PENTINGNYA SARAPAN BAGI KESEHATAN

omelet_everycollegegirlPagi hari yang sibuk adalah hal biasa yang dialami oleh para karyawan khususnya di daerah perkotaan. Lalu lintas yang macet membuat sedikit waktu adalah hal berharga agar tidak terlambat sampai di kantor. Akibatnya, karena tergesa-gesa, banyak orang yang pergi ke kantor tanpa sarapan.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak memulai harinya dengan sarapan. Alasan tidak sempat membuat banyak orang sering melewatkan kegiatan yang namanya sarapan. Padahal, sarapan sebenarnya adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan badan. Seberapa sibuknya Anda, penting untuk mengisi bahan bakar bagi tubuh Anda sehingga energi terpenuhi paling tidak untuk 4-5 jam beraktivitas sebelum makan siang. Pada sebagian orang ada juga yang menganggap sarapan kurang penting, bahkan merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan dengan mengurangi masuknya makanan di pagi hari.

SARAPAN adalah aktivitas makan di pagi hari yang berguna untuk memberikan asupan gizi dan penambah stamina yang cukup selama di waktu tersebut, karena pada saat tidur di malam hari tubuh tetap beraktivitas dan membakar 500-600 kalori, karena itu pada pagi harinya tubuh membutuhkan asupan kalori lagi.

Jika kita tidak sarapan di pagi hari dan langsung memulai aktivitas seperti biasa, maka dampak buruknya yang pertama adalah anda akan merasa lesu, berkurangnya konsentrasi dan menurunnya produktivitas karena tubuh sudah kekurangan gula dan energi pun tidak terlalu banyak. Menu sarapan yang mengandung serat dan protein yang cukup, vitamin dan mineral yang seimbang dapat menurunkan berat badan, risiko diabetes, maag, kolesterol, penyakit jantung, dan stroke.

Manfaat Sarapan Pagi :

1. Sarapan dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan
Menunda sarapan membuat Anda sulit memperoleh asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan. Jus buah segar adalah sarapan yang paling dianjurkan karena mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Sari buah alami dapat meningkatkan kadar gula darah setelah semalaman kita tidak makan. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan makan sereal atau roti, telur, bubur, susu, mie dan lain-lain.

2. Sarapan bisa menurunkan berat badan
Ketika Anda beraktivitas dengan perut kosong, tubuh akan membakar kalori secara lambat. Sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien.   Namun, kunci dari semuanya adalah jenis makanan apa yang Anda konsumsi. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti donat akan membuat glukosa melonjak, kemudian turun drastis.  Ini juga menyebabkan Anda merasa lapar pada jam 11-an. Cara yang lebih baik adalah konsumsilah jenis berkarbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum murni. Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicerna dengan lambat, sehingga menyediakan energi yang konstan dan membuat Anda tidak cepat lapar.

3. Sarapan tingkatkan kemampuan otak
Ketika Anda bangun pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelah dan berkunang-kunang. Karena itu sarapan sangat dianjurkan bagi para pelajar dan Anda yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam pekerjaan.

4. Perlindungan terhadap sakit jantung
Riset menunjukkan, wanita sehat yang melewatkan sarapan selama dua pekan memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) lebih tinggi ketimbang mereka yang menyantap semangkuk sereal plus susu di pagi hari.

5. Meningkatkan daya tahan terhadap stres
Sebuah penelitian pada sebuah perusahaan multinasional mengungkapkan bahwa karyawan yang melewatkan sarapan paginya ternyata lebih mudah terkena depresi. Sebaliknya, mereka yang sempat sarapan merasa lebih puas dan menunjukkan minat yang tinggi terhadap pekerjaan. Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa karyawan yang sarapan akan mendapatkan asupan lebih banyak vitamin A, D, E, zat besi, dan kalsium dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.

6. Memperkuat ikatan dalam keluarga
Sarapan bersama keluarga berarti mempertemukan keluarga untuk diskusi banyak hal bersama-sama. Riset menunjukkan bahwa keluarga yang duduk bersama saat sarapan akan lebih dekat secara emosi satu sama lain dibandingkan keluarga yang anggotanya masing-masing buru-buru pergi ke kantor atau ke sekolah.

7. Menghindari makan tak terkontrol
Sarapan dengan baik akan menjaga tubuh dari rasa lapar berlebih, hal ini dapat mencegah makan berlebihan di tengah harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat meninggalkan sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepanjang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini mendorong kita mencari pelarian lain pada kopi atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Apa Jadinya Kalau Tidak Sarapan?????

1. Saat perut kosong karena tidak sarapan tubuh tidak akan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk efisiensi di pagi hari. Sehingga pada saat jam 10-11 siang akan timbul kelelahan dan kelaparan yang mengganggu kerja.

2. Seseorang yang melewatkan sarapan memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi, khususnya di jam-jam sebelum makan siang.

3. Seseorang yang tidak sarapan, membuat asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh diambil dari glukosa darah. Ini menyebabkan kadarnya akan menjadi berkurang, yang mengakibatkan kesehatan dan keseimbangan tubuh terganggu.

4. Akibat nyata tidak sarapan badan menjadi lemas, kepala pusing, mengantuk, letih dan lesu, serta berpengaruh pada daya konsentrasi dalam berpikir dan bekerja.

Kini, tidak ada alasan lagi untuk memulai hari tanpa sarapan karena ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat bila kita sarapan sehat secara rutin. Sarapan yang baik adalah sarapan yang memiliki menu makanan yang sehat dan tercukupi gizinya. Jus buah, buah-buahan segar, nasi, telur, roti gandum dan susu adalah pilihan sarapan pagi yang baik untuk mengganjal perut sampai siang nanti. Jika anda terpaksa harus membeli makanan di luar, maka usahakan belilah makanan di tempat yang bersih dan pilihlah makanan yang bergizi dan menyehatkan. Pastikan kemasan makanan tertutup dengan rapi agar tidak dihinggapi oleh lalat yang membawa bibit penyakit.

Sarapan sehat adalah kunci awal dari pola hidup sehat dan gaya hidup yang aktif. Selalu sarapan pagi merupakan tanda kecintaan kita terhadap kesehatan tubuh. Awali hari anda dengan menu sarapan yang sehatsebelum beraktivitas agar Anda memiliki stamina yang cukup.

Sudahkah Anda Sarapan Pagi Ini ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: