Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Tahukah Anda???
bahwa sebagian besar tubuh kita diisi oleh cairan. Semua makhluk hidup membutuhkan air bagi aktivitas metabolisme mereka. Begitu pentingnya air pada tubuh kita, sehingga tidak dapat dibayangkan seseorang dapat hidup tanpa air.
2/3 berat tubuh manusia mengandung air. Bahkan di setiap organ tubuh manusia mengandung air, seperti darah yang mengandung 83% air, otot 75%, dan otak sebanyak 75%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.
si-cantik-minum-air-putih-300x202
Air putih merupakan zat mineral yang paling murni dan tanpa efek samping. Tidak heran jika seluruh pakar kesehatan menyarankan untuk lebih banyak minum air putih dibanding minuman lain seperti kopi, teh, minuman berenergi, dll.
Sebagian orang mungkin bisa bertahan tanpa makan dalam beberapa hari, tapi tidak untuk cairan.Air menjadi salah satu unsur pembentuk dasar darah, enzim-enzim pencernaan, urin, keringat, dan bahkan terkandung dalam jaringan otot, lemak, dan tulang.
Berikut ini ciri-ciri air putih yang sehat :
  • Tidak berbau dan tidak memiliki rasa
  • Tidak berwarna (bening dan jernih)
  • Bebas dari segala bakteri serta bahan-bahan kimia
Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan :

1. Meningkatkan Energi
Kegiatan seharian pasti membuat kita kelelahan. Sebagian orang percaya bahwa minuman berenergi cukup untuk mengganti energi yang mereka keluarkan seharian. Padahal sebenarnya minum air putih yang cukup dapat meningkatkan energi yang baru dan membuat tubuh jauh lebih segar. Jadi, masih lebih bermanfaat air putih dibandingkan minuman yang lain.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan
Minum air putih hangat, terutama di pagi hari bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Racun dan kotoran yang mengendap dalam tubuh dan pencernaan akan dibuang dengan konsumsi air hangat tersebut. Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Selain itu pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

3. Memperlancar Aliran Darah
Manfaat air putih bila dikonsumsi dalam keadaan panas mampu membakar timbunan lemak di dalam tubuh. Dengan terurainya lemak tersebut maka akan mempercepat serta memperlancar sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sekaligus membuang racun berbahaya di dalam tubuh.

4. Meningkatkan Fungsi Otak
Air juga membantu otak kita bekerja dengan lebih optimal. Alasannya adalah otak kita ternyata mengeluarkan energi listrik dan air adalah konduktor yang baik untuk energi tersebut. Sehingga air dapat membuat fungsi listrik dalam otak manusia lebih maksimal.

5. Menyehatkan Jantung
Air putih dipercaya bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran nafas, usus, dan penyakit kewanitaan. Bahkan anda bisa lihat di beberapa kota saat ini banyak kita temukan pengobatan alternatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

6. Tulang yang Sehat
Air yang cukup bisa membantu untuk memproduksi sel-sel tulang yang baru. Tulang kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos. Sehingga kemungkinan terserang osteoporosis dapat diminimalisir.

7. Bermanfaat Untuk Perawatan kecantikan
Air berfungsi mengatur dan meregulasi kesimbangan alami kulit. Air yang baik bagi kulit adalah air hangat, karena air hangat memiliki kemampuan untuk menghidrasi, meremajakan, mendetoksifikasi, memberi oksigen pada kulit, menghilangkan komedo dan memperkecil pori-pori. Selain itu, mengkonsumsi air juga dapat membuat tubuh lebih rileks dan segar, serta dapat menggantikan kelembapan kulit yang hilang karena aktivitas sehari-hari.
Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Jika anda rutin minum air putih setiap hari maka kulit anda akan tetap segar dan cantik. Para wanita yang ingin cantik alami, jangan lupa untuk rutin minum air putih setiap hari.

8. Menjaga Berat Badan
Minum air putih bermanfaat untuk menahan nafsu makan. Sehingga berat badan kita dapat terkontrol dengan baik dan dapat mencegah dari obesitas.

9. Menguruskan badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi anda yang ingin menguruskan badan, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Ingin mengurangi Berat Badan??? Minum air putih saja sacara rutin.

10. Membuat Tubuh Lebih Bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Manusia akan lebih tahan tidak makan dalam beberapa hari saja dari pada tidak minum. Ketika haus dan kemudian minum maka kebugaran akan kembali normal seperti sedia kala. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

11. Mengurangi Nyeri Saat Haid
Segelas air putih hangat bila dikonsumsi pada pagi hari bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada wanita yang sedang haid. Selain itu manfaat air putih juga mampu meredakan kram saat menstruasi.

12. Bermanfaat Mencegah Penyakit Berbahaya
Jika rajin minum air putih maka anda akan terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya seperti kanker, penyakit batu ginjal dan juga hati. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi. Jadi, jangan lupakan air putih setiap saat.

Kapan sebaiknya kita minum lebih banyak air?
  • Cuaca panas menjelang musim kemarau mengakibatkan tubuh mengeluarkan keringat yang cukup banyak sehingga kita rentan terhadap dehidrasi.
  • Perlu diingat bahwa berada di ruang dengan pendingin udara bukan berarti kita terbebas dari risiko dehidrasi, karena setiap saat ada air yang menguap dari tubuh kita.
  • Jika kita merasa haus itu artinya tubuh kita sudah mengalami dehidrasi. Karena itu minumlah sebelum merasa haus. Karena tubuh kita tidak memiliki sistem penyimpanan cadangan air, maka kita senantiasa perlu minum air secara teratur, baik saat istirahat, maupun saat kita beraktivitas.
Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus. Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!
Ternyata manfaat air putih untuk kesehatan tubuh itu sangat banyak. Air putih bisa anda dapatkan dengan mudah dan murah lagi. Untuk kesehatan tubuh anda, kenapa harus mengeluarkan uang banyak jika bisa kita cegah dengan cara yang murah. Jangan lupakan minum air putih setiap hari secara rutin dan cukup 8 gelas setiap hari.
 
Ayo mulailah konsumsi air dengan cukup setiap hari dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: