HIDUP SEHAT DENGAN POLA MAKAN SEHAT

Setiap hari manusia membutuhkan makan dan minum agar mempunyai energi untuk beraktivitas.Idealnya menurut teori, manusia perlu makan 3 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan gizinya.
4-sehat-5-sempurna
Menurut ahli gizi, Makanan Sehat adalah makanan bergizi yang terdapat pada makanan pokok, sayur, lauk pauk dan buah. Bahan makanan dapat dikatakan baik dan sehat jika mengandung nilai gizi dan nutrisi yang cukup yang terkandung di dalam zat-zat makanan. Zat-zat makanan yang terdapat di dalam bahan makanan yang baik dan sehat, terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
Manusia membutuhkan makanan untuk mendapatkan sumber tenaga, mempertahankan ketahanan tubuh dalam menghadapi serangan penyakit dan untuk tumbuh kembang.

Untuk bisa mewujudkan kegunaan makanan tersebut dengan baik, tentu tidak bisa sembarang makanan yang dimakan. Apalagi di zaman sekarang ini banyak penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang salah. Oleh karena itu, tentunya kita harus mengetahui bagaimana pola makan sehat itu.

Berikut beberapa langkah mudah untuk mengawali pola makan yang sehat:

1.  Hindarilah makanan yang berlemak
Biasanya terdapat pada makanan yang dimasak dengan banyak minyak, mentega, margarin, dan santan. Namun hal tersebut bukanlah berarti tubuh manusia tidak membutuhkan lemak. Konsumsi lemak alami sesungguhnya sudah cukup dengan mengkonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian.

2.  Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet
Jika terpaksa harus membeli makanan yang dalam kemasan, maka pilihlah makanan yang tanpa pengawet. Berbagai penelitian menyebutkan, walau mengkonsumsi bahan pengawet dalam dosis dibawah normal, untuk jangka panjangnya, zat pengawet merupakan pemicu utama timbulnya kanker.

3.  Perhatikan cara-cara dalam pembuatan makanan
Pilihlah makanan yang telah melalui proses pengolahan metode memasak dikukus, direbus atau di tumis dengan sedikit minyak goreng. Cara menggoreng, memanggang dan dibakar kurang dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena selain mengandung banyak lemak, cara ini juga merusak nilai gizi makanan karena panas yang tinggi.

4.  Hindari menambahkan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan
Unsur senyawa monosodium glutamat yang terdapat di dalam bumbu penyedap memang enak di lidah namun tidak untuk kesehatan.

5.  Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran
Selain badan menjadi sehat, tubuh pun menjadi lebih terjaga dan terbebas dari berbagai risiko penyakit kanker. Mayoritas buah dan sayuran mengandung serat yang mampu mengikat zat karsinogen yang merupakan penyebab kanker saluran pencernaan. Satu hal yang penting untuk diingat, cucilah dengan bersih sayuran dan buah sebelum di makan untuk menghindari kontaminasi bakteri dan residu pestisida.

6.  Hindari makanan jeroan
Lemak, usus, hati, jantung, ginjal, babat, paru, otak, makanan bersantan dan kulit ayam. Makanan-makanan tersebut merupakan penyebab obesitas dan ganguan kardiovaskular. Alihkan pilihan kepada daging non-lemak, makanan berkuah bening, susu low fat, soya, yoghurt, putih telur serta ikan sebagai sumber protein.

7.  Banyak minum air putih
80% tubuh kita terdiri dari cairan, jika kita kekurangan kadar cairan, maka kinerja dari beberapa organ vital ikut terganggu. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol, bersoda serta minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah juga baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

8.  Jangan terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang berwarna
Pilihlah makanan atau minuman yang berwarna bening alami, kecuali yang memiliki warna alami seperti coklat, strawberry, dan lain lain.  Karena bahan perwarna pada bahan makanan merupakan salah satu pemicu utama timbulnya kanker pada tubuh.

Makanan sangat penting bagi kelangsungan hidup. Mengkonsumsi makanan yang alami yang tidak menggunakan bahan –bahan sintesis jelas jauh lebih baik dan aman bagi kesehatan tubuh. Pola Makan sehat akan meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup bagi orang yang mampu mengembangkan kebiasaan yang baik dan berfokus untuk hidup sehat. Mulai sekarang mari kita tingkatkan kesehatan kita dengan melakukan Pola makan yang sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: