MANFAAT BUAH ALPUKAT BAGI KESEHATAN TUBUH

Alpukat adalah salah satu tanaman buah yang paling bergizi. Rasa buahnya yang lezat menjadikannya sebagai salah satu buah yang banyak dikonsumsi masyarakat baik secara langsung ataupun dijadikan jus serta campuran rujak. Selain buahnya, bagian batang, kulit batang, daun serta biji alpukat juga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku industri.

Kandungan-Alpukat

Kandungan Buah Alpukat diantaranya : 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium) dan vitamin-vitamin ini berguna untuk menghaluskan kulit.

Alpukat memang terkenal di kalangan pecinta buah sebagai buah yang nikmat untuk dijadikan jus. Namun, tak sedikit orang yang menghindari buah alpukat dengan alasan khawatir dengan kandungan lemaknya yang dapat membuat gemuk. Alpukat memang mengandung kadar lemak yang cukup tinggi. Namun, lemak alpukat termasuk lemak tak jenuh tunggal, yaitu lemak yang sama layaknya terdapat didalam minyak zaitun, terhitung dalam lemak yang menyehatkan. Lemak type ini berisiko positif untuk tubuh manusia karena dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) yang dapat merugikan kesehatan. Ini berarti alpukat dapat mencegah terjadinya penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung.

Buah yang memiliki nama latin Persea Americana Mill ini adalah salah satu buah yang sering kita jumpai di pasar ataupun di toko buah. Buah ini adalah salah satu buah yang memiliki manfaat paling banyak bagi kesehatan maupun kecantikan karena alpukat kaya akan nutrisi dan vitamin.

Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan tubuh :

1.  Melindungi Kesehatan Jantung
Alpukat kaya akan folat, dengan mengonsumsi satu cangkir alpukat, Anda sudah memenuhi kebutuhan harian folat sebanyak 23%. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang menambahkan folat ke dalam makanan sehari-hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak. Selain folat, kandungan vitamin E, lemak tak jenuh tunggal dan glutathione dalam alpukat juga baik untuk jantung Anda.
2.  Mencegah Stroke
Tingginya senyawa folat di dalam buah alpukat juga mampu menjadi pelindung terhadap penyakit stroke. Orang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan folat memiliki risiko jauh lebih rendah terkena stroke dari pada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.
3.  Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein). Selain lemak tak jenuh, alpukat juga mengandung betasitosterol, yang berfungsi mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh yang berasal dari asupan makanan. Perpaduan antara lemak tak jenuh tunggal dan betasitosterol  menjadikan buah alpukat sebagai salah satu buah yang cukup baik untuk menurunkan koleterol dalam darah.
4.  Mencegah Radikal Bebas
Radikal bebas sangat merugikan tubuh karena dapat menyebabkan kerusakan sel. Radikal bebas juga dikenal sebagai penyebab utama penuaan, kanker, penyakit jantung dan kerusakan organ tubuh lainnya. Kandungan vitamin E, vitamin C dan flavonoid dalam buah alpukat sangat baik menjaga tubuh dari radikal bebas.
5.  Mencegah Kanker
Bagi para lelaki, sangat baik mengonsumsi alpukat. Nutrisi yang terkandung dalam alpukat mampu menghambat terjadinya pertumbuhan kanker prostat. Bagi para wanita, kanker mulut rahim adalah pembunuh nomor satu yang wajib dihindari. Senyawa tertentu yang terkandung dalam alpukat mampu melawan pra-kanker dan sel-sel kanker mulut rahim tanpa mengganggu aktifitas sel-sel yang normal. Menurut beberapa penelitian, alpukat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Kandungan zat asam oleat yang sangat tinggi baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker.
6.  Mencegah Anemia
Buah alpukat mengandung zat besi dan tembaga. Zat besi dan tembaga sangat besar peranannya dalam membentuk sel darah merah. Makan buah alpukat secara teratur dapat mencegah terjadinya kekurangan sel darah merah atau anemia.
7.  Meredakan sindrom pra-haid
Buah alpukat mengandung vitamin B6 yang berkhasiat untuk meredakan sindrom pra-haid atau pra-mentruasi (PMS) yang diderita kaum perempuan.
8.  Melindungi Kesehatan Mata
Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting. Buah alpukat mengandung zat lutein karotenoid yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.
9.  Menghaluskan Kulit
Kulit akan ternutrisi dengan baik bila Anda selalu memasukkan alpukat dalam menu Anda, karena buah alpukat mengandung banyak vitamin E yang dapat menghaluskan kulit dan vitamin A untuk perawatan kulit dengan kombinasi keduanya sangat bagus untuk menghaluskan kulit, menghilangkan kerutan pada wajah, serta membuat kulit kenyal dan terlihat muda dan segar.
10. Membuat Rambut Berkilau
Buah alpukat juga bisa untuk perawatan rambut. Caranya dengan ambillah 1 buah daging buah alpukat, kemudian haluskanlah daging buah tersebut, setelah itu tambahkanlah 1 buah kuning telur, dan satu setengah sendok teh minyak zaitun, lalu aduklah hingga rata. Setelah itu oleskanlah pada rambut sambil dipijat-pijat dengan lembut. Sebaiknya diamkanlah selama 25 menit setelah itu bilaslah dengan shampo hingga bersih. Hasilnya rambut menjadi tampak berkilau dan lembut.
11. Menjaga Kesehatan
Penelitian menunjukkan bahwa alpukat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan efek anti-inflamasi. Kandungan vitamin C dari daging buah alpukat juga bermanfaat mencegah dan mengobati sariawan serta membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada banyak alasan mengapa Anda harus mengonsumsi alpukat. Selain memiliki rasa yang enak, mengonsumsi buah alpukat secara langsung maupun dibuat jus dapat memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan zat yang terdapat dalam buah alpukat mampu berperan sebagai obat dan melindungi tubuh dari serangan beberapa penyakit. Jangan lupa tambahkan alpukat pada menu Anda sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: