HIDUP SEHAT DENGAN POLA TIDUR YANG SEHAT

Caucasian woman sleeping in bed Tubuh manusia ibarat mesin yang perlu dirawat dan istirahat. Tidak mungkin kita dapat beraktivitas secara optimal terus menerus tanpa adanya istirahat. Istirahat yang dimaksud disini adalah tidak sekedar berhenti beraktivitas namun, yang berkaitan lebih jauh dengan proses metabolisme untuk tubuh yaitu tidur. Selama kita tidur, tubuh mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru setelah beraktivitas seharian.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk tidur. Ketika kita bangun segar bugar dan tidak mengantuk di siang hari, artinya kita sudah tidur dengan sehat. Kebiasaan tidur yang baik akan menjamin tidur yang nyaman. Biasakan untuk tidur diwaktu-waktu yang sama. Dengan demikian Anda telah men-set jam biologis untuk beristirahat. Setelah terbiasa, kantuk akan datang dengan sendirinya pada jam-jam tersebut.

Gunakan Jam Alarm atau Jam Weker sebagai alat Pengingat Jam Tidur Anda dan bukan sebagai alat waktu yang anda gunakan untuk membangunkan Anda dari tidur.

Manfaat Tidur Untuk Kesehatan :

1. Meregenerasi sel-sel
Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel – sel tubuh akibat stres, sinar ultra violet, dan paparan-paparan berbahaya lainnya. Sel-sel dalam tubuh memproduksi lebih banyak protein ketika tidur. Protein ini berguna untuk memperbaiki kerusakaan-kerusakan tadi.

2. Tidur dapat mencegah kanker
Orang yang bekerja malam akan lebih berikiso terkena kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti meyakini bahwa hubungan ini disebabkan perbedaan melatonin terhadap orang yang terpapar cahaya pada malam hari. Paparan cahaya mengurangi kadar Hormon Melatonin,yaitu salah satu hormon kekebalan tubuh yang berfungsi mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Pastikan agar kamar Anda gelap saat tidur karena membantu tubuh Anda memproduksi melatonin.

3. Tubuh Beristirahat
Dalam tidur memungkinkan tubuh untuk beristirahat dari kelelahan akibat kerja seharian, tidur juga dapat membuat hormon pertumbuhan menjadi lebih lancar dan kekebalan tubuh melawan penyakit menjadi lebih meningkat serta kemampuan fisik dan konsentrasipun bertambah.

4. Tidur dapat mengurangi stres
Ketika tubuh Anda kurang tidur, dan hal itu akan memancing stres. Fungsi tubuh akan berada pada kondisi sangat waspada yang akan menimbulkan kenaikan tekanan darah dan pelepasan hormon stres. Tekanan darah yang tinggi akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke. Tak dipungkiri lagi, ketika anda tidur maka masalah-masalah yang anda pikirkan sejenak menghilang. Sedangkan orang yang mengalami insomnia memproduksi hormon stres yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak.

5. Tidur dapat mengurangi peradangan
Peningkatan hormon stres akan meningkatkan tingkat peradangan pada tubuh Anda, juga akan menciptakan risiko yang lebih besar pada kanker dan diabetes. Peradangan dipandang sebagai salah satu penyebab kondisi tubuh kelihatan cepat tua. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur akan lebih cepat kelihatan tua.

6. Meningkatkan daya ingat
Apabila anda merasa kesulitan untuk berkonsentrasi ditempat kerja, maka kemungkinan anda kurang tidur pada malam hari. Kurang tidur sering menyebabkan masalah memori terhadap suatu fakta atau kejadian yang dihadapi ataupun dalam sebuah percakapan. Salah satu manfaat terbesar dari tiduradalah memungkinkan otak memiliki daya pikir lebih baik dalam menerima suatu hal atau pengetahuan baru serta meningkatkan efisiensi daya kerja otak.

7. Tidur dapat mengurangi risiko depresi
Tidur sangat berpengaruh besar terhadap zat-zat kimia dalam tubuh kita, termasuk serotonin.Hormon ini berfungsi mengontrol mood atau suasana hati, nafsu makan dan tidur. Orang yang kekurangan serotonin akan lebih gampang menderita depresi. Anda dapat mencengah depresi dengan memastikan tidur selama 7-8 jam setiap malam.

8. Tidur memperbaiki tubuh
Tubuh mampu menghasilkan molekul protein tambahan saat anda sedang tidur yang membantu tubuh memperkuat kemampuan untuk melawan infeksi dan tetap sehat. Tidur juga memperkuat sistem imun atau kekebalan dalam tubuh.

9. Membuat kulit menjadi cerah
Stres mental yang diakibatkan oleh kurang tidur dapat membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi mengkerut, sehingga darah yang dipompa keseluruh tubuh menjadi berkurang. Aliran darah yang lancar dapat menghasilkan warna kulit yang cerah karena pembuluh darah pada wajah sangat dekat dengan permukaan kulit. Selain itu stres yang diakibatkan kurang tidur juga dapat menghasilkan minyak yang berlebihan pada wajah, membuatnya menjadi lebih rentan terhadap gangguan jerawat, membuat kulit menjadi lebih cepat kendur dan berkerut sebelum waktunya, karena kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban alaminya yang melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

10. Membuat mata tampak lebih cerah
Mata akan menjadi kering dan iritasi jika kelopak mata tidak terpejam dalam waktu yang cukup lama, kekurangan tidur dapat memicu kelelahan, memperlambat sirkulasi darah di dalam kulit yang setipis kertas disekitar mata, ini menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata, menjadikan mata terlihat tidak indah.

11. Membuat rambut lebih sehat dan berkilau
Nutrisi yang bermanfaat ke akar rambut dapat terkikis karena kurangnya tidur dimalam hari sehinga membuat tubuh selalu berada dalam kondisi kritis, sehingga memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi dalam jumlah yang terbatas, padahal energi ini bisa memberikan banyak nutrisi ke akar rambut. Tanpa nutrisi yang cukup rambut akan kelihatan kusam dan mudah patah.

12. Membuat tubuh menjadi lebih ramping
Satu fakta yang mengagetkan bagi banyak perempuan adalah kurang tidur dapat membuat berat badan bertambah. Kurang tidur dapat memperlambat metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lambat. Kurang tidur juga memperlambat produksi hormon pertumbuhan, yaitu hormon yang mengubah lemak menjadi bahan bakar, itu berarti kurangnya hormon pertumbuhan akan membuat lemak menjadi lebih banyak.

13. Membuat semangat sepanjang hari
Ketika tubuh kurang tidur mood atau perasaan seseorang cenderung akan naik turun, kapasitas tidur yang terbatas menyebabkan kemungkinan untuk mengalami depresi dan cemas akan lebih tinggi. Tidur malam dapat memperbaiki kualitas hidup anda. Oleh karena itu, tidur pada malam hari sangat penting dijadikan prioritas untuk dilakukan secara konsisten.

Jam tidur ideal orang dewasa setiap malamnya adalah 7 – 8 jam per hari. Hal ini bukan hanya berguna terhadap kebugaran Anda di pagi hari saja, tetapi kurangnya jam tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan masalah pada kesehatan Anda. Faktanya, ketika seseorang tidur kurang dari 6-7 jam setiap malam, imunitas tubuh akan berkurang dan meningkatkan risiko terjangkit penyakit.

Berikut ini masalah kesehatan yang disebabkan kurang tidur:

1. Daya Tahan Tubuh Menurun
Tidur adalah proses regenerasi sel dari dalam. Bila Anda kurang tidur, otomatis daya tahan tubuh Anda melemah. Tubuh Anda akan mudah terserang virus yang ringan sekalipun, flu dan batuk misalnya. Sekalipun Anda mengatur pola makan, tanpa diimbangi tidur yang berkualitas, daya tahan tubuh Anda tidak akan prima.

2. Emosi Tidak Stabil dan Sulit Berpikir
Tidur dapat menurunkan tingkat stres, sudah banyak penelitian yang membuktikannya. Kurang tidur akan membuat otak Anda tidak mendapat jatah istirahat yang cukup. Anda akan sering mengalami stress, sering marah-marah tidak jelas dan kelihatan sering murung di sela waktu aktivitas anda sehari-hari. Tubuh Anda pun mengalami kelelahan karena tidak mendapat perbaikan alami yang terjadi pada saat tidur. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan Anda menjadi depresi akibat kelelahan. Emosi Anda menjadi tidak stabil dan konsentrasi Anda akan menurun. Anda akan kesulitan untuk berpikir dan memecahkan masalah, bahkan untuk masalah yang paling ringan sekalipun. Anda bahkan menjadi pelupa, mudah pikun dan ceroboh akibat kurang tidur.

3. Memicu Kegemukan dan Diabetes
Kebiasaan begadang dan kurang tidur berakibat pada gangguan tingkat gula darah dan produksi leptin. Leptin adalah hormon yang berguna untuk menekan nafsu makan. Apabila Anda kekurangan tidur, maka tubuh akan kurang menghasilkan leptin. Inilah yang menyebabkan Anda sering lapar pada saat begadang atau lapar di sepanjang siang.
Bila hal ini terjadi, Anda cenderung untuk memilih cemilan yang banyak mengandung glukosa, lemak, dan karbohidrat. Dengan demikian, tubuh akan menumpuk zat-zat tersebut dan mengacaukan tingkat gula darah, sehingga Anda lebih rentan terserang diabetes. Kegemukan juga merupakan efek samping dari pemilihan makanan tidak sehat akibat menurunnya hormon leptin.

4. Mempertaruhkan Nyawa
Jika anda seorang pekerja yang harus memakai mobil dan motor. Anda harus memiliki
istirahat yang cukup dimalam hari. Ini dikarenakan, jika anda kurang tidur di malam hari, maka dapat dipastikan fokus anda ketika menyetir akan menurun. Anda kehilangan fokus di tengah banyaknya kendaraan di samping kiri, kanan, belakang, depan anda. Ingat nyawa taruhannya, akibat kurang tidur.

5. Berdampak tidak baik untuk kulit dan mata anda
Dalam hal ini, kulit anda akan kelihatan pucat dan kusam serta kerutan halus yang tampak pada kulit dan mata anda  terlihat bengkak.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah anda sudah memenuhi kebutuhan tidur anda adalah dengan mengevaluasi apa yang anda rasakan saat menjalani hari. Jika anda tidur dalam jumlah yang cukup, maka anda akan merasa berenergi dan waspada sepanjang hari, mulai dari saat bangun, sampai ke waktunya untuk kembali tidur.

Kualitas tidur anda berpengaruh langsung terhadap kualitas kehidupan anda, termasuk ketajaman mental, produktivitas, keseimbangan emosional, kreativitas, vitalitas fisik, bahkan berat badan Anda.

Mulai dari sekarang coba pikir dan perhatikan pola tidur Anda. Mengingat banyak sebab dan akibat dari bahaya akibat kurang tidur. Dampak yang mengerikan untuk kesehatan akan mengincar Anda jika terus mengabaikan tidur yang berkualitas dan kurangnya waktu tidur.

Tidurlah bila sudah waktunya Anda untuk beristirahat. Dengan tubuh sehat dan cukup beristirahat, Anda bebas beraktivitas sepanjang hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: