MAKANAN SEHAT UNTUK KESEHATAN MATA

Mmataata adalah salah satu indera yang paling penting bagi manusia. Memiliki mata yang sehat merupakan aset berharga yang harus Anda lindungi.

Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda bekerja dengan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata cepat lelah. Selain itu, mata juga akan terasa kering. Intensitas penggunaan mata yang terlalu tinggi seperti membaca huruf yang berukuran kecil dalam cahaya remang-remang atau mengenakan kacamata dengan ukuran lensa yang salah, serta menyetir di malam hari juga dapat melelahkan mata. Akibat ketegangan atau kelelahan otot-otot di sekitar mata, seringkali mengakibatkan sakit kepala. Pola hidup atau kebiasaan buruk yang tanpa disadari dan dilakukan terus – menerus dalam kehidupan sehari-hari akan mempercepat proses degenerasi pada mata.

Menjadi kewajiban kita agar mata selalu sehat dan tidak mengalami hal-hal yang dapat mengganggu kinerjanya. Selalu lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mengawasi makanan yang Anda konsumsi dan memakan makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah salah satu cara untuk menjaga mata Anda agar selalu sehat.

Berikut adalah jenis makanan sehat untuk kesehatan mata Anda :

1. Wortel
Wortel sangat kaya akan beta-karoten. Beta-karoten dalam wortel akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas. Selain wortel, buah-buahan lain yang berwarna kuning dan oranye seperti labu, jeruk peras, dan ubi jalar juga baik untuk retina dan dapat melindungi mata Anda dari bahaya sinar matahari.

2. Pepaya  
Pepaya kaya akan vitamin A, vitamin C dan beta-karoten, Buah pepaya baik untuk menyembuhkan myopia atau rabun jauh dan sakit kepala ketegangan mata.

3. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lutein paling banyak dari buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.

4. Sayuran hijau
Bayam, kol, sawi, brokoli, dan kubis adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk folic acid, vitamin A, B12, vitamin C, kalsium, dan kaya akan karotenoid (terutama lutein dan zeaxathin). Lutein dan zeaxathin fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22%. Ingat, sayuran hijau tidak boleh dimasak terlalu matang atau Anda akan kehilangan semua nutrisinya.

5. Bawang putih dan bawang merah
Bawang putih dapat meningkatkan sistem imun, menyembuhkan demam, menurunkan kadar kolesterol jahat, bahkan menghilangkan parasit dalam tubuh. Tidak mengejutkan jika bawang putih juga bagus untuk kesehatan mata. Bawang putih dan bawang merah kaya akan sulfur yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan glutathione. Glutathione adalah antioksidan yang bagus untuk lensa mata. Bawang putih dan bawang merah sangat bagus untuk memelihara kesehatan mata.

6. Tomat
Tomat baik untuk kesehatan kulit, namun juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.

7. Coklat hitam, Anggur merah, buah Berry Hitam
Dark chocolate sangat kaya akan ekstrak kakao yang baik untuk kornea mata.
Coklat hitam mengandung flavonoid yang dapat melindungi pembuluh darah di mata sehingga secara otomatis memperkuat kornea dan retina.
Segelas anggur merah setiap hari juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan termasuk untuk kesehatan mata, jantung, dan sirkulasi darah. Sementara buah beri hitam (bilberry) mengandung anthocyanosides yang menambah aliran darah pada mata.

8. Ikan Salmon
Salmon seringkali disebut sebagai makanan otak. Padahal vitamin A, D, dan omega-3 yang dikandung oleh salmon tidak hanya bagus untuk otak, melainkan juga mata dan seluruh tubuh. Karena salmon tinggi akan omega 3 asam lemak dan asam amino, maka salmon juga membantu meningkatkan kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula, kekeringan dan kelelahan mata.

9. Telur
Telur, terutama kuning telur memberikan beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan penglihatan. Makan satu telur setiap hari dapat meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darah hingga 25 – 30%. Telur juga sumber vitamin A, B, dan seng.

10. Yogurt
Yogurt memiliki kandungan seng yang tinggi. Seng dikenal dapat melindungi mata dari efek berbahaya sinar matahari. Karena terbuat dari susu, yogurt juga mengandung vitamin D yang merupakan anti-inflamasi yang melindungi ketajaman penglihatan.

11. Makanan yang harus dihindari
Untuk mencegah turunnya kemampuan penglihatan Anda, ada baiknya Anda menjauhi makanan dengan gula berlebih dan MSG. MSG mengandung neurotoxin yang bisa menyebabkan glaukoma.

Selain rajin mengkonsumsi makanan diatas, berikut ada beberapa kebiasaan lainnya yang membuat mata lebih sehat :

1. Periksa mata setiap 12 bulan
Masalah penglihatan yang tidak ditangani akan berkembang semakin parah, sebaiknya dihindari memakai lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi cocok untuk Anda karena dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

2. Kacamata anti-UV
Hindari sinar matahari yang langsung mengenai mata, terutama pada siang hari. Memakai kacamata anti-UV akan sangat membantu mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke mata, bisa juga menggunakan topi dengan pinggiran lebar.

3. Atur kenyamanan
Sering kali mata harus bekerja keras karena pengaturan yang tidak tepat. Saat mengetik atau membaca, atur sedemikian rupa besar huruf sehingga tidak membuat mata harus memicing. Jangan sampai mata harus bekerja ekstra keras karena pengaturan besar huruf yang tidak nyaman. Membaca atau menulis dengan besar huruf yang tidak nyaman dapat membuat mata lelah, posisi tubuh lelah karena harus mendekat ke layar, dan tubuh tegang. Idealnya, jarak dari monitor ke mata Anda adalah 30 cm. Sebaiknya Anda tidak mengurangi jumlah jarak itu demi kesehatan mata Anda.

4. Penggunaan cahaya yang cukup
Membaca di bawah sinar yang cukup, seringkali tanpa sadar orang membaca di ruangan yang redup. Hal ini memaksa mata bekerja lebih keras yang mengakibatkan syaraf-syaraf mata menjadi lebih tegang. Kebiasaaan yang dilakukan beulang-ulang akan berakibat mata menjadi minus dan silinder.

5. Sering Kedipkan Mata
Dengan mengedipkan mata, maka kelenjar air mata akan terangsang untuk mengeluarkan air mata alami. Jika dipaksakan, maka mata Anda akan kering dan sakit. Ada baiknya jika Anda juga membeli obat tetes mata.

6. Istirahatkan mata Anda
Setidaknya berikanlah kesempatan pada mata Anda untuk beristirahat 15 menit setelah pemakaian yang cukup lama. Ketika beristirahat, usahakan melihat pemandangan yang hijau seperti pohon, rumput dan tanaman bunga.

7. Tidur cukup
Tidur yang cukup akan membuat mata lebih sehat. Ini adalah salah satu cara yang sangat efektif agar kondisi penglihatan tetap optimal. Tidur malam yang cukup selama 7-8 jam akan membuat mata terasa lebih segar dan sejuk.

8. Jagalah mata dari debu
Kesehatan mata dapat terganggu akibat debu. Jika mata anda terkena debu maka mata Anda akan menjadi merah dan terasa pedih. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari debu yang akan merusak mata Anda. Gunakanlah kaca mata jika Anda melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua, sehingga mata Anda tidak akan terasa sakit.

Jangan abaikan kesehatan mata Anda. Mumpung masih muda, selalu perhatikan kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk mata sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: