sama dengan secangkir beras atau jagung, namun dengan kalori yang lebih sedikit.

14.    Membantu menurunkan berat badan

Brokoli dapat menjadi pilihan makanan sehat yang dapat mendukung diet Anda karena brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung tinggi serat dan kalori yang sangat rendah. Sekitar 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena itu brokoli sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

 

Tips Memilih Brokoli :
Cari brokoli yang masih segar, berwarna hijau tua dan brokoli yang rasio daunnya lebih tinggi ketimbang batangnya. Simpan batang brokoli, jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan. Potong-potong kecil batang brokoli lalu masak bersama brokoli. Kalau masih terdapat sisa brokoli, simpan dalam sebuah tas plastik kemudian masukkan ke lemari es. Brokoli bisa tahan hingga tiga hari.

Banyak sekali manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh kita dan diatas adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi brokoli. Oleh karena itu, jangan lupa konsumsi brokoli setiap hari secara rutin karena sangat baik untuk kesehatan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: