Makanan Ciong Fen

Ciong Fen atau biasa disebut juga dengan rolled rice noodle. Ciong Fen merupakan salah satu jenis masakan dari China Selatan yakni Hongkong yang terbuat dari bahan dasar tepung, serta memiliki bentuk menyerupai kuetiau tetapi warna yang lebih putih. Umumnya Ciong Fen disajikan sebagai makanan ringan seperti halnya Dim Sum.

Komposisi yang digunakan dalam membuat Ciong Fen adalah tepung beras, tepung kanji, air dan garam. Cara mengolah Ciong Fen adalah dengan dikukus kemudian digulung serta didalam gulungannya biasanya diisi daging, udang dan disiram dengan saus manis. Penyajian Ciong Fen biasanya dengan ditaburi wijen diatasnya.

Pada dasarnya Ciong Fen memiliki rasa yang hambar seperti nasi putih yang dikukus. Tetapi dengan isian yang berbeda seperti daging, udang, sayur serta saus membuat rasa dari Ciong Fen lebih kuat.

Pengolahan dengan cara dikukus tentu lebih sehat untuk dikonsumsi serta rendah lemak. Karbohidrat yang diperoleh dari tepung beras, protein yang diperoleh dari daging atau udang di dalamnya juga bermanfaat bagi tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cara penyajian Ciong Fen tidak sama disetiap restoran yang menyediakan masakan ini. Ada yang menyajikan dengan gulungan besar dan tebal, serta ada pula yang menyajikan dengan potongan-potongan tipis. Makanan Ciong Fen ini dapat diperoleh di restoran-restoran China di berbagai wilayah.

Mengurangi Dampak Buruk Ruang ber-AC Bagi Kesehatan

Air Conditioner pertaACma kali di temukan oleh Wills Haviland Carier pada tahun 1902. Pendingin ruangan atau AC saat ini sangat akrab, bukan hanya di tempat hiburan, rumah, pusat perbelanjaan bahkan kantor-kantor saat ini sudah menggunakan mesin pendingin ruangan. Kerab masyarakat akan lebih nyaman untuk pergi atau mencari tempat yang memiliki mesin pendingin ruangan untuk disinggahi. Tetapi sadarkah bahwa terlalu lama berada di ruangan ber-AC memiliki dampak buruk bagi kesehatan?

 

Sebagian besar masyarakat yang bekerja rutin di kantor, menghabiskan waktunya hampir 9 jam di dalam ruangan ber-AC dan tidak sedikit masyarakat yang pulang kerumah dan istirahat tidur dari malam hingga pagi juga tidak lepas dengan bantuan mesin pendingin ini.

 

Banyak manfaat yang di dapatkan dari penggunaan AC, seperti dapat mengubah suhu ruangan menjadi lebih dingin dan menyejukkan serta menimbulkan rasa nyaman.

 

Penggunaan AC yang rutin dilakukan, serta dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan. Cara kerja AC adalah dengan melakukan pendinginan melalui proses penguapan sehingga dampak yang terjadi dapat mengeringkan selaput lendir mulut dan hidung. Beberapa dampak lain yang biasa terjadi adalah infeksi pernafasan, sinus, kulit menjadi kering, kekebalan tubuh menurun dan mata kering.

 

Untuk mengurangi dampak buruk dari AC, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Tetaplah mengkonsumsi air putih yang cukup meski berada di dalam ruangan yang dingin agar tubuh tidak dehidrasi
  2. Perubahan suhu yang mendadak dapat mempengaruhi sendi, oleh karena itu aturlah suhu AC ruangan agar tidak terjadi fluktuasi akibat perubahan yang mendadak
  3. Ketika berada di kantor, cobalah keluar dari ruangan ber-AC, misalnya ketika istirahat makan siang. Dan apabila di rumah juga aktif menggunakan AC, sesekali bukalah jendela ruangan dan pintu agar udara tetap berganti.
  4. Gunakan AC seperlunya dan bersihkan filter AC secara rutin dan konsisten
  5. Tetaplah berolahraga agar badan tidak menjadi kaku

Katakan “Tidak” untuk Perut Buncit

Featured imagePerut buncit terlihat buruk dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik. Membakar lemak di perut diperlukan khususnya jika lingkar pinggang sudah di atas 80 cm. Waktu yang diperlukan untuk membakar lemak oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung seberapa banyak kelebihan lemak dalam perutnya.

Penyebab seseorang memiliki perut buncit juga berbeda-beda. Beberapa hal yang tanpa sadari ternyata adalah penyebab dasar mengapa lemak di perut berlebih dan terlihat buncit.

  • Konsumsi gula berlebih

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang hampir selalu ditemui disetiap makanan dan minuman. Mengkonsumsi gula berlebih tidaklah bermanfaat bagi kesehatan tubuh tetapi sebaliknya akan berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya menimbulkan timbunan lemak di dalam perut.

  • Minuman bersoda dan beralkohol

Mengkonsumsi minuman bersoda dan minuman beralkohol sangat mempengaruhi perubahan fisik seseorang. Kalori serta gula dalam jumlah besar membuat perut semakin buncit disertai dengan berat badan yang akan terus bertambah.

  • Snack malam

Snack ataupun cemilan tentu dinikmati oleh banyak orang, apalagi ketika dilakukan pada malam hari saat setelah seharian melakukan banyak aktivitas. Tetapi, kebiasaan ini akan membuat perut menyimpan timbunan lemak. Apabila kegiatan snack malam ini memang sudah dilakukan secara rutin dan sulit untuk ditinggalkan maka, gantilah menu snack malam dengan mengkonsumsi buah-buahan segar yang tentu lebih bermanfaat bagi pencernaan dan tubuh.

  • Kurang berolahraga

Rutin dalam berolahraga membuat lemak berlebih pada perut maupun tubuh akan terbakar, sebaliknya apabila jarang olahraga akan membuat tubuh tidak sehat, perut buncit dan rentan terhadap penyakit.

  • Tanda penuaan

Semakin bertambahnya usia, produksi hormon DHEA akan menurun dan penurunan produksi hormon ini berpengaruh pada meningkatnya jumlah lemak yang ada di dalam perut. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan rajin berolahraga dan makan sayur serta buah segar.

Beberapa hal di atas mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang anda lakukan sehingga anda kurang nyaman pada bentuk perut yang membuncit. Baik wanita maupun pria, perut buncit akan membuat kepercayaan diri berkurang dan kerap mengalami ketidaknyamanan dalam hal berpakaian.

Lakukanlah beberapa olahraga ringan di bawah ini untuk membantu mendapatkan perut buncit menjadi kembali rata.

  • Bermain hula hoop

Yang dibutuhkan hanya sebuah hula hoop (plastik ataupun rotan), dan gerakannya dilakukan dengan menggoyang-goyangkan pinggul dan tetap menjaga hula hoop tetap berputar pada lingkaran perut. 10 menit melakukan gerakan ini mampu membakar 100 kalori dalam perut

  • Sit Up

Posisi Sit Up ini dapat dilakukan dengan posisi tidur telentang, tangan berada di belakang kepala dan angkat badan kedepan secara berulang-ulang. Apabila mengalami kesulitan di awal, mintalah bantuan orang disekitar untuk membantu memegang kaki.

  • Permainan loncat tali

Permainan ini tentu tidak asing lagi ditelinga, meski gerakannya hanya dengan meloncat gerakan tersebut sangat bermanfaat untuk membakar kalori yang berada dalam perut. Gerakan ini juga sama seperti skipping dan mudah untuk dilakukan sehari-hari.

  • Back Up

Dilakukan dengan posisi tidur telungkup lalu gerakan badan ke atas dan ke bawah secara berulang-ulang. Minta bantuan orang di sekitar untuk membantu menahan kaki agar olahraga dilakukan dengan maksimal.Featured image

  • Byccicle exercice

Featured image  Posisi tidur telentang, letakkan kedua tangan dibelakang kepala, kemudian angkat perlahan lutut ke arah dada sambil mengangkat kepala menyamping. Usahakan untuk mempertemukan lutut kanan dengan yang kiri. Saat melakukan gerakan ini, pundak harus tetap berada dilantai.

  • Pavan-muktasan

Gerakan dimulai dengan berbaring, lalu lipat kedua kaki dari lutut dan peluk hingga kedua kaki menyentuh perut, angkat kepala hingga hidung mendekat ke lutut. Tahan gearkan ini selama 30 detik dan lakukan kembali setelah beristirahat sejenak.Featured image

  • Bandha sarvangasana

Featured image

Lakukan dengan posisi telentang kemudian tekuk lutut ke dalam menahan tubuh bagian bawah lalu angkat tubuh ke atas. Kedua tangan tetap berada di bawah tubuh dan kepala tetap berada di lantai. Tahan selama 30 detik dan lakukan berulang.
Beberapa gerakan olahraga di atas akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila dilakukan secara konsisten dan dikombinasikan dengan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi protein agar perut kencang dan indah anda bisa dapatkan kembali.

Berat Badan yang Ideal itu Penting!!!

Featured image

Berat badan yang ideal tentu menjadi idaman setiap orang. Orang yang kurus berusaha melakukan banyak hal untuk bisa terlihat ideal, begitu pula sebaliknya. Orang-orang gemuk akan melakukan banyak cara untuk berat badannya menurun dan menjadi ideal. Berat badan  ideal akan membuat seseorang lebih percaya diri menjalani aktifitas sehari-hari. Selain untuk penampilan, memiliki berat badan ideal juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa keuntungan yang di dapat dengan memiliki berat badan yang ideal antara lain: menjadi lebih fokus, tingkat stress lebih rendah, kehidupan sosial menjadi lebih baik dikarenakan orang yang memiliki berat badan ideal memiliki kepercayaan diri yang tinggi, memiliki kualitas tidur yang baik, serta banyak manfaat penting yang lainnya.

Sebelum melakukan tindakan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tentu harus mengetahui terlebih dahulu berat badan ideal secara pribadi. Untuk mengetahui berat badan ideal, dapat dilakukan perhitungan secara manual menggunakan rumus bronca yakni dengan cara mengurangi tinggi badan dalam cm – 100 (Angka berat badan normal), jika angka ini di kurangi dengan 10% nya maka akan didapatkan hasil berat badan ideal.

Contoh rumus bronca:

Tinggi : 155

Berat bada normal : 155 – 100 = 55 Kg

maka

Berat badan ideal : 55 – (55*10%) = 49.5 Kg

Setelah mengetahui hasil dari berat badan ideal masing-masing maka dapat disimpulkan apakah berat badan anda saat ini termasuk dalam kategori kurus ataupun gemuk.

Berikut ini akan dijabarkan beberapa tips untuk menjaga berat badan yang ideal.

  • Olahraga teratur

Setiap orang memerlukan olahraga dalam menjaga kesehatan terlebih menjaga berat badan yang ideal. Gemuk, kurus, bahkan ketika berat badan sudah masuk kategori idealpun seseorang harus tetap melakukan olahraga untuk kesehatan. Olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan yang ideal antara lain berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang dan lain-lain. seseorang dengan berat badan lebih (gemuk) dapat melakukan olahraga yang sama dengan orang kurus dengan meningkatkan intensitas olahraga dan membakar kalori yang lebih banyak, seperti berlari lebih jauh ataupun dengan waktu yang lebih lama .

  • Sarapan pagi itu wajib

Tanpa disadari orang yang terbiasa tidak sarapan di pagi hari akan merasa sangat lapar di siang hari dan mengakibatkan makan dalam porsi yang besar sehingga mereka susah mengkontrol berat badan mereka. Sarapan di pagi hari membantu setiap orang mendapatkan energi untuk melakukan aktifitas sampai pada siang hari dan membantu dalam mengkontrol kapasitas makan pada siang harinya.

  • Makan buah dan sayuran setiap hari

Di dalam buah dan sayur terdapat nutrisi yang lebih dari sekedar vitamin. Buah dan sayur dikemas dengan tambahan mineral dan serat yang tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsilah buah dan sayur dengan tepat dan benar agar vitamin, mineral dan serat yang terkandung di dalamnya tidak hilang dan terbuang percuma. Mengkonsumsi buah disarankan dilakukan setengah jam sebelum makan, sedangkan sayur disarankan untuk dimasak tidak terlalu lama agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga.

  • Makan sesuai kebutuhan tubuh bukan keinginan perut

Dengan cara menghitung berat badan ideal seperti menggunakan rumus bronca, setiap orang dapat memprediksi asupan apa yang dibutuhkan untuk memperoleh berat badan yang ideal. Penting untuk diketahui, kebutuhan asupan gizi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, kapasitas aktifitas keseharian, dan lainnya. Untuk menurunkan berat badan perlu makan seimbang tinggi serat dan mengurangi makanan yang tinggi kalori seperti lemak, gula, tepung-tepungan dan sebaiknya konsumsi makanan dengan cara dikukus, rebus atau di oven akan membantu menurunkan berat badan.

Sebaliknya untuk menaikkan berat badan konsumsilah banyak makanan yang mengandung lemak sehat, protein sehat dari ikan laut, maupun karbohidrat seperti nasi ataupun roti. Cermatlah dalam memilih makanan yang seimbang untuk berat badan ideal dan jangan mudah terpengaruh oleh tampilan makanan yang menggoda selera tapi rendah nutrisi.

  • Kurangi waktu untuk menatap layar elektronik

Pada era sekarang ini, teknologi semakin berkembang. Siaran televisi yang menarik, gadget yang memiliki aplikasi dan fitur lengkap membuat banyak orang memiliki alasan untuk tetap duduk ataupun berbaring tidur (fisik pasif) sambil memperhatikan layar. Bijaklah dalam menghadapi kemajuan teknologi. Featured imageSebagian orang sudah menggunakan waktu dalam bekerja dan menatap layar monitor komputer rata-rata 8 jam sehari, dan setelah itu memilih beristirahat dengan duduk sambil menggunakan gadget dalam berkomunikasi dengan rekan, teman, sahabat ataupun keluarga. Mulailah mengurangi menatap layar minimal 1 jam dalam sehari dan memilih berkumpul dengan rekan, teman, keluarga untuk sekedar berjalan kaki bersama, jogging sore ataupun hal positif lain yang dapat membuat tubuh anda bergerak dan aktif agar berat badan tetap ideal.

Selain beberapa tips di atas, pastikan bahwa tubuh mendapatkan cairan yang cukup serta istirahat minimal 8 jam sehari. Untuk dapat memastikan berat badan tetap ideal, jangan ragu untuk menimbang berat badan secara rutin dan berkala. Mendapatkan berat badan ideal tentu ada komitmen dan usaha yang keras untuk memperolehnya. Mulailah dari sekarang!!!